Sukses

Alat Bantu Baca Optik untuk Kondisi Low Vision

Low vision bikin kemampuan penglihatan terbatas, yuk coba atasi menggunakan lima alat bantu low vision berikut.

Low vision merupakan kondisi menurunnya kemampuan penglihatan. Untuk mengatasi kondisi tersebut, pengidapnya perlu menggunakan alat bantu low vision. Alat medis ini dapat membantu meningkatkan kualitas hidup penyandang low vision.

Orang dengan kondisi ini sebenarnya masih memiliki sisa penglihatan. Namun, keterbatasan kemampuan pandang menyebabkan kesulitan melakukan aktivitas.

Orang dengan low vision bahkan dapat mengalami kesulitan mengenali wajah, membaca, melihat garis lurus, maupun mengukur jarak dengan objek sekitar.

Sederet masalah penglihatan tersebut dapat diatasi menggunakan lima alat bantu optik low vision berikut:

1 dari 4 halaman

1. Magnifier

Pengidap low vision umumnya menggunakan magnifier untuk membaca. Alat bantu low vision ini dapat memperbesar ukuran benda maupun tulisan yang dilihat.

Terdapat dua jenis magnifier, yaitu dome dan handheld. Magnifier jenis dome memiliki bentuk serupa lup atau kaca pembesar, namun ukurannya lebih kecil. Alat bantu optik ini tidak dilengkapi pegangan tangan.

Adapun tipe handheld dilengkapi pegangan tangan. Jenis magnifier ini juga memiliki bentuk beragam. Bentuk yang dimaksud tidak hanya melingkar layaknya lup, namun juga persegi.

Magnifier dome maupun handheld sama-sama dapat melakukan perbesaran sebanyak 2-16 kali. Alat bantu optik low vision ini juga praktis dan mudah dibawa.

Artikel Lainnya: Orang Pakai Kacamata Terkesan Pintar? Ini Kata Psikolog!

2. Reading Glasses

Reading glasses merupakan kacamata baca yang dapat membantu penyandang low vision membaca sesuatu yang tercetak kecil. Reading glasses ada dua macam, yaitu single vision lens (lensa tunggal) dan bifocal lens (lensa bifokal).

Reading glasses dengan lensa tunggal hanya memiliki satu titik fokus. Alat bantu low vision ini hanya dapat digunakan untuk satu jenis ukuran penglihatan, yaitu jarak jauh atau jarak dekat.

Sementara, reading glasses lensa bifokal memiliki dua titik fokus. Jadi, penyandang low vision dapat melihat jarak jauh maupun jarak dekat secara bersamaan.

2 dari 4 halaman

3. Reading Telescope

Serupa teleskop pada umumnya, reading telescope atau teleskop baca berbentuk tabung kecil dengan ukuran sepanjang genggaman tangan.

Alat bantu optik ini berfungsi membantu penyandang low vision melihat objek yang letaknya cukup jauh, seperti tulisan di papan tulis maupun papan iklan.

Teleskop baca dapat melakukan perbesaran sebanyak 2-10 kali. Alat bantu low vision ini juga mudah dibawa.

Artikel Lainnya: Pusing saat Pakai Kacamata Baru, Ini Sebabnya!

4. Video Magnifiers

Video magnifier merupakan perangkat berupa lensa kamera yang dapat menangkap gambar objek, kemudian diperbesar ukurannya pada layar komputer.

Di komputer, penyandang low vision dapat mengatur ukuran, tingkat kecerahan, maupun warna objek sesuka hati.

3 dari 4 halaman

5. Portable Digital Magnifier

Dokter Astrid Wulan Kusumoastuti menjelaskan, seperti halnya magnifier, portable digital magnifiers berfungsi memperbesar ukuran tulisan maupun gambar yang dilihat.

Bedanya, alat bantu low vision ini dipasangkan ke komputer atau laptop, dan disambungkan menggunakan kabel data.

Alat ini berbentuk seperti huruf L. Lensanya yang fleksibel dapat diarahkan ke sejumlah titik, termasuk papan tulis maupun keyboard komputer atau laptop.

Portable digital magnifiers dengan lensa 4 inci dapat melakukan perbesaran hingga 16 kali. Adapun yang memiliki lensa 9 inci bisa memperbesar hingga 19 kali.

Sayangnya, alat bantu low vision ini tidak praktis dibawa karena ukurannya cukup besar.

Itu dia lima alat bantu low vision yang bisa Anda pilih. Sesuaikan pemilihan alat dengan kebutuhan.

Jika ingin bertanya lebih lanjut seputar alat bantu penglihatan, konsultasi lebih mudah lewat Live Chat dokter spesialis mata di aplikasi Klikdokter.

(FR/JKT)

0 Komentar

Belum ada komentar