Menu
KlikDokter
Icon Search
Icon LocationTambah Lokasi KamuIcon Arrow
HomeIbu Dan anakKesehatan AnakMengenal Beta Glucan, Nutrisi Penting untuk Anak
Kesehatan Anak

Mengenal Beta Glucan, Nutrisi Penting untuk Anak

Tri Yuniwati Lestari, 19 Nov 2021

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Icon ShareBagikan
Icon Like

Anak-anak membutuhkan beta glucan untuk mendukung tumbuh kembangnya. Apa saja manfaat beta glucan untuk anak?

Mengenal Beta Glucan, Nutrisi Penting untuk Anak

Salah satu jenis asupan serat yang penting bagi sistem kekebalan tubuh anak adalah beta glucan. Beta glucan merupakan jenis serat yang larut dalam air.

Beta glucan dapat ditemukan pada ragi, jamur, ganggang, dan rumput laut. Anda juga bisa mendapatkan beta glucan dalam bentuk suplemen.

Lantas, apa manfaat khusus beta glucan bagi kesehatan anak? Cari tahu jawabannya di bawah sini.

1. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Dijelaskan oleh dr. Sara Elise Wijono, M.Res., beberapa penelitian menunjukkan bahwa beta glucan bermanfaat bagi kekebalan tubuh. Meski begitu, penelitian lebih lanjut masih dibutuhkan.

Penelitian tahun 2015 yang dilakukan oleh University of Louisville di Amerika Serikat menemukan beta glucan memiliki efek signifikan untuk mengurangi stres dan melindungi tubuh dari efek toksisitas lingkungan.

Menurut penelitian tersebut, beta glucan membantu tubuh bereaksi terhadap aktivitas fisik berat yang dapat menurunkan fungsi kekebalan tubuh.

Peneliti mengatakan, meski anak-anak memiliki aktivitas fisik yang sibuk dan berat, beta glucan dapat membantu menjaga sistem kekebalan bekerja secara optimal.

2. Meningkatkan Kesehatan Jantung

Penelitian yang dipublikasi oleh National Library of Medicine pada tahun 2011 menunjukkan bahwa mengonsumsi tiga gram sumber beta glucan dapat membantu mengurangi kadar LDL (kolesterol jahat) tinggi sebanyak tujuh persen.

Kolesterol tinggi merupakan salah satu faktor penyebab penumpukan plak di arteri atau pembuluh darah. Penumpukan plak tersebut berisiko menyebabkan masalah kardiovaskular seperti penyakit jantung.

3. Meningkatkan Kesehatan Saluran Cerna

Beta glucan yang ada di dalam gandum dan barley termasuk ke dalam kategori serat larut. Serat ini dapat menyerap air untuk meresap ke usus dan membantu memperlancar buang air besar.

Beta glucan juga bertindak sebagai prebiotik, yaitu makanan untuk bakteri baik di dalam usus. Serat yang satu ini juga bermanfaat untuk menyeimbangkan mikrobiota di dalam saluran pencernaan.

Artikel Lainnya: Tips Ajari Anak untuk Cermat Memilih Jajanan

4. Baik untuk Anak dengan Sistem Pernapasan Kronis

Dokter Sara Elise mengatakan, “Ada sebuah studi yang menunjukan bahwa beta glucan bisa memperbaiki imunitas mukosa pada anak dengan masalah pernapasan kronis.”

Menurut jurnal Annals of Translational Medicine, beta glucan terbukti meningkatkan fungsi kekebalan tubuh dari polutan atau zat penyebab polusi.

Penelitian ini mengamati respons anak-anak yang mengalami masalah kesehatan pernapasan kronis.

Sejumlah peserta anak-anak diberikan beta glucan dengan dosis tertentu dalam jangka waktu pendek.

Hasilnya, beta glucan dapat merangsang kekebalan mukosa anak-anak dengan masalah pernapasan kronis.

Nah, itu dia tadi beberapa manfaat beta glucan untuk anak-anak. Apabila ingin memberikan beta glucan kepada anak, selalu pastikan untuk berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter.

Anda dapat berkonsultasi dengan dokter melalui layanan Tanya Dokter di aplikasi KlikDokter.

(OVI/AYU)

Nutrisi AnakSuplemen anak

Konsultasi Dokter Terkait