Kesehatan Anak

Tips Sukses Mengenakan Pakaian pada Anak dengan ADHD

Tri Yuniwati Lestari, 20 Nov 2021

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Karena terlalu aktif, aktivitas memakaikan pakaian pada anak ADHD bisa lebih sulit. Lantas, harus bagaimana? Jangan khawatir. Berikut ini tips yang bisa Anda terapkan!

Tips Sukses Mengenakan Pakaian pada Anak dengan ADHD

Attention deficit hyperactivity disorder atau ADHD adalah gangguan kesehatan mental yang umumnya terjadi pada anak-anak. 

Kondisi ini dapat membuat anak-anak menjadi sulit untuk memusatkan perhatian, serta memiliki perilaku hiperaktif dan impulsif.

Karena keluhan tersebut, anak ADHD mungkin lupa urutan mengenakan pakaian. Mereka pun bisa memiliki keterampilan motorik yang terganggu, bahkan sekadar untuk mengencangkan kancing bajunya.

Mau tak mau, orangtua mesti membantu anak ADHD untuk mengenakan pakaiannya. Nah, agar tidak salah langkah, berikut ini beberapa tips yang bisa Anda ikuti: 

1. Tenangkan Anak Terlebih Dahulu 

Jika rutinitas pagi anak dimulai dengan mandi, Anda bisa menggunakan waslap dan handuk bertekstur tebal untuk membersihkan maupun mengeringkan tubuhnya. 

Handuk bertekstur dapat menenangkan otak anak ADHD, sehingga ia bisa menghadapi tantangan untuk berpakaian dengan lebih baik. 

2. Biasakan Langsung Mengenakan Pakaian Setelah Mandi

Menurut Gracia Ivonika, M.PsI., Psikolog, atur anak agar langsung berpakaian setelah mandi dan mengeringkan badan sebelum ia melakukan sesuatu yang lain. 

“Boleh juga sediakan sebagian ruangan di kamar untuk anak berpakaian. Hal ini agar setiap kali anak berada di tempat tersebut ia terbiasa untuk berpakaian terlebih dahulu sebelum melakukan aktivitas lain,” saran Gracia.

3. Pilih Bahan Pakaian yang Sesuai

Beberapa anak ADHD memiliki hipersensitivitas taktil, yang membuatnya enggan untuk mengenakan pakaian dengan bahan atau tekstur tertentu.

Atas dasar itu, berhati-hatilah saat memilih pakaian untuk anak. Agar lebih aman, Anda juga bisa menggunting label di bagian belakang kemeja agar ia tidak merasa terganggu karenanya.

Jika anak mengeluh gatal atau menolak saat dikenakan pakaian, pastikan untuk tidak memaksakan kehendak. 

Lebih baik ganti pakaian tersebut dengan yang lebih sesuai dengan keinginan anak, agar ia bisa tetap tenang.

4. Ajak Anak untuk Memilih Pakaiannya Sendiri

Ajak anak untuk memilih pakaian yang menurutnya nyaman. Namun, Anda tetap perlu ingat bahwa anak ADHD memiliki kesulitan untuk menentukan pilihan.

Oleh sebab itu, hindari menyuguhkan pakaian langsung dari lemari yang penuh dengan pilihan. 

Sebagai gantinya, Anda bisa mengambil beberapa pakaian agar mereka tak kebingungan untuk memutuskan mana yang hendak digunakan hari ini. 

Artikel Lainnya: Risiko ADHD Bayi Meningkat pada Ibu dengan Penyakit Autoimun?

5. Ciptakan Suasana yang Menyenangkan

Agar anak ADHD tidak menolak saat dikenakan pakaian, Anda bisa menciptakan suasana yang menyenangkan, misalnya dibuat seperti games atau memilih pakaian dengan warna-warna menarik. 

6. Pilih Pakaian yang Simpel

Karena anak ADHD memiliki kesulitan dalam memfokuskan perhatian, pilihlah pakaian yang sederhana. Hindari pakaian yang memiliki kancing, ritsleting, atau motif terlalu ramai. 

Pilihalah kaus polos, celana berpinggang elastis, atau hoodie yang lebih mudah dipakai. 

7. Ajak Anak Berperan Langsung

Tips lainnya dalam mengenakan pakaian pada anak ADHD adalah dengan mengajaknya berperan langsung. Tugas Anda hanyalah sebagai pengawas dan pengarah.

Jadi, anak diarahkan untuk memasukkan kakinya sendiri ke dalam lubang celana. Anda meminta anak memasukan leher pada lubang kaus, dan menarik celana ke pinggangnya. 

Anda bisa mencobanya, lho. Langkah-langkah kecil ini memberi anak Anda kepercayaan diri untuk berpakaian.

Terkendala atau punya pertanyaan terkait anak ADHD? Anda bisa melakukan konsultasi kepada psikolog melalui Tanya Dokter atau aplikasi Klikdokter.

(NB/AYU)

Anak Berkebutuhan KhususKesehatan AnakHari Anak SeduniaADHD

Konsultasi Dokter Terkait