Kulit

Penggunaan Lipstik Matte Bikin Bibir Kering, Ini Penyebabnya

Zahra Aminati, 15 Nov 2021

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Bibir kering dan pecah-pecah merupakan kekurangan dari penggunaan lipstik matte. Apa penyebabnya? Berikut penjelasannya.

Penggunaan Lipstik Matte Bikin Bibir Kering, Ini Penyebabnya

Lipstik matte merupakan salah satu jenis lipstik yang digemari oleh wanita. Efek natural dan tahan lama menjadi keunggulan lipstik jenis ini. 

Meski begitu, lipstik matte memiliki kekurangan, yang paling umum terjadi adalah bibir kering atau pecah-pecah. 

Apa sebenarnya yang menyebabkan lipstik matte membuat bibir kering? Bagaimana cara mengatasinya? Simak penjelasannya berikut ini.

Penyebab Bibir Kering pada Penggunaan Lipstik Matte

Lipstik matte diformulasikan secara berbeda daripada lipstik glossy. Umumnya, lipstik memiliki bahan tertentu seperti lilin, minyak, dan pigmen. 

Namun, rasio bahan-bahan ini akan diubah untuk menentukan apakah lipstik akan dibuat menjadi matte atau glossy

Artikel Lainnya: Jangan Menjilat Bibir Kering, Ini Alasannya

Menurut dr. Devia Irine Putri, “Kandungan dalam lipstik matte bisa memicu kulit kering, karena kurang kandungan minyaknya.”

Melansir Octoly Magazine, lipstik matte memang pada umumnya dibuat dengan kandungan lilin dan pigmen yang banyak. 

Sementara, kandungan minyaknya lebih sedikit. Tujuannya agar warna lipstik lebih dalam sekaligus tahan lama ketika menempel di bibir. 

Sayangnya, kandungan minyak pada lipstik matte yang sedikit membuat tekstur keseluruhan lipstik ini cenderung kering dan mengendap di celah-celah bibir. 

Selain itu, ada pula beberapa kandungan lain pada lipstik matte yang menyebabkan bibir kering dan pecah-pecah. Di antaranya:

  • Alkohol. Walaupun hanya sedikit, tetap bisa menyebabkan bibir kering. 
  • Minyak silikon. Kandungan ini berfungsi menyegel warna lipstik di bibir. Saat warna tersegel, kelembapan pun ditarik keluar bibir yang menyebabkan bibir menjadi kering. 
  • Lip Plumper: Merupakan kandungan yang berfungsi memberikan tampilan bibir tampak tebal. Menurut WebMD, lip plumper mengandung bahan-bahan seperti kayu manis, jahe mint, wintergreen, atau capsaicin (senyawa pedas pada cabai) yang dapat menyebabkan bibir kering. 
  • Wewangian. Kandungan wewangian dalam lipstik matte biasanya dicampur dengan alkohol atau minyak yang dapat menyebabkan bibir kering. 

Efek bibir kering yang disebabkan penggunaan lipstik matte akan semakin parah ketika Anda terpapar sinar matahari langsung. 

Ketika Anda dehidrasi, sering menjilat bibir, merokok, berada di tempat yang dingin, dan alergi. 

Artikel Lainnya: Bahayakah Kandungan Timbal dalam Lipstik?

Tips Menggunakan Lipstik Matte yang Tepat

Terdapat beberapa tips yang bisa Anda ikuti supaya penggunaan lipstik matte tidak membuat bibir kering.

  • Pilih Kandungan yang Tepat

Sebelum menggunakan lipstik matte, penting untuk memilih produk dengan kandungan yang tepat. Sebaiknya, gunakan lipstik matte yang mengandung pelembap. 

Pastikan pula lipstik matte yang Anda pilih mengandung minyak jojoba atau vitamin E yang dapat melembapkan bibir. 

  • Eksfoliasi Bibir

Penting untuk selalu melakukan scrubbing bibir sebelum dan sesudah menggunakan lipstik matte. Hal ini agar tidak membuat bibir mudah kering, terkelupas, dan terlihat tidak terawat. 

  • Jangan Lupa Berikan Pelembap

Aplikasikan pelembap bibir sebelum menggunakan lipstik matte. Pastikan pelembap diaplikasikan di seluruh bibir. 

Biarkan pelembap menyerap terlebih dahulu sebelum mengaplikasikan lipstik matte. Lakukan hal yang sama ketika Anda akan mengaplikasikan ulang lipstik matte.

Dengan selalu menjaga kelembapan bibir, penggunaan lipstik matte pun tidak akan membuat bibir kering. 

Lebih dalam mengenai masalah bibir atau kecantikan lainnya, silakan manfaatkan layanan LiveChat 24 jam di aplikasi Klikdokter

(PUT/AYU)

kesehatan kulitSkincare

Konsultasi Dokter Terkait