Kulit

Manfaat Pakai Sarung Bantal Sutra untuk Kulit

Zahra Aminati, 13 Nov 2021

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Tidur pakai sarung bantal sutra disebut-sebut dapat memberikan manfaat bagi kulit. Apa saja manfaatnya? Simak ulasan selengkapnya di sini.

Manfaat Pakai Sarung Bantal Sutra untuk Kulit

Tidur cukup dan nyenyak merupakan salah satu cara untuk mendapatkan kulit yang sehat. Saat tidur, tubuh memproduksi kolagen untuk mendukung kulit jadi lebih sehat, kenyal, dan halus.

Tidak hanya itu,  bahan sarung bantal yang digunakan saat tidur ternyata juga ikut memengaruhi kondisi kulit, lho.

Tidur pakai sarung bantal sutra disebut-sebut memberikan manfaat kecantikan kulit yang lebih maksimal. Benarkah demikian? Simak ulasan dan pendapat dokter berikut ini.

Manfaat Sarung Bantal Sutra untuk Kecantikan 

Laporan uji klinis dari U.S National Library of Medicine menunjukkan bahwa kondisi jerawat bisa berkurang ketika Anda tidur pakai sarung bantal sutra. Hal ini berlaku bila dibandingkan dengan orang yang tidur pakai sarung bantal katun.

Artikel Lainnya: Bantal Harus Diganti Secara Berkala, Ini Alasannya

 

Diwartakan dari Healthline, Yoram Harth, dokter kulit dan direktur medis di MDacne mengatakan kain sutra memiliki permukaan atau tekstur yang licin dan lebih bersih untuk kulit pipi.

Ketika menggunakan sarung bantal biasa, gesekan dari kapas ke kulit rentan menyebabkan peradangan dan memperburuk kondisi jerawat.

Sementara itu, pakai sarung bantal katun pada dasarnya dapat menyerap minyak alami dan bakteri di wajah serta rambut.

Namun kotoran tersebut dapat menumpuk di kain dan menyebabkan kulit lebih berisiko mengalami gangguan seperti jerawat.

Dokter Harth mengatakan, “Sarung bantal sutra menyerap kelembapan dan kotoran lebih sedikit. Pakai sarung bantal sutra mungkin bisa menjadi pilihan yang lebih baik untuk orang-orang dengan kulit berjerawat, baik orang yang suka tidur miring atau tengkurap.”

Menurut Neal Schultz, dokter kulit dari New York, Amerika Serikat, pakai sarung bantal sutra juga dapat mengurangi kerutan dan meningkatkan hidrasi kulit. Kedua efek tersebut membuat Anda terlihat lebih muda.

Artikel Lainnya: Hati-Hati, Posisi Tidur Ini Bisa Bikin Kulit Wajah Keriput!

Dokter Reza Fahlevi, Sp. A., pun menyetujui pendapat tersebut. “Sarung bantal sutra itu bahannya lembut. Apabila wajah kita tidur kena bantal, sarung bantal sutra tidak akan menekan kulit dan mungkin mencegah kerutan.”

“Pakai sarung bantal sutra juga bisa menurunkan risiko rambut kusut,” ujar dr Reza.

Dilansir dari Goodhousekeeping, tekstur kain sutra yang halus bisa menimalkan gesekkan pada rambut.

Berbeda jika tidur di atas sarung bantal dengan kain yang kasar. Kapas dari serat kain dapat membuat rambut tersangkut dan kusut saat Anda bangun.

Pakai Sarung Bantal Sutra Bukan Cara untuk Mengobati Masalah Kulit

Perlu diingat, belum ada penelitian yang menyatakan bahwa sarung bantal sutra dapat mengatasi jerawat atau menghilangkan keriput di wajah.

Lexie Sachs dari Good Housekeeping Institute Textiles Lab mengatakan, “Meskipun sarung bantal sutra baik untuk mencegah kerutan wajah dan rambut kusut, sarung bantal sutra tidak bisa memberikan nutrisi ke kulit Anda atau membantu mengatasi jerawat.”

Dokter Schultz turut menambahkan, “Untuk melawan tanda-tanda kulit kusam serta warna kulit tidak merata, Anda harus menggunakan produk dan perawatan yang tepat.”

Itu dia manfaat pakai sarung bantal sutra. Untuk tahu informasi kesehatan lainnya, Anda dapat membaca artikel di aplikasi Klikdokter.

(OVI/AYU)

kulittidurJerawat

Konsultasi Dokter Terkait