Tulang

Mengenal Jenis Alat Bantu Jalan Cane dan Crutch

Aditya Prasanda, 29 Okt 2021

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Cane dan crutch adalah jenis alat bantu jalan yang sering digunakan. Apa saja keunggulan dari masing-masing alat tersebut? Berikut ini fakta selengkapnya untuk Anda!

Mengenal Jenis Alat Bantu Jalan Cane dan Crutch

Alat bantu jalan digunakan untuk membantu aktivitas individu dengan anggota tubuh yang mengalami cedera atau kondisi medis lainnya. Perangkat ini dapat mendukung kualitas hidup penggunanya. 

Meski begitu, pemakaian alat bantu jalan dapat menimbulkan risiko cedera tambahan, terutama jika memilih jenis yang tidak tepat. Oleh karena itu, penting untuk memahami macam alat bantu jalan. 

Secara umum, terdapat tiga jenis alat bantu jalan. Dua di antaranya adalah cane dan crutch. Kedua alat bantu jalan ini masih bisa digunakan oleh pasien usia muda dan dewasa.

1. Cane

Cane atau tongkat berfungsi untuk meningkatkan keseimbangan. Alat bantu jalan jenis ini bisa membantu gerak jalan individu yang memiliki anggota gerak bawah dengan kondisi nyeri maupun lemah. 

Artikel Lainnya: Mengenal Gips yang Sering Digunakan Untuk Patah Tulang

Cane dapat pula bermanfaat untuk orang dengan kondisi gangguan penglihatan. Keunggulan cane adalah ukurannya yang lebih kecil dibandingkan jenis alat bantu jalan lainnya. 

Oleh karena itu, alat bantu jalan jenis ini dapat digunakan untuk menyusuri tempat yang sempit. 

Berikut ini macam-macam alat bantu jalan jenis cane:

  • Standard Cane

Standard cane dibanderol dengan harga yang murah. Alat bantu jalan ini juga memiliki bobot yang cukup ringan, karena dibuat menggunakan bahan aluminium atau kayu.  

Meski begitu, standard cane memiliki beberapa kekurangan. Pertama, jenis tongkat ini kurang optimal mengurangi beban. 

Kemudian, penggunaan standard cane juga dapat meningkatkan risiko cedera pergelangan tangan, radang sendi, serta gangguan koordinasi dan keseimbangan ringan.  

  • Offset Cane

Offset cane merupakan tongkat yang memiliki pegangan berbentuk lengkungan. Pegangan ini bermanfaat mengurangi beban tubuh ketika bertumpu pada tongkat.

Offset cane cocok digunakan orang yang memiliki kelemahan di ekstremitas tubuh bagian atas. 

Kekurangannya, penggunaan alat bantu jalan ini sering tidak tepat sehingga dapat memicu radang sendi dengan gejala ringan.

Artikel Lainnya: Mengenal Fungsi dan Cara Kerja Alat Pacu Jantung

  • Quadripod Cane

Quadripod cane merupakan tongkat dengan kaki bercabang empat, yang membuat penggunanya dapat berdiri lebih kuat dan stabil. 

Selain itu, bentuk kaki pada alat bantu jalan ini juga bisa mengurangi banyak beban ketika tubuh bertumpu. 

Kendati demikian, alat bantu jalan ini punya bobot yang cukup berat dibandingkan jenis lainnya. Oleh karena itu, quadripod cane umumnya hanya digunakan sementara.

Selain itu, penggunaan quadripod cane juga dapat meningkatkan risiko kelumpuhan anggota gerak di satu sisi tubuh.

2. Crutch

Jenis alat bantu jalan selanjutnya adalah crutch. Perangkat ini bermanfaat mengurangi beban anggota gerak yang mengalami gangguan. Jenis alat bantu jalan ini juga membantu keseimbangan penggunanya.

Meski begitu, saat memakai crutch, penggunanya membutuhkan energi yang lebih besar. 

Penggunaan alat ini juga membutuhkan kekuatan tangan serta bahu, sehingga tidak cocok digunakan untuk pasien lanjut usia. Berikut beberapa jenis alat bantu jalan crutch:    

  • Axillary Crutch

Axillary crutch merupakan jenis yang paling murah. Sayangnya, menurut dr. Dyah Novita Anggraini, alat bantu jalan ini kurang praktis untuk dibawa.

“Ukuran axillary crutch cukup besar. Selain itu, ketinggiannya juga tidak bisa diatur,” tutur dr. Dyah Novita.

Artikel Lainnya: Mengenal Cara Kerja dan Fungsi Doppler dalam Medis

Hal tersebut menyebabkan jangkauan tangan pengguna axillary crutch menjadi terbatas. 

Selain itu, jika digunakan secara tidak tepat, alat bantu jalan ini juga dapat menekan dan mengganggu saraf-saraf di bagian ketiak.

  • Forearm Crutch

Forearm crutch dinilai lebih nyaman dan leluasa digunakan untuk beraktivitas, bahkan untuk menaiki dan menuruni tangga. 

Meski begitu, untuk dapat memakai forearm crutch dengan optimal, penggunanya harus memiliki punggung seimbang dan anggota gerak atas yang kuat.

Demikian sederet fakta mengenai jenis alat bantu jalan cane dan crutch. Keduanya masih bisa digunakan pasien usia muda dan dewasa, tergantung jenis gangguan gerak maupun kondisi medis yang dialami.

Jika Anda ingin tahu lebih lanjut mengenai alat bantu jalan, tak perlu sungkan untuk berkonsultasi kepada dokter melalui LiveChat 24 jam atau aplikasi Klikdokter.

(NB/AYU)

Kesehatan Tulangtulang

Konsultasi Dokter Terkait