Pernapasan

Manfaat Minuman Asal Korea Baesuk untuk Meredakan Flu

Zahra Aminati, 29 Okt 2021

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Minuman Baesuk biasa dikonsumsi warga Korea untuk mengatasi flu. Apakah benar efektif dari sudut pandang medis?

Manfaat Minuman Asal Korea Baesuk untuk Meredakan Flu

Secara harfiah, baesuk dalam bahasa Korea berarti “pir yang dimasak”. Minuman baesuk sendiri terbuat dari air rebusan jahe dan potongan buah pir yang sudah dikupas dan ditempeli biji lada, kemudian diberi tambahan madu.

Karena terbuat dari campuran jahe dan madu, minuman ini sering dikonsumsi untuk meredakan flu. Konsumsinya juga dinilai aman, karena rendah gula. Lalu, apakah baesuk benar efektif mengatasi flu jika dilihat dari sudut pandang medis? 

Manfaat Baesuk dalam Meredakan Flu

Menurut dr. Sara Elise Wijono, flu disebabkan oleh infeksi virus. Tanpa diobati pun, infeksi virus tersebut dapat sembuh sendiri, rata-rata dalam 7-10 hari. Namun, flu bisa pula diredakan dengan cara mengkonsumsi makanan atau minuman tertentu. 

“Minuman baesuk terbuat dari jahe yang memang sering digunakan untuk keluhan flu. Menurut studi, jahe memiliki sifat anti radang,” jelas Dokter Sara.

Artikel Lainnya: Pakai Baju Basah dan Kedinginan Sebabkan Flu, Benarkah?

Sebuah studi laboratorium tahun 2013, yang dilansir Medical News Today, menunjukkan bahwa jahe segar memiliki efek antivirus dalam permodelan sistem pernapasan yang digunakan dalam penelitian. 

Baesuk juga menggunakan pir sebagai bahan baku. Buah ini punya khasiat untuk meredakan flu. 

“Kalau manfaat dari buah pir pada minuman tersebut, sepertinya karena kandungan vitamin di dalamnya. Khususnya vitamin C yang memang baik untuk imunitas,” imbuh dokter Sara. 

Pir pun mengandung tembaga yang merupakan salah satu nutrisi penting untuk mendukung sistem kekebalan tubuh. Di samping itu, tembaga juga dapat membantu tubuh membentuk sel darah dan menyerap zat besi.

Tak cuma vitamin C dan tembaga, madu yang terdapat pada baesuk pun berperan penting dalam meredakan flu. Madu mengandung vitamin dan mineral yang bermanfaat meningkatkan daya tahan tubuh. 

Artikel Lainnya: Kenali Flu Singapura dan Cara Pencegahannya

Cara Membuat Baesuk

Anda bisa membuat minuman baesuk sendiri dengan cara berikut ini:

  • Kupas buah pir dan potong-potong menjadi ukuran yang mudah dikonsumsi
  • Tiap potong, buat 2-3 lubang dengan tusuk gigi. Lalu, masukkan biji lada ke masing-masing lubang.
  • Rebus potongan buah pir yang sudah disiapkan tadi bersama air jahe yang telah diberi madu sebanyak 1 sdm.
  • Masak dengan api kecil sampai buah pir lunak, lalu sajikan selagi hangat.

Berdasarkan penjelasan di atas, baesuk bisa menjadi salah satu alternatif minuman untuk meredakan flu. Pastikan saja Anda tidak mengonsumsinya secara berlebihan. Jangan lupa berkonsultasi kepada dokter terlebih dulu bila diperlukan. 

Ingin mencari informasi lebih lanjut seputar minuman herbal yang punya khasiat bagi kesehatan? Anda bisa beronsuoltasi langsung dengan dokter melalui fitur LiveChat 24 jam di aplikasi KlikDokter.

(PUT/JKT)

Influenza

Konsultasi Dokter Terkait