Kehamilan

Amankah Mengonsumsi Biji Teratai saat Hamil?

Endah Murniaseh, 08 Nov 2021

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Biji teratai sering dijadikan sebagai obat alami. Lantas, amankah konsumsi biji teratai saat masa kehamilan? Simak jawaban dari dokter lewat fakta medis berikut ini!

Amankah Mengonsumsi Biji Teratai saat Hamil?

Terkenal dengan nama Makhana atau fox nut, biji teratai merupakan bagian dari tumbuhan yang dikenal memiliki nutrisi tinggi. Beberapa kandungan yang ada di dalamnya, seperti magnesium, zat besi, serta kalium.

Di samping itu, biji teratai atau lotus seeds juga memiliki kandungan kalori yang rendah. Hal ini membuatnya dianggap sebagai bahan alami yang bahkan bisa digunakan sebagai pengobatan alternatif.

Karena disebut memiliki banyak manfaat, ibu hamil mungkin juga akan tertarik untuk mengonsumsi biji teratai.

Lantas, apa kata medis terkait konsumsi lotus seeds untuk ibu hamil? Apakah tindakan ini aman dan bisa membawa manfaat, atau justru sebaliknya? Yuk, cari tahu.

Konsumsi Biji Teratai saat Hamil

Menurut dr. Devia Irine Putri, sejauh ini konsumsi biji teratai bagi ibu hamil masih tergolong aman.

Namun, jika ragu untuk mengonsumsinya, Anda dapat terlebih dahulu berkonsultasi kepada dokter kandungan. Hal ini bertujuan untuk memastikan keamanan konsumsi biji teratai kondisi masing-masing ibu hamil.

“Penelitian seputar biji teratai untuk ibu hamil masih tergolong sedikit. Oleh karena itu, meski tergolong aman, akan lebih baik jika dikonsultasikan terlebih dahulu kepada dokter sebelum mengonsumsinya,” saran dr. Devia.

Apabila dokter memberikan izin, ibu hamil dapat mengonsumsi biji teratai sebanyak 2 hingga 3 genggam dalam sehari. Pastikan untuk memperhatikan batasan tersebut, karena konsumsi biji teratai berlebihan dapat menyebabkan efek samping sebagai berikut:

  • Perut kembung dan sembelit (konstipasi).
  • Kadar gula sangat rendah (hipotensi)
  • Mengganggu fungsi tubuh secara keseluruhan, khususnya jika Anda alergi terhadap biji-bijian.

Potensi Manfaat Biji Teratai untuk Ibu Hamil

Beberapa manfaat yang konon bisa dirasakan ibu hamil yang mengonsumsi biji teratai dengan jumlah yang tepat, antara lain:

1. Tidur Lebih Nyenyak

Vitamin dan antioksidan di dalam biji teratai diduga dapat mengoptimalkan fungsi tubuh dan memungkinkan Anda untuk tidur lebih nyenyak.

Artikel Lainnya: Daftar Makanan Rendah Garam yang Baik untuk Ibu Hamil  

2. Menurunkan Risiko Diare

Diare dapat terjadi akibat kadar hormon yang tidak seimbang saat kehamilan. Kondisi ini konon bisa dicegah dengan mengonsumsi biji teratai.

Manfaat tersebut dihubungkan dengan kandungan alkaloid pada biji teratai, yang mampu bertindak sebagai antipasmodik usus sehingga dapat menurunkan risiko diare pada ibu hamil.

3. Membantu Mengatur Tekanan Darah

Biji teratai mengandung komponen pahit yang disebut isoquinoline. Isoquinoline akan menenangkan serta memperlebar pembuluh darah. Sehingga akan membantu Anda dalam mengontrol tekanan darah.

4. Melembabkan kulit

Biji teratai dikenal dengan manfaatnya untuk menghidrasi kulit dan menjaga kelembab kulit dari dalam.

Teh biji teratai dapat membantu Anda untuk melembapkan kulit, mengurangi pembentukan keratinosit abnormal, dan menghambat oksidasi protein.

5. Membantu Perkembangan Janin

Kaya akan protein, biji teratai disebut-disebut dapat menjadi asupan yang mampu mengoptimalkan perkembangan otak dan sistem saraf janin sejak masih di kandungan.

6. Mengatur Berat Badan

Konsumsi biji teratai diyakini bisa menciptakan sensasi kenyang yang lebih lama. Hal ini bisa membuat Anda dapat mengontrol makan, sehingga berat badan tak naik berlebihan selama kehamilan.

Konsumsi biji teratai untuk ibu hamil tergolong aman. Namun, tetap ada beberapa hal yang mesti diperhatikan agar Anda tak malah mengalami efek samping yang merugikan.

Apabila memiliki pertanyaan terkait konsumsi biji teratai untuk ibu hamil, Anda dapat berkonsultasi langsung dengan dokter dengan memanfaatkan fitur LiveChat 24 jam atau aplikasi Klikdokter.

(NB/JKT)

herbalKehamilan

Konsultasi Dokter Terkait