Kulit

Mengoleskan Petroleum Jelly Setiap Malam Cegah Keriput?

Zahra Aminati, 29 Okt 2021

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Petroleum jelly merupakan minyak semi padat yang dipercaya bisa cegah keriput pada wajah. Benarkah begitu? Cek penjelasannya berikut ini.

Mengoleskan Petroleum Jelly Setiap Malam Cegah Keriput?

Petroleum jelly merupakan campuran minyak mineral dan lilin yang kemudian membentuk jeli semi padat. Bahan utama pembuatannya adalah minyak bumi. 

Salep ini biasa digunakan sebagai pelembab untuk merawat luka. Petroleum jelly disebut mampu melindungi kulit yang terluka dari air. Hal itu menyebabkan luka tidak basah dan penyembuhannya akan lebih cepat. 

Selain sebagai salep luka, petroleum jelly juga mampu mempertahankan kelembaban kulit. Penggunaannya pun tergolong aman bagi semua jenis kulit. 

Namun, apakah petroleum jelly juga bisa mencegah keriput pada wajah jika dioleskan setiap malam?

Petroleum Jelly sebagai Pencegah Keriput

Melansir Healthline, petroleum jelly bekerja sebagai oklusif (pelembab berbasis minyak dan lilin) yang mengunci kelembaban pada kulit. Fungsinya bukan menambah kelembapan, melainkan mencegahnya hilang dari kulit.  

Berkat manfaatnya menjaga kelembapan kulit, produk ini pun dipercaya bisa mencegah keriput pada wajah. 

Mengenai anggapan tersebut, dr. Devia Irine Putri mengatakan, “Hal ini dipercaya, karena kandungan pada petroleum jelly membantu meningkatkan aktivitas peptides di kulit. Tidak menghilangkan kerutan, namun bisa mencegah terjadinya kerutan lebih lanjut.”

Mengutip Healthline, peptida atau disebut pula polipeptida, adalah asam amino penyusun protein tertentu yang dibutuhkan oleh kulit. Salah satunya adalah kolagen yang terbentuk dari tiga rantai polipeptida. 

Jadi, meningkatkan aktivitas peptida mampu merangsang kulit dalam menghasilkan kolagen. Lebih banyak kolagen berarti kulit bisa lebih kencang dan tampak lebih muda. 

Mengoleskan petroleum jelly setiap malam dinilai pula lebih efektif dalam mencegah keriput pada wajah. Namun, belum ada bukti ilmiah valid yang mengonfirmasi hal itu. 

Meski begitu, dilansir dari Healthline, seorang dermatologist ternama memang menyarankan petroleum jelly sebaiknya digunakan pada malam hari sebelum tidur. Secara teori, penguncian kelembapan kulit akan lebih efektif ketika kita sedang tidur.

Artikel Lainnya: Kebiasaan Buruk Penyebab Kulit Wajah Cepat Keriput

Penggunaan Petroleum Jelly yang Aman

Petroleum jelly pada umumnya aman digunakan oleh semua jenis kulit, baik kering maupun berminyak. Meski begitu, ada beberapa kondisi kulit yang sebaiknya tidak terpapar produk ini. 

Salah satunya adalah kulit yang sedang berjerawat atau mudah berjerawat. Menurut American Academy of Dermatologists, petroleum jelly justru dapat memicu munculnya jerawat

Healthline pun menyarankan agar mengoleskannya pada kulit yang benar-benar bersih untuk menghindari munculnya jerawat. Kondisi kulit lainnya yang harus menghindari penggunaan petroleum jelly adalah kulit dengan luka bakar. 

Petroleum jelly memang bisa membantu penyembuhan luka bakar ringan pada kulit. Tapi, sebaiknya tidak dioleskan pada kulit yang baru saja terbakar. Produk ini berbasis minyak, sehingga dapat menyegel panas dan memperburuk gejala lebih lanjut pada kulit Anda.

Oleskan petroleum jelly setelah luka bakar didiamkan selama beberapa jam. Atau, ketika luka bakar tersebut sudah terlihat mengering.  

Penggunaan petroleum jelly pada area dekat hidung juga sebaiknya dihindari. Bila perlu, konsultasikan penggunaan petroleum jelly kepada dokter terlebih dahulu. Menghirup minyak mineral yang merupakan bahan petroleum jelly dapat menyebabkan pneumonia aspira

Demikian penjelasan mengenai manfaat petroleum jelly untuk mencegah keriput pada wajah. Lebih jauh mengenai masalah kulit bisa Anda tanyakan kepada dokter yang berkompeten lewat fitur LiveChat 24 jam di aplikasi KlikDokter.

(PUT/JKT)

Petroleum Jellykeriput

Konsultasi Dokter Terkait