Mata

Iritasi saat Binge Watching, Bolehkah Pakai Obat Tetes Mata?

KlikDokter, 27 Okt 2021

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Bagi pecinta drama televisi, Anda pasti pernah sesekali melakukan binge watching. Meski menyenangkan, aktivitas ini bisa meningkatkan risiko iritasi mata, lho!

Iritasi saat Binge Watching, Bolehkah Pakai Obat Tetes Mata?

Pandemi virus corona masih belum kelihatan ujungnya. Hal ini membuat Anda mau tak mau harus betah di dalam rumah, guna menurunkan risiko terpapar COVID-19.

Untungnya, meski harus terus berada di rumah, Anda bisa ‘membunuh’ rasa bosan dengan menyaksikan drama kesayangan.

Bahkan, sesekali, Anda pun rela melakukan binge watching agar tidak penasaran dengan cerita yang sedang disaksikan.

Meski terasa menyenangkan, Anda tetap harus berhati-hati saat binge watching. Pasalnya, aktivitas tersebut bisa meningkatkan risiko iritasi mata, khususnya jika dilakukan terlalu sering.

Binge Watching Film dan Seri Bikin Mata Iritasi

Binge watching mengharuskan Anda menatap layar secara terus-menerus. Hal tersebut dapat membuat indra penglihatan Anda tegang dan kelelahan, sehingga fungsinya mengalami gangguan.

Artikel Lainnya: Kenali Penyebab Mata Merah dan Cara Mengatasinya

Dalam medis, gangguan mata akibat terlalu lama menatap layar dikenal dengan istilah computer vision syndrome. Beberapa hal yang dapat meningkatkan risiko kondisi tersebut, antara lain:

  • Mata yang terus bergerak dari satu titik ke yang lain dalam jangka waktu lama atau secara berulang.
  • Mata dipaksa untuk fokus melihat huruf atau angka di layar, yang mungkin tampilannya tidak terlalu tajam.
  • Terpapar kilau cahaya berlebih dan berulang berasal dari layar.
  • Frekuensi berkedip yang berkurang lantaran terlalu fokus melihat layar.

Saat mengalami computer vision syndrome, Anda bisa mengalami gejala mata kering, gatal, berair, dan terasa panas; serta penglihatan kabur atau ganda.

Atasi Iritasi Saat Binge Watching dengan Obat Tetes Mata

Agar kesehatan indra penglihatan tidak terganggu akibat binge watching, berikut ini beberapa tips yang bisa Anda terapkan:

  • Istirahatkan mata selama 15 menit setiap 2 jam menatap layar, baik televisi, komputer, atau perangkat digital lainnya.
  • Lakukan teknik 20 20 20. Jadi, setiap 20 menit, Anda mesti melihat benda dengan jarak 20 kaki (6 meter), dengan durasi selama 20 detik.

Selain itu, Anda juga dapat menggunakan obat tetes mata untuk menjaga kelembapan indra penglihatan Anda. Obat tetes mata yang dapat Anda jadikan pilihan utama adalah VISIONblu.

Artikel Lainnya: 5 Penyebab Mata Merah yang Paling Sering

VISIONblu adalah obat tetes mata dengan Tetrahydrozoline Hydrochloride yang bersifat steril, aman, dan terbukti efektif untuk meredakan mata merah akibat iritasi ringan.

Berkat kemasannya yang unik, VISIONblu dapat menghasilkan volume tetesan yang konsisten dan sesuai kebutuhan.

Selalu sediakan VISIONblu di rumah, agar Anda bisa menggunakannya secara berkala untuk menunjang aktivitas binge watching.

Dengan ini, kesehatan mata Anda senantiasa terjaga sehingga tak akan kelewatan sedikit pun adegan dalam drama atau seri kesayangan.

Ingin tahu lebih lanjut mengenai fakta kesehatan lainnya? Anda bisa memanfaatkan layanan LiveChat 24 jam atau aplikasi Klikdokter untuk berkonsultasi langsung dengan tenaga kesehatan profesional dan terpercaya.

(NB/AYU)

AdvertorialMatapenglihatan

Konsultasi Dokter Terkait