Otot dan Sendi

Duduk Menyilangkan Kaki Sebabkan Varises, Benarkah?

Zahra Aminati, 01 Nov 2021

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Duduk menyilangkan kaki memang terlihat elegan. Namun, ada anggapan duduk seperti ini menyebabkan varises. Benarkah?

Duduk Menyilangkan Kaki Sebabkan Varises, Benarkah?

Duduk menyilangkan kaki, selain terlihat elegan, bagi sebagian orang juga merupakan posisi duduk paling nyaman. Namun, ada anggapan bahwa duduk dengan posisi ini tidak baik untuk kesehatan. 

Salah satunya dampak negatifnya adalah menyebabkan varises pada kaki. Apakah anggapan tersebut benar? Simak penjelasannya berikut ini.

Benarkah Duduk Menyilang Sebabkan Varises?

Melansir Healthline, varises adalah kondisi vena yang menonjol, memutar, dan terlihat seperti tali. Biasanya varises berwarna biru, tapi ada pula yang berwarna merah atau serupa warna daging. Siapa pun juga bisa memiliki varises, meskipun cenderung lebih sering terjadi pada wanita hamil dan lansia.

Mayo Clinic menyebutkan bahwa varises pada umumnya muncul di area kaki. Penyebabnya adalah berjalan kaki atau berdiri yang meningkatkan tekanan pada pembuluh darah di tubuh bagian bawah.

Artikel Lainnya: Penyebab dan Cara Mengatasi Varises di Usia Muda

Lantas, apakah duduk menyilangkan kaki juga bisa menjadi penyebab varises? Central Florida Vein & Vascular Center menyatakan bahwa tidak ada hubungan antara posisi duduk dengan munculnya varises. Sebuah artikel di Healthline, juga menyebut anggapan itu hanya mitos belaka, jadi tidak ada pembuktian ilmiahnya.

Hal itu didukung pula dengan pernyataan dr. Astrid Wulan Kusumoastuti bahwa, “Tidak benar duduk menyilangkan kaki menyebabkan varises.”

Varises di kaki terbentuk akibat adanya masalah dengan katup vena. Katup vena di kaki bekerja lebih keras, karena harus melawan gravitasi ketika memompa darah ke atas menuju jantung. 

Ketika katup ini melemah atau bermasalah, kemampuannya melawan gravitasi pun berkurang dan membuat darah turun kembali ke kaki. Kondisi ini disebut insufisiensi vena. Saat itulah vena mengalami varises akibat darah tertahan dan terkumpul. 

Insufisiensi vena sendiri tidak disebabkan oleh posisi duduk, melainkan cenderung karena durasi duduk yang terlalu lama. “Duduk atau berdiri terlalu lama, betul bisa meningkatkan risiko varises. Jadi, sebaiknya ubah posisi duduk setiap beberapa waktu,” tambah dr. Astrid.

Artikel Lainnya: Overdosis Olahraga Bisa Sebabkan Varises?

Mengurangi Risiko Varises saat Duduk

Telah dijelaskan di atas bahwa posisi duduk, termasuk duduk menyilangkan kaki, bukan penyebab utama varises. Yang pasti, Anda perlu menghindari insufisiensi vena saat duduk apabila ingin mengurangi risiko varises pada kaki. Hal tersebut khususnya bagi Anda yang harus duduk dalam waktu lama.  

Seperti yang telah disinggung dr. Astrid, sebaiknya Anda mengubah posisi duduk setiap beberapa waktu. Hal ini berguna untuk mengurangi tekanan pada pembuluh darah dan melancarkan sirkulasi darah. Dengan begitu, kemungkinan terjadinya insufisiensi vena menjadi lebih kecil.

Jadi, sekarang Anda sudah tahu kan fakta seputar hubungan antara menyilangkan kaki dengan varises? Jangan ragu berkonsultasi kepada dokter jika varises sudah di tahap mengganggu aktivitas sehari-hari. 

Pertanyaan lebih lanjut mengenai varises atau informasi kesehatan lainnya bisa Anda tanyakan langsung lewat fitur LiveChat 24 jam di aplikasi KlikDokter.

(PUT/JKT)

Varises

Konsultasi Dokter Terkait