Sukses

Tips Mengatur Diet untuk Penderita Kanker Pankreas

Makan dengan porsi sedikit merupakan salah satu diet yang tepat untuk penderita kanker pankreas. Simak tips diet lainnya lewat ulasan ini.

Menerapkan pola makan yang sehat adalah salah satu hal yang harus dilakukan penderita kanker. 

Hal ini untuk tetap menjaga keseimbangan tubuh dan kualitas hidup penderita. Mereka juga biasanya akan diminta untuk melakukan diet sesuai dengan jenis kanker yang diderita. 

Bagi penderita kanker pankreas, melakukan diet dianjurkan terutama setelah menjalani operasi. Ini karena operasi akan berpengaruh pada kebiasaan makan penderita. 

Meskipun akan menjadi tantangan tersendiri, mengatur diet akan memberikan dampak yang positif bagi penderita kanker pankreas.

Cek beberapa tipsnya berikut ini demi kelancaran diet.

1. Makan Dengan Porsi Sedikit

Pengobatan untuk kanker pankreas dengan kondisi Pancreatic Neuroendocrine Tumor (PNET) dapat meningkatkan risiko malabsorbsi. 

Artikel Lainnya: Pantangan Makanan bagi Penderita Kanker Pankreas

Melansir Everyday Health, penderita PNET tidak perlu makan dalam porsi yang normal, apalagi besar. Dianjurkan untuk mengkonsumsi makanan dengan porsi kecil dan diikuti dengan konsumsi camilan. 

Salah satu contoh menunya adalah sebutir telur rebus, smoothie buah, dan setengah buah alpukat. Ketiga makanan tersebut sudah cukup memberikan kalori serta nutrisi bagi

1 dari 3 halaman

2. Minum Enzim yang Baik Untuk Pencernaan

Pankreas adalah organ penghasil enzim yang dibutuhkan dalam proses pencernaan. Saat organ ini diangkat sebagian maupun seluruhnya, Anda harus memenuhi kebutuhan enzim dalam tubuh. 

Bisa diperoleh lewat konsumsi enzim pencernaan yang biasanya diresepkan dokter dengan dosis sesuai kebutuhan. Konsumsi enzim pencernaan dilakukan sebelum makan.

3. Hindari Makanan Penyebab Diare

PNET dapat menyebabkan tumor karsinoid yang menyebabkan sindrom karsinoid. Sindrom karsinoid pada beberapa orang akan memunculkan gejala, salah satunya diare. 

Beberapa makanan penyebab diare yang harus dihindari penderita kanker pankreas, di antaranya adalah keju tua, makanan fermentasi, dan ikan asap.

4. Konsumsi Makanan kaya Protein

Protein sangat baik bagi penderita kanker terutama untuk membangun massa otot. Ketika menjalani diet, penderita bisa mengkonsumsi protein tanpa lemak, seperti ayam, ikan, kalkun, dan telur. 

Produk olahan susu juga merupakan sumber protein yang baik, di antaranya yogurt dan keju.

Protein nabati dapat menjadi pilihan alternatif jika memungkinkan untuk mengkonsumsi protein hewani. Protein nabati terdapat pada kacang-kacangan serta olahannya.

Artikel Lainnya: Operasi Whipple untuk Mengatasi Kanker Pankreas

2 dari 3 halaman

5. Penuhi Kebutuhan Cairan

Setelah penderita kanker pankreas menjalani operasi, diare biasanya sering terjadi. Kondisi ini pun menyebabkan kurangnya cairan pada tubuh. Kebutuhannya bisa dipenuhi dengan minum air mineral atau minuman elektrolit. 

Namun, dr. Arina Heidyana mengungkapkan bahwa konsumsi minuman elektrolit harus tetap dibatasi. 

Minuman elektrolit yang dipilih juga sebaiknya tidak mengandung banyak pemanis atau pewarna buatan. Ia menyarankan, “Kalau ingin lebih aman, pilih air mineral saja. Yang penting diminum sesuai kebutuhan cairan.”

Itulah tips untuk penderita kanker pankreas yang akan atau sedang menjalani diet. Konsultasi ke dokter tetap dianjurkan untuk menentukan pola diet yang paling tepat sesuai dengan kondisi tubuh.

Jika Anda memiliki pertanyaan perihal kanker pankreas ataupun pola hidup penderita kanker, bisa memanfaatkan fitur LiveChat 24 jam di aplikasi Klikdokter.

(PUT/AYU)

0 Komentar

Belum ada komentar