HomeInfo SehatKulitBenarkah Pijat Bisa Menghilangkan Selulit?
Kulit

Benarkah Pijat Bisa Menghilangkan Selulit?

Zahra Aminati, 31 Okt 2021

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Icon ShareBagikan
Icon Like

Pijat disebut-sebut menjadi cara atau perawatan untuk menghilangkan selulit. Benarkah demikian? Simak jawaban dokter di sini.

Benarkah Pijat Bisa Menghilangkan Selulit?

Selulit sering dianggap sebagai hal yang mengganggu penampilan. Sebab selulit menyebabkan kulit berkerut dan jadi terlihat tidak mulus. Selulit kerap ditemui di bagian tubuh, seperti paha, lengan, perut, dan bokong

Banyak orang melakukan berbagai cara untuk menghilangkan selulit. Salah satu cara yang sering dilakukan untuk menghilangkan selulit adalah dengan pijat.  Benarkah pijat bisa hilangkan selulit?

Pijat Tidak Dapat Menghilangkan Selulit

Penyebab selulit belum diketahui secara pasti. Namun, selulit terjadi karena adanya timbunan lemak di bawah lapisan kulit. 

Menanggapi cara menghilangkan selulit dengan pijat, dr. Muhammad Iqbal Ramadhan mengatakan, “Teknik pemijatan tertentu atau pijatan yang rutin dilakukan dapat mengurangi selulit. Namun, untuk menghilangkan secara total, itu belum terbukti.”

Dokter Iqbal menambahkan, “Pijatan, akan mengurangi efek dari selulit yang terlihat.  Karena pijatan dapat memperbaiki drainase cairan getah bening dari limpa yang menyamarkan tekstur kulit tidak merata karena selulit tersebut.”

Artikel Lainnya: Apa Saja Penyebab Timbulnya Selulit?

Dilansir dari Allure, dr. Jeannette Graf, dokter kulit di Great Neck, New York, Amerika Serikat juga mengatakan hal senada. 

Menurutnya, pijat tidak bisa menghilangkan selulit. Pijat hanya bisa menyamarkan atau memudarkan selulit dengan tingkat keparahan yang ringan hingga sedang, 

“Semakin sering dipijat, semakin terlihat hasilnya (selulit memudar), dan semakin lama hasilnya bertahan," katanya.

Memudarkan Selulit dengan Bantuan Alat

Saat melakukan pijatan, Anda bisa menggunakan beberapa alat untuk menyamarkan selulit. 

Dilansir dari Greatist, ada beberapa alat yang dapat Anda gunakan untuk meningkatkan pijatan. Berikut alat-alatnya:

  • Foam roller atau rol busa dapat mendorong drainase limfatik di area kumpulan selulit.
  • Alat pijat genggam dapat meningkatkan pijatan tanpa memberikan tekanan berlebih di tangan. 

Endermologie atau pijat jaringan dalam juga dapat mengangkat dan meregangkan kulit di sekitar selulit biasanya terbentuk.

Melansir dari Skin Spirit, endermologie merupakan teknik noninvasif menggunakan stimulasi fisik (pijatan mekanis). 

Endermologie dapat mengencangkan kulit, meningkatkan sirkulasi darah, serta memudarkan tampilan selulit sementara waktu.

Artikel Lainnya: Cara Mencegah Selulit yang Ganggu Penampilan

Selulit Bisa Dihilangkan dengan Beberapa Cara

Diwartakan dari American Academy of Dermatology, ada beberapa cara untuk menghilangkan selulit.

Cara pertama adalah dengan melakukan perawatan laser. Perawatan ini dilakukan dengan memasukkan serat laser berukuran sangat kecil ke bawah kulit. Kemudian, energi dari laser akan bekerja memecah jaringan. 

Perawatan laser dapat menebalkan kulit dengan cara meningkatkan produksi kolagen. Penebalan di kulit ini nantinya dapat mengurangi munculnya selulit. 

Selain itu, menurunkan berat badan dengan mengatur pola makan sehat dan berolahraga juga dapat mengurangi tampilan selulit. 

Itu dia penjelasan mengenai pijat untuk mengatasi selulit. Anda bisa berkonsultasi dengan dokter spesialis kulit dan kecantikan untuk menghilangkan selulit. 

Dokter dapat memeriksa kondisi selulit dan merekomendasikan perawatan yang tepat. Cari tahu informasi kesehatan lainnya dengan membaca artikel di aplikasi Klikdokter. 

(OVI/AYU)

Perawatan KulitPijatSelulit

Konsultasi Dokter Terkait