Reproduksi

Peran Hormon Testosteron bagi Kesuburan Wanita

Endah Murniaseh, 18 Nov 2021

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Sebuah studi menemukan bahwa hormon testosterone bermanfaat bagi kesuburan wanita. Simak ulasannya lengkapnya di sini.

Peran Hormon Testosteron bagi Kesuburan Wanita

Testosteron merupakan hormon yang identik dengan pria. Meski demikian, hormon testosteron juga terdapat di tubuh wanita dan memiliki fungsi bagi kesuburan.

Menurut dr. Dyah Novita Anggraini, kekurangan kadar testosteron dapat menyebabkan gangguan haid. Ketika siklus haid terganggu, kesuburan wanita pun ikut terdampak. 

Selain itu, menurut penelitian, hormon testosteron dapat membantu mewujudkan kehamilan bagi wanita yang menjalani IFV. Untuk tahu bagaimana proses dan hasil penelitiannya, simak di sini. 

Hormon Testosteron untuk Kesuburan Wanita

Penelitian yang dipublikasikan Proceedings of The National Academy of Sciences menemukan, beberapa klinik kesuburan di Amerika Serikat mulai memberikan testosteron berbentuk patch atau gel untuk dioleskan ke kulit wanita.

Pemberian gel testosteron dilakukan untuk meningkatkan jumlah sel telur wanita yang menjalani in vitro fertilization (IVF).

Artikel Lainnya: Cara Alami Meningkatkan Kesuburan Wanita Agar Cepat Hamil

Peneliti juga mencatat beberapa uji klinis mendukung penggunaan testosteron ke kulit sebagai cara meningkatkan kehamilan pada wanita yang tidak merespons perawatan IVF dengan baik. 

Untuk membuktikan manfaat testosteron untuk kesuburan wanita, Hammes dan Aritro Sen, penulis utama studi tersebut, menggunakan beberapa hewan dan eksperimen sel. 

Pada proses uji coba, peneliti memberikan androgen dosis kecil kepada tikus yang sedang mengonsumsi obat program IVF. Anda perlu tahu androgen adalah sekumpulan hormon yang salah satunya didominasi oleh testosteron. 

Peneliti menemukan bahwa tikus yang diberikan testosteron mengembangkan folikel yang lebih matang dibandingkan dengan tikus yang tidak menerima hormon androgen. Di dalam folikel itulah sel telur nantinya dibentuk. 

Selain itu, tikus yang diberi androgen melepaskan jumlah telur yang lebih besar selama ovulasi, mirip dengan tujuan wanita mengonsumsi obat IVF.

Dari temuan tersebut, Hammes mengatakan, “Androgen dapat meningkatkan pertumbuhan folikel dan memastikan folikel tidak mati, persis seperti cara perawatan kesuburan.”

Mengingat penelitian ini masih dilakukan secara uji coba kepada tikus, maka diperlukan penelitian lanjutan untuk menentukan dosis hormon testosteron yang tepat bagi kesuburan wanita. 

Artikel Lainnya: Mitos tentang Kesuburan Wanita yang Tidak Perlu Dipercaya

Manfaat Hormon Testosteron Lainnya untuk Wanita

Selain meningkatkan kesuburan, testosteron juga memiliki fungsi lain bagi tubuh wanita. 

Testosteron dapat meningkatkan energi, daya tahan, stamina, dan kemampuan tubuh untuk mempertahankan massa otot. 

Ketika mempertahankan massa otot, metabolisme tubuh dapat terjaga dengan baik. 

Dokter Dyah Novita juga mengatakan, “Kekurangan hormon testosteron dapat menurunkan fungsi libido dan menyebabkan pertumbuhan tulang terganggu.”

Testosteron sangat penting bagi wanita dalam hal libido dan fungsi seksual. Adanya  testosteron juga sangat penting untuk sensitivitas klitoris di tubuh wanita.

Hormon testosteron turut membantu meningkatkan kolagen. Kolagen adalah protein penting untuk membantu kesehatan kulit dan mencegah kerutan di wajah.

Hormon pria ini juga mampu mendukung sistem kardiovaskular yang baik untuk kesehatan jantung pria maupun wanita. 

Itu dia manfaat testosteron untuk tubuh wanita. Untuk tahu informasi kesehatan lainnya, Anda dapat membaca artikel di aplikasi Klikdokter. Anda juga bisa berkonsultasi langsung dengan dokter melalui fitur Live Chat

(OVI/JKT)

hormon testosteronKesuburan Wanita

Konsultasi Dokter Terkait