HomeInfo SehatKulitKeunggulan Face Oil untuk Perawatan Kulit Wajah
Kulit

Keunggulan Face Oil untuk Perawatan Kulit Wajah

Zahra Aminati, 24 Nov 2021

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Icon ShareBagikan
Icon Like

Salah satu produk skincare yang populer, seperti apa keunggulan face oil untuk wajah? Cek pembahasannya di sini.

Keunggulan Face Oil untuk Perawatan Kulit Wajah

Sebelum topik mengenai perawatan wajah belum populer di kalangan masyarakat, penggunaan produk dengan kandungan minyak selalu dihindari. Mungkin Anda pun sempat berpendapat sama.

Namun, semakin luasnya informasi tentang perawatan wajah membuat anggapan tersebut memudar. Misalnya, pada penggunaan face oil untuk perawatan kulit wajah.

Jika sebelumnya dihindari, face oil kini menjadi salah satu produk skincare favorit. Ini karena face oil memberikan banyak manfaat untuk kesehatan kulit.

Di samping itu, produk ini juga bisa digunakan untuk semua jenis kulit. Anda masih ragu dengan keunggulan face oil untuk kesehatan kulit wajah? Simak uraiannya berikut ini.

1. Membantu Menyegel Kelembapan Kulit

Melansir Healthline, kegunaan face oil dapat menyegel kelembapan, mengembalikan penghalang lipid kulit, mengatur produksi sebum, dan memberikan nutrisi penting pada kulit.

Dokter Theresia Rina Yunita menjelaskan, “Face oil berfungsi sebagai pelembap yang memperbaiki barier kulit dan menutrisi yang bermanfaat untuk mencegah garis halus dan menghaluskan tekstur kulit.”

Artikel Lainnya: Kiat Perawatan Kulit Wajah untuk Usia 20-an

2. Bisa Digunakan Siapa Saja

Dokter Noelani González, direktur dermatologi kosmetik di Mount Sinai West di New York City menyatakan bahwa face oil bisa menjadi produk perawatan untuk semua jenis kulit, asalkan digunakan dalam jumlah sedang.

Jenis kulit kering paling diuntungkan dari penggunaan face oil, karena produk ini akan bertindak sebagai emolien yang mencegah kulit kehilangan air.

Meski begitu, penggunaan face oil untuk jenis kulit lain juga memberikan manfaat baik untuk kesehatan kulit wajah.

3. Cocok untuk Kulit Berminyak

Seperti telah disinggung di atas bahwa face oil bisa digunakan untuk semua jenis kulit, termasuk kulit berminyak.

Adapun face oil yang diformulasikan khusus untuk kulit berminyak maupun berjerawat dapat membantu kulit menghasilkan lebih sedikit sebum yang menyumbat pori-pori.

Artikel Lainnya: Pelembap Gel atau Krim, Mana Lebih Baik untuk Kulit?

Di samping itu, kegunaan face oil bagi kulit berminyak dapat membantu membunuh bakteri penyebab jerawat dan membantu pengelupasan kulit mati.

Anda yang memiliki kondisi kulit berminyak maupun berjerawat bisa memilih face oil dengan kandungan jojoba, lidah buaya, tea tree, squalane, dan marula.

Pastikan gunakan sedikit tetes saja dan tunggu hingga benar-benar menyerap sebelum mengaplikasikan produk lain.

4. Berperan sebagai Primer

Face oil juga bisa berperan sebagai primer yang berfungsi mempersiapkan wajah sebelum mengenakan makeup. Jadi, wajah akan tampak lebih sehat dan membantu menyempurnakan makeup.

Dokter kulit Cleveland Clinic, Dr. Jennifer Lucas, menjelaskan bahwa Anda bisa menggunakan sedikit tetes face oil ke pelembap wajah atau serum untuk mendapatkan sifat aditif.

Face oil juga dapat dioleskan setelah serum untuk membuat produk perawatan kulit ‘terkunci’ di kulit.

Seperti itulah beberapa fungsi face oil untuk perawatan kulit wajah. Untuk Anda dengan kondisi kulit sensitif atau sedang alami iritasi, sebaiknya konsultasi dengan ahli sebelum menggunakan face oil.

Pertanyaan lain seputar face oil atau perawatan kulit bisa Anda sampaikan melalui layanan LiveChat 24 jam di aplikasi Klikdokter.

(PUT/AYU)

kesehatan kulitSkincare

Konsultasi Dokter Terkait