Kehamilan

Manfaat Minyak Hati Ikan Kod untuk Program Kehamilan

Endah Murniaseh, 09 Nov 2021

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Minyak hati ikan kod dikenal dengan kandungan omega-3 yang tinggi. Hal ini konon bermanfaat untuk meningkatkan kesuksesan program hamil. Berikut ini selengkapnya.

Manfaat Minyak Hati Ikan Kod untuk Program Kehamilan

Ikan kod merupakan salah satu jenis hewan laut yang hidup di samudera. Jenis ikan ini memiliki hati (liver) dengan kandungan lemak sehat yang dikenal dengan istilah omega-3.

Tidak hanya bermanfaat untuk kesehatan jantung, minyak hati ikan kod juga disebut-sebut dapat membantu meningkatkan kesuksesan program hamil.

Oleh karena itu, wanita yang sedang berencana hamil dalam waktu dekat dianjurkan untuk mengonsumsi minyak hati ikan kod secara rutin dan teratur.

Manfaat Minyak Hati Ikan Kod untuk Program Kehamilan

Berikut ini beberapa manfaat minyak hati ikan kod untuk promil, dilansir dari Motherly.

1. Meningkatkan Kesuburan

Minyak hati ikan kod mengandung asam lemak omega-3 (DHA dan EPA), yang mampu mengurangi peradangan di dalam tubuh. 

Senyawa tersebut juga disebut bisa menyeimbangkan hormon, meningkatkan aliran darah ke rahim, memaksimalkan gairah seksual, dan mengoptimalkan produksi lendir serviks.

Sederet manfaat minyak hati ikan kod tersebut dapat mempermudah terjadinya pembuahan dan meningkatkan potensi agar lebih cepat hamil.

2. Kandungan Merkuri dan Logam Berat yang Rendah

Ikan kod tergolong memiliki kadar merkuri yang rendah. Oleh karena itu, jenis ikan ini cenderung aman dikonsumsi oleh wanita yang sedang mempersiapkan kehamilan atau sedang hamil.

Agar lebih aman dan bermanfaat, pastikan untuk memilih produk dengan merk dagang yang mematuhi proses ekstraksi dan penyulingan. 

3. Kaya Vitamin A

Vitamin A dalam minyak hati ikan kod dapat membantu folikel untuk matang dengan baik. Senyawa tersebut juga mampu meningkatkan lendir serviks dan mengatur keseimbangan hormon di dalam tubuh, sehingga peluang hamil meningkat.

4. Sumber Vitamin D

Vitamin D yang ada di dalam minyak hati ikan kod dapat meningkatkan produksi progesterone dan estrogen. Kedua hormon ini dapat membantu menjaga keteraturan siklus haid. Pada gilirannya, hal tersebut turut meningkatkan peluang hamil.

5. Baik untuk Perkembangan Bayi

Saat masa kehamilan, asam lemak omega-3 dari minyak hati ikan kod dapat menunjang perkembangan otak, sistem saraf, mata, serta jantung bayi.

Konsumsi DHA dan EPA yang cukup sebelum dan selama hamil juga dapat mencegah komplikasi, seperti preeklampsia, kelahiran prematur, dan keguguran

Artikel Lainnya: Jenis Minyak Esensial yang Harus Dihindari Ibu Hamil

Tips Memilih Minyak Hati Ikan Kod yang Baik

Menurut dr. Arina Heidyana, konsumsi minyak hati ikan kod sangat baik untuk mempersiapkan kehamilan. Minyak ini pun dapat dikonsumsi oleh semua wanita dengan kondisi apa pun.

“Tidak masalah untuk mengonsumsi minyak hati ikan kod saat promil. Sebab, asupan tersebut baik untuk menunjang metabolisme tubuh,” kata dr. Arina.

Nah, agar Anda bisa mendapat khasiat minyak hati ikan kod untuk promil dengan lebih optimal, pastikan untuk memilih produk yang tepat. 

Pilihlah minyak hati ikan kod yang berasal dari hewan yang hidup di Arktik. Ikan kod Arktik cenderung memiliki kandungan DHA, vitamin A, dan vitamin D yang lebih tinggi dari daripada jenis lainnya. 

Selain itu, wilayah Arktik merupakan perairan yang bersih sehingga minim risiko kontaminasi merkuri atau senyawa berbahaya lainnya.

Saat membeli produk minyak hati ikan kod di supermarket, Anda mesti membaca label kemasan dengan saksama. Pastikan produk yang Anda pilih mengandung vitamin A tidak lebih dari 2500 IU, serta jumlahnya bervariasi atau sekitar 220–930 IU.

Terlepas dari itu, Fertility Clinic San Diego mengatakan bahwa konsumsi minyak hati ikan kod yang dianjurkan adalah sekitar 500–1000 miligram setiap harinya. 

Apabila terdapat kondisi medis tertentu, pastikan untuk berkonsultasi lebih lanjut kepada dokter guna mengetahui dosis yang lebih tepat.

Manfaat minyak hati ikan kod untuk promil bukanlah isapan jempol belaka. Jika Anda masih ragu, tak ada salahnya berkonsultasi kepada dokter melalui LiveChat 24 jam atau aplikasi Klikdokter.

(NB/JKT)

Minyak IkanKesuburanProgram Hamil

Konsultasi Dokter Terkait