Kulit

Alis yang Dicukur Tidak bisa Tumbuh Lagi, Benarkah?

Zahra Aminati, 11 Nov 2021

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Terdapat mitos bahwa alis yang telah dicukur akan sulit tumbuh kembali. Benarkah demikian? Simak penjelasannya di sini.

Alis yang Dicukur Tidak bisa Tumbuh Lagi, Benarkah?

Alis merupakan salah satu pendukung penampilan seseorang. Beberapa cara dilakukan untuk mempercantik alis, salah satunya dengan mencukur sesuai dengan model yang diinginkan.

Namun, ada mitos yang mengatakan bahwa mencukur alis dapat membuatnya sulit tumbuh kembali. Benarkah demikian? Berikut penjelasannya.

Hindari Mencukur Habis Alis

Dokter Arina Heidyana mengatakan, “Sama saja dengan mencukur rambut, alis juga nanti akan tumbuh lagi. Yang terpenting harus memerhatikan sisi higienis saat mencukur supaya tidak timbul iritasi.” 

Untuk berapa lama alis akan tumbuh kembali setelah dicukur, tergantung masing-masing individu. 

Dipengaruhi pula oleh metode yang digunakan untuk mencukur. Pada kebanyakan orang, alis yang sudah dicukur akan tumbuh kembali dalam beberapa hari.  

Supaya alis bisa tumbuh kembali dengan baik, sebaiknya pencukuran alis dilakukan oleh profesional. 

Hindari pula mencukur habis alis supaya tidak memengaruhi kesehatan mata. Rambut alis berfungsi sebagai penghalang debu atau air supaya tidak langsung mengenai mata. 

Artikel Lainnya: Ragam Metode untuk Hilangkan Bulu di Wajah

Di samping itu, mencukur habis alis bisa menyebabkan alis tidak tumbuh kembali dengan sempurna. 

Dalam kebanyakan kasus, alis akan tumbuh dengan tebal seperti janggut akibat tidak diambil dari akar. 

Bentuk alis pun kemungkinan besar tidak simetris antara kanan dan kiri. Ini tentu akan membuat tampilan alis tidak alami dan memengaruhi penampilan Anda. 

Mencukur habis alis juga berisiko melukai alis. Alison Angold, seorang terapis kecantikan, mengatakan bahwa area kulit di bawah alis itu lebih sensitif daripada area lain yang biasanya kita cukur.

Cara Aman Mencukur Alis di Rumah

Mencukur alis memang sebaiknya dilakukan oleh profesional. Namun, Anda juga bisa melakukannya sendiri di rumah dengan aman lewat beberapa asalkan memerhatikan aspek keamanan. 

Hal pertama yang harus dilakukan adalah memilih pisau cukur yang sangat tajam dengan ukuran yang disesuaikan dengan kebutuhan. 

Lakukan pencukuran dengan sangat hati-hati, lembut, dan perlahan. Pastikan posisi pisau cukur mengarah ke sudut yang sesuai, jangan terlalu horizontal. 

Kemudian, tarik alis ke atas dengan jari dan tahan. Gunakan tangan non-dominan untuk menahan alis dan tangan dominan untuk mencukur rambut alis. Secara perlahan, cukur alis ke arah bawah atau sesuai dengan arah tumbuhnya rambut alis.

Anda bisa mengoleskan petroleum jelly ke rambut alis yang tidak dicukur. Ini untuk menghindari rambut alis tersebut tanpa sengaja tercukur. 

Hindari pula area yang memiliki tekstur, seperti jerawat atau tahi lalat. Setelah selesai mencukur, cuci wajah hingga bersih.

Artikel Lainnya: Cara Menebalkan Alis Alami seperti Selebriti

Ada kalanya kulit di tempat rambut alis dicukur menjadi kemerahan hingga iritasi. Untuk mengatasinya, Anda bisa mengoleskan area tersebut dengan gel aloe vera. 

Ini akan membantu menenangkan kulit dan mempercepat penyembuhan setelah pencukuran.  Penggunaan gel aloe vera pun bisa tetap dilakukan, meskipun tidak ada tanda kemerahan atau iritasi. 

Mencukur memang tergolong efektif dan efisien untuk merapikan bentuk alis. Proses rambut alis tumbuh kembali pun relatif lebih cepat daripada mencabut atau waxing alis.

Meski begitu, tetap tidak dianjurkan mencukur habis alis. Cukurlah dengan cara yang aman dan benar supaya rambut alis tumbuh kembali dengan baik. 

Chat dokter untuk bertanya soal kesehatan rambut dan lainnya lewat layanan LiveChat 24 jam di aplikasi Klikdokter

(PUT/AYU)

kesehatan kulitSkincare

Konsultasi Dokter Terkait