Pernapasan

Benarkah Gula Merah Bisa Mengatasi Asma?

Zahra Aminati, 29 Okt 2021

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Gula merah atau gula aren seringkali ditemukan di dalam masakan dan minuman. Gula merah ternyata memiliki khasiat untuk atasi asma. Bagaimana penjelasannya?

Benarkah Gula Merah Bisa Mengatasi Asma?

Asma merupakan penyakit disebabkan oleh peradangan di saluran pernapasan. Asma ditandai dengan gejala mengi, sesak napas, dan batuk. Umumnya peradangan asma dipicu oleh paparan iritan atau alergen (zat pemicu alergi).

Salah satu makanan yang disebut-sebut dapat mengatasi asma adalah gula merah. Gula merah merupakan pemanis terbuat dari nira pohon kelapa. 

Gula merah dianggap sebagai pemanis yang sehat karena proses pembuatannya tidak menambahkan terlalu banyak zat atau bahan kimia. Gula ini juga memiliki vitamin dan mineral yang baik untuk kesehatan tubuh.

Lantas karena alasan tersebut, benarkah gula merah bisa digunakan untuk mengatasi asma?

Benarkah Gula Merah Bisa Mengatasi Asma?

Menanggapi manfaat gula merah untuk mengatasi asma, dr. Muhammad Iqbal Ramadhan mengatakan, “Gula merah dan kaitannya mencegah asma karena adanya kandungan antihistamin atau antialergi di dalamnya. Akan tetapi perlu diingat, gula merah bukan untuk mengatasi asma, tapi mencegah asma.”

Selain itu, gula merah merupakan pemanis dengan indeks glikemik yang rendah. 

Dengan indeks glikemik rendah, mengonsumsi gula merah tidak akan terlalu meningkatkan kadar gula dalam darah.

Mengonsumsi makanan dengan indeks glikemik rendah dapat menjaga berat badan tetap ideal. Ketika berat badan berada di angka ideal, kemungkinan munculnya peradangan di dalam tubuh, termasuk asma, bisa dicegah.

Dokter Iqbal mengatakan, “Jika memiliki riwayat asma, obatnya bukan gula merah. Anda bisa mengonsumsi obat yang diresepkan dokter.”

Diwartakan dari Healthline, berikut obat-obatan yang dapat dibeli di apotek untuk mengatasi asma: 

  • Racepinephrine (Asthmanefrin) adalah bronkodilator yang bekerja meningkatkan dengan mengendurkan otot-otot di saluran udara.
  • Adrenalin atau epinefrin adalah bronkodilator yang dapat membuka saluran udara agar penderita asma bisa bernapas lebih lega. 
  • Efedrin adalah bronkodilator yang tersedia dalam sediaan oral. Obat ini sering dikombinasikan dengan guaifenesin ekspektoran. 

Artikel Lainnya: Manfaat Teh, Benarkah Bisa Membantu Mengatasi Asma?

Rekomendasi Konsumsi Gula Merah Per Hari

Menurut Dietary Guidelines for America, batas konsumsi gula jenis apa pun tidak boleh melebihi 10 persen dari total kalori setiap harinya. 

Sementara itu dr Iqbal mengatakan, “Untuk takaran konsumsi gula merah per harinya, sama seperti konsumsi gula pada umumnya, yakni tidak boleh berlebihan. Anda bisa mengonsumsi gula merah sebanyak 1-2 sendok makan per hari.”

“Jangan konsumsi terlalu banyak karena gula merah mengandung karbohidrat. Jika dikonsumsi terlalu banyak, hal ini bisa menimbulkan risiko lain seperti diabetes, obesitas, dan penyakit lainnya,” tambahnya. 

Itu dia penjelasan mengenai manfaat gula merah untuk asma. Perlu diingat, bahwa gula merah hanya dapat membantu mencegah asma, bukan mengobati. 

Untuk tahu informasi kesehatan lainnya, Anda dapat membaca artikel di aplikasi Klikdokter. Anda juga bisa berkonsultasi langsung dengan dokter melalui fitur Live Chat

(OVI/JKT) 

gula merahObat AsmaAsma

Konsultasi Dokter Terkait