HomeGaya hidupDiet dan NutrisiMengungkap Manfaat Tanaman Tapak Dara untuk Kesehatan
Diet dan Nutrisi

Mengungkap Manfaat Tanaman Tapak Dara untuk Kesehatan

Zahra Aminati, 28 Okt 2021

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Icon ShareBagikan
Icon Like

Selain sebagai tanaman hias, tapak dara juga sering dimanfaatkan sebagai bahan alami untuk obat. Lantas, apa manfaat tapak dara untuk kesehatan? Cek faktanya di sini!

Mengungkap Manfaat Tanaman Tapak Dara untuk Kesehatan

Bagi yang sering mengoleksi tanaman hias, Anda mungkin sudah tidak asing dengan tanaman tapak dara.

Tanaman yang juga dikenal dengan nama Madagascar Periwinkle ini memiliki bunga serupa bentuk bintang, dengan daun yang mengilap.

Selain dimanfaatkan untuk memanjakan mata dengan bentuknya, tapak dara juga sering diolah menjadi obat-obatan alami untuk berbagai jenis penyakit.

Lantas, apa saja manfaat yang diduga bisa diberikan dengan mengonsumsi racikan tapak dara? Yuk, cari tahu!

Berikut ini beberapa manfaat yang disebut-sebut bisa diberikan oleh tapak dara apabila diolah dengan cara yang tepat:

1. Menurunkan Kadar Gula Darah

Penelitian yang dimuat dalam International European Extended Enablement in Science, Engineering and Management (IEEE SEM) menyebut bahwa tapak dara memiliki 3 senyawa kimia, yaitu vindoline, venolicine, dan vindolidine.

Ketiga senyawa tersebut ditemukan ampuh untuk menurunkan kadar gula darah pada tikus yang mengalami diabetes tipe-2.

2. Mengobati Kanker

Melansir WebMD, Food and Drugs Administration (FDA) mengungkapkan bahwa senyawa vinblastine dan vincristine yang ada di dalam tapak dara bisa digunakan sebagai pengobatan kanker.

Namun, lembaga tersebut menekankan bahwa pengobatan kanker menggunakan tapak dara hanya bisa dilakukan dengan pengawasan ketat dari ahli kesehatan. Hal ini karena senyawa tersebut bisa menimbulkan efek samping yang cukup serius.

3. Meningkatkan Daya Ingat

Melansir dari Health Benefit Times, daun maupun biji tapak dara mengandung vincamine serta alkaloid yang berkaitan dengan peningkatan memori dan fungsi kognitif.

Tapak dara juga dapat disebut dapat meningkatkan sirkulasi darah dan metabolisme otak.

4. Mengatasi Batuk

“Terdapat penelitian yang mengatakan bahwa daun tapak dara bisa mengobati batuk dan pilek,” kata dr. Muhammad Iqbal Ramadhan.

“Hal tersebut diduga berkaitan dengan kemampuan tapak dara untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh,” sambungnya.

Sayangnya, lanjut dr. Iqbal, temuan dari penelitian tersebut masih menuai banyak perdebatan sehingga belum dapat dijadikan sebagai acuan.

5. Mengatasi Mag

Menurut penelitian dengan subjek hewan yang tercatat di ResearchGate tahun 2017, tanaman tapak dara bisa mengobati mag berkat kandungan alkaloid, vincamine, dan vindoline yang ada di dalamnya.

Artikel Lainnya: Manfaat Tanaman Porang, Makanan Sehat Masa Depan

Tidak disangka-sangka, ternyata manfaat tanaman tapak dara sangatlah beragam. Sayangnya, sebagian besar manfaat tersebut masih bersifat dugaan alias belum dapat dipastikan.

Pasalnya, sebagian besar studi yang meneliti manfaat tapak dara untuk kesehatan masih terbatas pada hewan. Artinya, khasiatnya untuk manusia belum diketahui dengan pasti hingga saat ini.

“Atas dasar itu, lebih baik konsultasikan terlebih dahulu kepada dokter sebelum memanfaatkan tanaman tapak dara. Sebab, penggunaan yang tidak tepat bisa saja memicu efek samping yang berbahaya,” pungkas dr. M. Iqbal.

Punya pertanyaan terkait manfaat daun tapak dara? Ingin tahu lebih lanjut mengenai khasiat herbal lain dalam mengobati penyakit?

Anda bisa melakukan konsultasi kepada dokter melalui LiveChat 24 jam atau aplikasi Klikdokter.

(NB/AYU)

herbal

Konsultasi Dokter Terkait