HomeIbu Dan anakIbu MenyusuiPerlukah Menggunakan Bra Menyusui Saat Tidur?
Ibu Menyusui

Perlukah Menggunakan Bra Menyusui Saat Tidur?

Endah Murniaseh, 14 Nov 2021

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Icon ShareBagikan
Icon Like

Bra menyusui boleh digunakan ibu saat tidur, namun dengan beberapa pertimbangan. Apa saja? Cek penjelasannya di sini.

Perlukah Menggunakan Bra Menyusui Saat Tidur?

Tidur menggunakan bra atau tidak pada dasarnya kembali ke pilihan masing-masing wanita. Memang ada anggapan bahwa tidur dengan bra tidak baik untuk kesehatan payudara.

Namun, bukti yang menunjukkan efek negatif menggunakan bra saat tidur belum pernah ditemukan hingga saat ini. Penggunaan bra saat tidur justru bisa membatasi gerakan payudara dan mengurangi rasa nyeri pada payudara. Tidur pun akan lebih nyaman.

Lantas, bagaimana dengan penggunaan bra saat tidur pada ibu menyusui? Perlukah bra menyusui terus digunakan bahkan saat tidur? Berikut penjelasannya.

Kondisi ketika Ibu Perlu Pakai Bra Menyusui saat Tidur

Ibu menyusui sebenarnya bebas memilih apakah ingin memakai bra saat tidur atau tidak. Dokter Arina Heidyana juga menyampaikan, “Kalau penggunaan bra tergantung masing-masing ibu seperti apa gampang dan nyamannya. Saat tidur, bisa tetap digunakan, bisa juga tidak.”

Namun, memang ada beberapa kondisi yang memerlukan Ibu menggunakan bra menyusui saat tidur. Di antaranya:

  • Saluran Susu Bocor

Saluran susu yang bocor seringkali dialami oleh ibu menyusui. Penggunaan bra menyusui dengan bantalan payudara pun perlu dilakukan saat tidur. Ini untuk menampung atau menyerap ASI yang keluar dengan sendirinya saat tidak. Dengan begitu, ASI tidak menodai pakaian atau sprei Ibu.

Kondisi kebocoran ASI juga sering dialami oleh ibu baru. Maka, perlu menggunakan bra menyusui saat tidur, setidaknya selama 1-2 bulan menyusui.

  • Payudara Membesar

Saat menyusui, payudara akan membesar dan biasanya membatasi pergerakan ketika tidur. Misalnya, membuat Ibu sulit untuk berbaring miring atau tengkurap. Saat berbaring pun, tarikan gravitasi ke samping sedikit saja bisa menimbulkan rasa tidak nyaman atau sakit.

Saat inilah Ibu perlu menggunakan bra menyusui saat tidur. Hal ini akan membatasi gerakan payudara dan mengurangi rasa sakit pada payudara.

  • Agar Payudara Tidak Kendur

Menggunakan bra menyusui saat tidur akan mencegah peregangan yang tidak perlu pada ligamen payudara. Hal itu akan mencegah payudara mengendur, terutama jika Ibu memiliki payudara yang besar.

Artikel Lainnya: Bahaya Pompa ASI Elektrik yang Mesti Diwaspadai Ibu Menyusui

Tips untuk Menggunakan Bra Menyusui Saat Tidur

Ketika Ibu akan menggunakan bra menyusui saat tidur, berikut beberapa tipsnya.

  • Gunakan Bra yang Pas

Pastikan Anda menggunakan bra berbahan lembut dan pas untuk Anda. Hindari bra yang berkawat dan atau terlalu ketat.

Tekanan yang diberikan bra terlalu ketat atau kawat pada bra bisa membuat saluran air susu tersumbat.

  • Memiliki Persediaan Bra Menyusui yang Cukup

Kebocoran ASI akan menyebabkan bra basah dan lembap, sehingga perlu sering diganti. Bra basah dapat menimbulkan bau dan menyebabkan infeksi pada payudara jika tidak segera diganti.

Hal ini tentu membuat kebutuhan akan bra menjadi lebih banyak. Oleh sebab itu, pastikan Ibu memiliki persediaan bra menyusui yang cukup hingga malam hari. 

  • Bedakan Model Bra Menyusui Siang dan Malam Hari

Ibu bisa memilih model bra menyusui yang berbeda antara siang dan malam hari. Saat ini pun sudah banyak dijual produk semacam itu.

Bra menyusui siang biasanya memiliki bukaan di bagian puting. Sementara bra menyusui malam biasanya tidak memiliki bukaan di bagian puting. Meski begitu, bra menyusui malam tetap mudah dinaik-turunkan tiap sisi kanan-kirinya. Bra menyusui untuk malam hari biasanya mirip bra olahraga, namun tidak ketat.

Itulah penjelasan mengenai perlukah menggunakan bra menyusui saat tidur. Jika tidak ada kondisi yang mengharuskan, ibu bebas memutuskan asalkan tetap memberi kenyamanan saat tidur.

Gunakan layanan LiveChat 24 jam di aplikasi KlikDokter untuk pertanyaan seputar masalah kesehatan lainnya.

(PUT/JKT)

MenyusuiBra

Konsultasi Dokter Terkait