Sukses

Manfaat Buah Sawo untuk Ibu Hamil

Sawo mengandung antioksidan, antiradang, antivirus, antibakteri, dan antiparasit. Hal ini membuatnya bisa memberikan banyak manfaat untuk ibu hamil. Cek selengkapnya.

Sawo, buah berkulit kecokelatan yang kini tergolong sulit ditemukan. Terlepas dari itu, kandungan nutrisinya kaya sehingga sawo punya banyak manfaat kesehatan untuk ibu hamil.

Di dalam 100 gram sawo terkandung 83 kalori. Buah ini juga mengandung vitamin A dan C, niacin, folat, asam pantotenat, zinc, kalium, serta tembaga. Selain itu, sawo juga memiliki sifat antioksidan, antiradang, antivirus, antibakteri, dan antiparasit.

Lantas, apa saja manfaat buah sawo untuk ibu hamil? Yuk, cari tahu!

1 dari 3 halaman

Manfaat Sawo untuk Ibu Hamil

Berikut beberapa manfaat sawo untuk ibu hamil:

1. Antivirus dan Antibakteri

Sawo dapat bermanfaat untuk mencegah mikroba masuk ke dalam tubuh ibu hamil. Buah ini memiliki sifat antivirus dan antibakteri, sehingga baik untuk mencegah risiko terpapar penyakit infeksi selama kehamilan.

2. Menyehatkan Pencernaan

Sawo memiliki kandungan serat yang tinggi, sehingga dapat menyehatkan pencernaan dan mencegah sembelit (konstipasi). 

Serat yang tinggi dalam buah sawo juga dapat melindungi membran luar usus besar dari racun yang bersifat karsinogenik alias dapat meningkatkan risiko kanker.

Artikel Lainnya: Cara Berjemur yang Baik dan Aman untuk Ibu Hamil

3. Meredakan Diare

Sawo ternyata juga memiliki sifat antidiare. Manfaat sawo untuk ibu hamil yang satu ini bisa Anda rasakan dengan merebusnya dengan air, lalu mengonsumsinya, 

Selain itu, air rebusan sawo juga dapat meredakan wasir dan disentri atau infeksi pada usus.

4. Mengurangi Mual

Ibu hamil sering mengalami mual, yang berpotensi mengganggu kenyamanan dalam melakukan aktivitas sehari-hari. Guna mengurangi keluhan ini, Anda bisa mengonsumsi sawo.

Manfaat buah sawo untuk ibu hamil yang mengalami mual diperoleh dari kandungan vitamin B pada sawo.

5. Meningkatkan Energi

Konsumsi buah sawo untuk ibu hamil dapat meningkatkan energi berkat kandungan glukosa yang ada di dalamnya. 

Namun, hati-hati. Karena mengandung glukosa, konsumsi sawo mesti dibatasi agar tidak menyebabkan badan lemas lantaran lonjakan gula darah yang terlalu tinggi.

Artikel Lainnya: Mengatasi Rambut Rontok Ibu Hamil

6. Meringankan Masalah Paru-Paru

Khasiat buah sawo untuk ibu hamil dapat membantu mengeluarkan dahak serta lendir dari saluran hidung. Hal ini membuat ibu hamil terhindar dari masalah pilek, dada sesak, dan batuk.

7. Mengatur Gula Darah

Menurut dr. Atika, terdapat beberapa studi yang menunjukkan bahwa sawo memiliki potensi untuk menjaga kadar gula darah ibu hamil agar tetap stabil.

“Namun, hal tersebut masih belum dapat dipastikan. Hal ini karena para ilmuwan masih belum yakin mengenai mekanisme sawo dalam mengendalikan kadar gula darah,” sambungnya.

8. Mengurangi Pembengkakan

Tanin yang terkandung pada buah sawo memiliki manfaat untuk antiradang. Bagi ibu hamil yang kerap mengalami bengkak, senyawa tersebut dapat meringankan keluhan.

9. Kulit Sehat

Vitamin E pada Sawo baik untuk menutrisi kulit ibu hamil. Hormon kehamilan dan vitamin E yang terkandung dalam sawo akan membuat kulit Anda menjadi lebih sehat dan cantik.

Artikel Lainnya: Jantung Wanita Lebih Lemah saat Hamil?

2 dari 3 halaman

Perhatikan Ini Sebelum Konsumsi Sawo saat Hamil

Manfaat buah sawo untuk ibu hamil memang sangat beragam. Namun, ibu hamil tetap mesti membatasi porsi saat mengonsumsinya agar tidak berlebihan. Pasalnya, konsumsi buah sawo berlebih berpotensi meningkatkan berat badan, gangguan pencernaan, dan mag.

Selain itu, agar bisa merasakan manfaatnya, ibu hamil juga mesti memilih jenis sawo yang matang sempurna. Pilihlah juga sawo dengan permukaan halus, dan hindari yang memiliki kulit keriput atau rusak.

Anda juga mesti menghindari sawo mentah, karena mengandung banyak getah dan tanin. Hal tersebut membuatnya memiliki rasa dominan pahit, juga dapat meningkatkan risiko sariawan, tenggorokan gatal, serta kesulitan bernapas. 

Tertarik dengan manfaat buah sawo untuk ibu hamil? Agar lebih aman dan bisa merasakan seluruh manfaatnya, ada baiknya Anda berkonsultasi terlebih dahulu kepada dokter melalui LiveChat 24 jam atau aplikasi Klikdokter.

(NB/JKT)

Referensi:

Beingtheparent. Diakses 2021. Sapota During Pregnancy And Its Health Benefits

Netmeds. Diakses 2021. Sapota/Chickoo: 7 Amazing Health Reasons To Add Chikoo In Your Diet.

0 Komentar

Belum ada komentar