Kesehatan Mental

Sikap yang Menunjukkan Anda Memiliki Self-esteem Rendah

Zahra Aminati, 16 Nov 2021

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Terdapat beberapa sikap yang dapat menunjukkan bahwa seseorang memiliki self-esteem rendah. Apa saja yang termasuk di dalamnya?

Sikap yang Menunjukkan Anda Memiliki Self-esteem Rendah

Setiap orang memiliki harga diri atau self-esteem dengan kadar yang berbeda-beda. Lantas, bagaimana dengan Anda?

Apakah Anda merasa memiliki harga diri yang cukup, atau justru sebaliknya? Penting diketahui, self-esteem merupakan istilah yang merujuk pada cara Anda dalam menilai, termasuk menyukai dan mengapresiasi diri sendiri.

Hal tersebut umumnya terbentuk dari pengalaman di masa lampau. Seseorang dengan harga diri yang optimal umumnya dapat menjalani kehidupan dengan lebih maksimal.

Sebaliknya, mereka yang memiliki self-esteem rendah bisa sering menemukan kesulitan dalam menjalani hari-hari.

Ada pun beberapa ciri self-esteem rendah, yaitu:

 

1. Kurang Percaya Diri

Melansir dari Very Well Mind, orang dengan kepercayaan diri rendah cenderung memiliki harga diri yang rendah pula.

Senada dengan itu, Ikhsan Bella Persada, M.Psi., Psikolog juga mengatakan bahwa tanda awal seseorang memiliki self-esteem rendah adalah merasa bahwa dirinya kurang atau tidak memiliki rasa percaya diri.

“Misalnya, seseorang merasa tidak yakin dengan kekuatan yang dimilikinya sehingga merasa tak mampu dalam melakukan tugas,” ujar Ikhsan.

Artikel Lainnya: Tips Mudah Bangun Rasa Percaya Diri Anda

2. Kurang Kontrol dalam Hidup

Seseorang dengan self-esteem rendah sering merasa tidak memiliki kendali atas hidupnya. Mereka pun tak memiliki kendali akan hal yang terjadi padanya.

Kondisi tersebut berkaitan dengan beberapa fakta bahwa mereka tidak memiliki kemampuan dalam membuat perubahan bagi diri sendiri maupun orang lain.

3. Sering Berbicara Negatif pada Diri Sendiri

“Sikap lain yang menunjukkan seseorang memiliki low self-esteem adalah berbicara negatif terhadap diri sendiri, dan kurang optimis dalam meraih sesuatu,” tutur Ikhsan.

Self-esteem rendah membuat seseorang fokus pada kekurangan daripada kekuatannya.

Alih-alih membangun diri dengan self-talk positif, mereka selalu punya hal negatif yang dikatakan pada diri sendiri, baik terkait penampilan, kepribadian, ataupun kemampuan.

Artikel Lainnya: Saudara Kandung Lebih Good Looking, Ini Cara Tingkatkan Percaya Diri Anda!

4. Takut Gagal

Orang dengan self-esteem rendah cenderung takut gagal dan lebih memilih menghindari tantangan. Mereka pun lebih cepat menyerah tanpa harus berusaha maksimal.

Ketakutan akan kegagalan ini dapat dilihat dari perilaku, seperti bertindak saat ada yang salah atau mencari cara menyembunyikan perasaan tidak mampunya. Mereka akan membuat alasan, menyalahkan faktor eksternal, dan lain-lain.

5. Khawatir atau Ragu pada Diri Sendiri

Karakteristik self-esteem yang rendah lainnya ialah sering merasa khawatir dengan keputusan yang dibuatnya.

Mereka pun lebih sering menurut pada pendapat orang lain daripada mempertahankan pilihannya sendiri.

Apakah Anda memiliki perasaan tersebut di atas? Jika ya dan ingin mengatasinya, Ikhsan mengatakan bahwa Anda perlu terlebih dahulu memahami diri sendiri.

“Coba untuk beralih fokus dengan melihat apa saja yang sudah dicapai. Hal ini untuk melihat secara objektif bahwa hal baik dan banyak tantangan yang sudah pernah Anda lalui,” kata Ikhsan.

“Anda juga bisa membuat jurnal tentang kekuatan yang dimiliki. Kekuatan ini bisa ditemukan dengan melihat tantangan-tantangan yang pernah dilalui; kira-kira apa yang membuat Anda berhasil melewatinya,” sambungnya.

Tak cukup hanya dengan itu, Anda juga perlu mencari lingkungan yang mendukung. Hal ini agar Anda bisa berdiskusi dan bercerita tentang hal yang dirasakan.

“Anda juga bisa meminta feedback dari orang tersebut agar lebih baik lagi ke depannya,” tutup Ikhsan.

Jika Anda merasa memiliki self-esteem rendah dan kesulitan saat berupaya memperbaikinya, tak perlu ragu untuk melakukan konsultasi lebih lanjut kepada psikolog melalui LiveChat 24 jam di aplikasi Klikdokter.

(NB/AYU)

 

psikologiskesehatan mental

Konsultasi Dokter Terkait