HomeInfo SehatKulitMenyingkap Manfaat Minyak Urang-Aring untuk Rambut
Kulit

Menyingkap Manfaat Minyak Urang-Aring untuk Rambut

Zahra Aminati, 02 Nov 2021

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Icon ShareBagikan
Icon Like

Minyak urang-aring sering digunakan sebagai produk perawatan rambut sejak dahulu. Lantas, apa saja manfaat minyak urang-aring untuk rambut? Cek fakta di sini!

Menyingkap Manfaat Minyak Urang-Aring untuk Rambut

Minyak urang-aring sudah dimanfaatkan sejak dahulu kala sebagai skincare untuk rambut. Pasalnya, minyak tersebut dipercaya dapat memperkuat dan meningkatkan laju rambut, serta mencegah uban maupun ketombe. 

Hal tersebut ternyata bukan isapan jempol belaka. Menurut dr. Arina Heidyana, minyak urang-aring kaya akan antioksidan, seperti vitamin E. 

Oleh karena itu, jika digunakan dengan cara yang tepat, minyak urang-aring diduga dapat memberikan manfaat bagi kesehatan rambut Anda.

Berikut ini beberapa manfaat minyak urang-aring untuk rambut:

1. Mendukung Pertumbuhan Rambut

Sebuah studi tahun 2008 yang dilakukan pada tikus albino jantan menemukan bahwa penggunaan minyak urang-aring dapat meningkatkan jumlah folikel rambut.

Selain itu, kandungan vitamin E yang ada di dalam minyak urang-aring juga diyakini dapat mengurangi stres oksidatif. Dengan demikian, kulit kepala dan rambut bisa lebih terjaga kesehatannya.

2. Mengurangi Ketombe pada Rambut

Melansir dari Express UK, dalam minyak urang-aring terdapat ekstrak Eclipta alba yang terbukti efektif melawan bakteri dan jamur. Hal tersebut membuatnya mampu mengurangi ketombe di kulit kepala. 

Minyak ini juga memiliki sifat antiradang, yang diduga dapat membantu mengurangi keluhan psoriasis atau iritasi kulit kepala jenis lainnya. 

3. Memperlambat Munculnya Uban 

Melansir Healthline, minyak urang-aring disebut-sebut dapat memperlambat atau bahkan mencegah proses rambut beruban. 

Namun, manfaat urang aring untuk rambut yang satu ini masih bersifat dugaan alias belum dapat dipastikan sepenuhnya.

Artikel Lainnya: Manfaat Baby Oil untuk Merawat Rambut

4. Membuat Rambut Lebih Berkilau

Kandungan vitamin E di dalam minyak urang-aring dapat mengembalikan kilau rambut yang hilang akibat kerusakan. 

Sayangnya, manfaat tersebut belum tentu dirasakan oleh setiap orang. Sebab, penelitian yang mengkaji manfaat vitamin E dari urang-aring untuk rambut berkilau masih belum dapat dijadikan sebagai acuan.

Meski manfaat minyak rambut urang-aring belum dapat dipastikan sepenuhnya, tak ada salahnya jika Anda ingin mencoba racikan alami tersebut.

Anda bisa mengoleskan minyak urang-aring ke kulit kepala secara langsung, dan mendiamkannya selama 1 jam agar meresap. 

Setelah itu, Anda bisa keramas menggunakan sampo yang tepat agar minyak-minyak yang tertinggal di kulit kepala bisa sepenuhnya hilang.

Jika Anda memiliki alergi terhadap bahan-bahan yang terkandung dalam minyak urang-aring, sebaiknya urungkan niat untuk memanfaatkan bahan alami tersebut. 

Bukannya mendatangkan manfaat, penggunaan minyak urang-aring pada orang alergi justru bisa membahayakan kesehatan.

Jika ingin lebih aman memanfaatkan minyak urang-aring untuk rambut, berkonsultasilah terlebih dahulu kepada dokter melalui LiveChat 24 jam atau aplikasi Klikdokter.

(NB/AYU)

kesehatan kulitKesehatan RambutSkincare

Konsultasi Dokter Terkait