Sukses

  • Home
  • Info Sehat
  • Konsumsi Bawang Putih Bermanfaat Turunkan Risiko Kanker Paru

Konsumsi Bawang Putih Bermanfaat Turunkan Risiko Kanker Paru

Manfaat bawang putih diteliti dapat menurunkan risiko terkena kanker paru. Simak hasil studi dan pendapat dokter di sini.

Bawang putih sejak lama dikenal sebagai bahan alami bermanfaat untuk kesehatan. Bahkan, ada studi yang menemukan khasiat bawang putih dapat mencegah kanker paru.

Mau tahu lebih lanjut soal keuntungan konsumsi bawang putih untuk paru-paru? Mari simak di bawah ini.

1 dari 3 halaman

Manfaat Bawang Putih untuk Cegah Kanker Paru-Paru

Jiangsu Provincial Center for Disease Control and Prevention, China, melakukan studi pada 1.424 pasien kanker paru-paru dan 4.543 orang yang tidak mengidapnya.

Hasil menunjukkan, partisipan yang mengonsumsi bawang putih mentah teratur (dua kali atau lebih seminggu) memiliki penurunan risiko kanker paru 44 persen.

Hasil serupa juga ditemukan oleh University at Buffalo, Amerika Serikat. Asupan bawang putih mentah dikaitkan dengan risiko kanker paru yang lebih rendah pada populasi kecil China.

Risiko kanker paru bahkan diketahui bisa lebih ditekan bila frekuensi makan bawang putih mentah ditingkatkan.

Artikel lainnya: Mengenal Terapi RET Inhibitor untuk Kanker Paru

Menurut pemimpin studi, Mr. Ajay Myneni, bawang putih memiliki sifat antikanker. Hal ini meliputi kemampuan menghambat kemunculan dan pertumbuhan kanker, serta mencegah kerusakan jaringan akibat oksidasi dan peradangan. 

Untuk mendapatkan manfaat tersebut, bawang putih dinilai lebih baik dikonsumsi mentah. Pasalnya, Ajay Myneni mengungkapkan, memanaskan bawang putih dapat mengurangi kemampuan antikanker di dalamnya.

Lalu, dilansir dari Medical News Today, konsumsi bawang putih mentah juga dapat menurunkan risiko kanker paru-paru sebesar 30 persen pada para partisipan yang merokok. 

Menurut dr. Sara Elise Wijono, MRes, bawang putih memiliki potensi untuk meringankan risiko kanker paru karena kandungan selenium.

Sebuah studi yang dilakukan New York Presbyterian Hospital dan Weill Cornell Medical Center pun mengatakan, selenium bawang putih berpotensi memiliki kemampuan antikanker.

Penelitian Lanjutan Tetap Diperlukan

Manfaat bawang putih untuk mencegah kanker paru memang menjanjikan. Namun, beberapa hal masih membutuhkan riset lebih lanjut.

Pada penelitian oleh Mr. Ajay Myneni dan rekan-rekan, terdapat sejumlah indikator yang tidak terlalu dijelaskan, misalnya studi pada kelompok yang makan bawang putih matang, jumlah bawang putih mentah yang dikonsumsi partisipan, dan lainnya. Studinya pun dilakukan dalam skala kecil.

Artikel lainnya: Deretan Mitos Tentang Kanker Paru-Paru Beserta Fakta Medisnya

2 dari 3 halaman

Berapa Banyak Bawang Putih yang Aman Dikonsumsi?

Melansir Healthline, sebenarnya tidak ada rekomendasi jumlah konsumsi bawang putih yang pasti. 

Namun, studi yang dipublikasikan National Institutes of Health, AS, menyebutkan makan 1-2 siung bawang putih per hari berpotensi menghasilkan manfaat kesehatan.

Bila Anda memiliki kondisi kesehatan tertentu, konsultasi ke dokter terlebih dahulu mengenai jumlah bawang putih yang masih aman dikonsumsi.

Waspada Efek Samping Konsumsi Bawang Putih

Secara umum bawang putih aman dikonsumsi. Meski begitu, tetap ada risiko efek samping bila dimakan berlebihan, misalnya bau mulut, masalah pencernaan, dan heartburn.

Kurangi jumlah konsumsi bawang putih jika mulai merasakan efek sampingnya. Menurut studi dalam jurnal Foods, Anda juga bisa meminimalkan risiko efek samping dengan mengonsumsi bawang putih matang. 

Perlu Anda ketahui, bawang putih mentah juga dapat menyebabkan reaksi alergi pada beberapa orang.

Itu dia potensi manfaat bawang putih untuk kanker paru. Bila ingin bertanya lebih lanjut seputar makanan pencegah kanker, chat dokter lewat Konsultasi Seputar Kanker di aplikasi Klikdokter.

(FR/JKT)

0 Komentar

Belum ada komentar