HomeInfo SehatPencernaanAsam Lambung dan GERD Bikin Dada Sesak, Ini Solusinya
Pencernaan

Asam Lambung dan GERD Bikin Dada Sesak, Ini Solusinya

KlikDokter, 12 Nov 2021

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Icon ShareBagikan
Icon Like

Gangguan asam lambung dapat menyebabkan sensasi sesak napas. Tahukah Anda solusinya? Cek uraiannya di sini.

Asam Lambung dan GERD Bikin Dada Sesak, Ini Solusinya

Tidak semua sesak napas berhubungan dengan gangguan paru. Beberapa gangguan lambung, seperti maag dan GERD juga bisa menyebabkan sensasi sesak napas.

Maag adalah adanya peradangan pada mukosa lambung. Sementara GERD atau gastroesophageal reflux disease adalah kondisi ketika asam lambung naik kembali ke esofagus (kerongkongan).

Kedua gangguan tersebut dapat menyebabkan sensasi dada tidak nyaman. Lalu, bagaimana penanganan dari gangguan lambung ini?

Maag dan GERD Bisa Menyebabkan Sesak

Jika Anda mengalami gangguan maag, pastinya rasa nyeri ulu hati sangat mengganggu. Dada kemudian akan terasa sesak, sehingga bernapas pun menjadi lebih sulit.

Sementara ketika Anda mengalami GERD, asam lambung merambat ke kerongkongan. Kondisi ini menyebabkan sensasi dada terbakar atau heartburn dan membuat napas terasa sesak.

Artikel Lainnya: Mengenal GERD Anxiety yang Mesti Diwaspadai Kaum Milenial

Keluhan ini juga sering disalahartikan sebagai keluhan jantung oleh penderitanya. Dalam beberapa kasus, asam lambung bisa pula masuk ke paru-paru, terutama saat tidur.

Hal ini menyebabkan peradangan saluran udara dan menimbulkan reaksi asma atau pneumonia aspirasi. Penderitanya biasanya akan mengalami batuk atau mengi.

Segera Atasi dengan Produk ini

Anda tidak perlu khawatir karena gangguan naiknya asam lambung dapat diatasi dengan menerapkan pola hidup atau kebiasaan seperti berikut.

  • Makan teratur dengan porsi kecil namun sering.
  • Jangan berbaring setelah makan.
  • Menghindari konsumsi obat sembarangan seperti, obat penghilang rasa sakit golongan NSAID.
  • Mencapai berat badan ideal.
  • Mengelola stres dengan baik.

Artikel Lainnya: Batuk Kronis dan Tidak Kunjung Sembuh? Waspada GERD!

Selain menerapkan kebiasaan dan pola hidup di atas, Anda juga dapat menggunakan Promag Double Action untuk atasi gangguan asam lambung.

Promag Double Action merupakan kombinasi antasida (Calcium Carbonate dan Magnesium Hydroxide) dan H2 blocker (Famotidine) yang bekerja mengatasi sakit mag serta penyakit asam lambung dengan dua mekanisme.

Antasida menetralkan asam lambung dengan cepat dan Famotidine mengurangi produksi asam lambung dengan lama kerja yang lebih panjang.

Famotidine sendiri bekerja dengan tidak menutup katup produksi asam lambung, tetapi menekannya. Jadi, kinerjanya lebih efektif dan tetap aman dikonsumsi. Efek sampingnya pun minim.

Bagi Anda yang sering mengalami gangguan lambung seperti maag atau GERD, pastika selalu membawa Promag Double Action kemanapun Anda pergi.

Manfaatkan layanan Tanya Dokter di aplikasi Klikdokter untuk bertanya seputar masalah kesehatan lambung.

(PUT/AYU)

AdvertorialpencernaanAsam LambungGERD

Konsultasi Dokter Terkait