Menu
KlikDokter
Icon Search
Icon LocationTambah Lokasi KamuIcon Arrow
HomeInfo SehatKulitSpilanthol dan Manfaatnya untuk Perawatan Kulit Wajah
Kulit

Spilanthol dan Manfaatnya untuk Perawatan Kulit Wajah

Zahra Aminati, 10 Nov 2021

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Icon ShareBagikan
Icon Like

Spilanthol dipercaya bermanfaat untuk perawatan kulit wajah. Apa saja dan amankah untuk kulit? Berikut penjelasannya.

Spilanthol dan Manfaatnya untuk Perawatan Kulit Wajah

Penemuan serta inovasi baru dalam dunia kecantikan memang tidak ada habisnya. Seperti spilanthol yang kini semakin banyak digunakan sebagai salah satu bahan produk perawatan kulit. 

Spilanthol yang berasal dari ekstrak tanaman ini dipercaya memiliki manfaat yang baik untuk kesehatan kulit. Apa saja manfaatnya? Amankah digunakan untuk semua jenis kulit? Cari tahu di sini. 

Mengenal Spilanthol

Spilanthol merupakan senyawa yang diekstraksi dari tanaman paracress, atau yang dikenal dengan acmella oleracea atau spilanthes. 

Sudah digunakan sejak berabad-abad yang lalu di seluruh dunia sebagai obat tradisional. 

Artikel Lainnya: Kandungan Polyglutamic Acid untuk Melembapkan Kulit

Biasanya digunakan untuk mengobati sakit kepala, sakit gigi, pembengkakan sendi, dan penyembuhan luka. Ini berkat sifat anestesi, antibakteri dan anti inflamasi pada spilanthol.

Selain sebagai obat tradisional, ditemukan manfaat lain spilanthol, yaitu untuk perawatan kulit wajah. 

Konsultan kulit ternama, dr. Anjali Mahto, mengungkapkan bahwa spilanthol adalah bahan nabati bioaktif yang baik digunakan dalam perawatan kulit. 

Dokter Astrid Wulan Kusumoastuti menyatakan, “Spilanthol disinyalir dapat membantu penyerapan bahan aktif lainnya yang diberikan secara bersama-sama. Jadi, diharapkan dapat membantu penyerapan bahan aktif pada produk skincare lainnya.”

Manfaat Spilanthol untuk Kulit Wajah

Melansir Refinery29, dr. Ana Mansouri, seorang ahli kulit dan dokter kecantikan di Kat & Co. mengatakan bahwa studi tentang manfaat spilanthol untuk kulit belum dilakukan secara luas. 

Namun, dari beberapa penelitian yang sudah dilakukan, spilanthol menunjukkan efek yang menjanjikan bagi kesehatan kulit, seperti:

  • Antiinflamasi pada Kulit

Dokter Mansouri mengatakan bahwa kandungan spilanthol bisa berfungsi sebagai antiinflamasi, sehingga bermanfaat dalam mengurangi pembengkakan dan kemerahan pada kulit. 

Artikel Lainnya: Hal yang Perlu Diperhatikan Sebelum Ganti Skincare

“Penelitian telah menunjukkan bahwa spilanthol dapat memblokir peradangan alergi pada masalah kulit seperti dermatitis atopik,” ujarnya. Dermatitis atopik merupakan bentuk umum eksim yang membuat kulit tampak kering, pecah-pecah, gatal, atau tidak nyaman. 

  • Meningkatkan Penetrasi pada Kulit

Spilanthol dapat meningkatkan penyerapan zat topikal lain ketika dioleskan pada kulit. Berlaku untuk hampir semua produk perawatan kulit, mulai dari serum, pelembap, minyak wajah, hingga krim mata. Tidak hanya meningkatkan penyerapan, tapi juga memaksimalkan produk-produk tadi.

  • Melindungi Kulit dari Radikal Bebas

Manfaat spilanthol bagi kulit juga seperti vitamin C, yaitu sebagai antioksidan yang dapat melindungi kulit dari radikal bebas. Mulai dari polusi udara hingga paparan sinar UV. 

  • Mengurangi kerutan dan garis halus

Sebuah produsen produk perawatan kulit dengan spilanthol mengatakan bahwa bahan tersebut bisa mengurangi kerutan dan garis halus pada wajah. 

Hal ini sesuai dengan pernyataan dr. Mansouri bahwa ada satu penelitian yang menunjukkan spilanthol memiliki efek pemblokiran pada otot-otot di wajah. 

“Ini menunjukkan spilanthol dapat digunakan untuk mengurangi gerakan otot, sehingga melembutkan kerutan,” katanya. Berkat manfaatnya ini, spilanthol juga dikenal di dunia dermatologi sebagai “Botoks Organik”. 

Efek Samping Penggunaan Spilanthol

Sejauh ini belum ada kasus yang menunjukkan efek samping serius dari penggunaan spilanthol. 

Artikel Lainnya: Deretan Bahan Skincare yang Harus Dihindari Kulit Sensitif

Namun, Anda yang berkulit sensitif sebaiknya lebih berhati-hati dalam penggunaannya. Melakukan uji tempel terlebih dahulu bisa dilakukan untuk melihat reaksi kulit.

Penggunaan spilanthol dengan produk lain juga harus diperhatikan. Jika produk mengandung bahan aktif yang berpotensi mengiritasi, seperti AHA atau retinoid, sebaiknya penggunaannya dilakukan terpisah dengan spilanthol.

Terutama penggunaan pada kulit yang sangat sensitif atau reaktif. Pastikan pula produk dengan spilanthol yang Anda gunakan dalam keadaan baik dan higienis. 

Dokter Astrid menambahkan, “Jika produk dengan spilanthol terkontaminasi jamur, maka dapat berisiko lebih besar infeksinya pada kulit.”

Seperti itulah penjelasan mengenai spilanthol dan manfaatnya bagi perawatan kulit wajah. 

Penting untuk selalu menggunakan skincare berdasarkan anjuran pakai yang tertera di kemasan. Jika ragu, bisa hubungi dokter kulit Anda sebelum menggunakannya.

Chat dokter seputar kesehatan kulit lainnya lewat fitur LiveChat 24 jam di aplikasi Klikdokter.

kesehatan kulitSkincare

Konsultasi Dokter Terkait