Pencernaan

Inilah Rekomendasi Roti yang Aman untuk Asam Lambung

Aditya Prasanda, 27 Okt 2021

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Tidak semua roti bikin gangguan asam lambung memburuk. Roti gandum adalah salah satu yang aman untuk dikonsumsi. Ketahui alasannya lewat fakta berikut!

Inilah Rekomendasi Roti yang Aman untuk Asam Lambung

Penyakit asam lambung merupakan masalah kesehatan yang terjadi karena asam dari lambung atau empedu mengiritasi lapisan dalam saluran pencernaan.

Kondisi tersebut dapat diperparah jika Anda mengonsumsi jenis makanan tertentu, seperti roti yang mengandung ragi.

Pasalnya, ragi dalam roti memicu proses fermentasi dalam tubuh sehingga meningkatkan asam dalam lambung.

Meski begitu, tidak semua jenis roti dapat menyebabkan perburukan gejala asam lambung.

Berdasarkan Medical News Today, pengidap penyakit ini aman mengonsumsi roti yang mengandung biji-bijian dan kaya serat. Dengan kata lain, roti yang aman untuk asam lambung adalah roti gandum.

Mengapa Roti Gandum Baik untuk Asam Lambung?

Sebuah riset yang diterbitkan pada 2018 mengungkapkan semakin tinggi serat dalam roti gandum yang dikonsumsi pengidap asam lambung. Semakin minim pula gejala penyakit yang dialami.

Perlu dicatat bahwa jenis roti gandum yang dimaksud dalam penelitian tersebut adalah roti gandum utuh yang masih ‘segar’.

“Roti gandum utuh tidak tidak mencetuskan peningkatan asam lambung berlebihan,” kata dr. Reza Fahlevi, Sp. A.

Selain mengandung serat, American Heart Association (AHA) memaparkan bahwa roti gandum utuh mengandung sejumlah nutrisi yang menyehatkan, seperti beberapa jenis vitamin B, magnesium, selenium, dan zat besi.

Roti yang aman dikonsumsi untuk asam lambung ini juga mengandung lemak tidak jenuh sehingga dapat membantu meningkatkan kesehatan pembuluh darah.

Beberapa penelitian menemukan asupan gandum utuh dapat menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL) dan meningkatkan kontrol gula darah.

Tips Memilih Roti Gandum Utuh yang Tepat

Jika hendak mengonsumsi roti gandum utuh, pengidap asam lambung harus cermat memeriksa label kemasan produk. Pilihlah kemasan dengan label “roti gandum utuh 100 persen”.

Perlu dicatat pula, roti dengan label kemasan seven grain atau multigrain belum tentu mengandung 100 persen gandum utuh.

Selain itu, roti gandum utuh juga tidak dapat dinilai berdasarkan penampilan warnanya. Pasalnya, Academy of Nutrition and Dietetics menjelaskan bahwa roti yang berwarna cokelat maupun gelap tidak selalu mengandung gandum 100 persen.

Warna gelap tersebut bisa saja muncul karena bahan makanan, seperti molase.

Solusi Jika Makan Roti Gandum Utuh dan Asam Lambung Tetap Naik

 

Masih menukil Medical News Today, jika mengonsumsi roti gandum utuh tidak meredakan gejala gangguan asam lambung, Anda disarankan untuk segera menghindarinya.

Sebab, asam lambung dapat terjadi karena tubuh mengonsumsi terlalu banyak karbohidrat. Kondisi tersebut pun dapat dipicu karena pengidap asam lambung memiliki intoleransi gluten.

Artikel Lainnya: Alasan Burger Dianggap Tak Sehat Meski Ada Sayur, Roti, dan Daging

Gluten merupakan jenis protein yang terkandung dalam biji-bijian. Senyawa tersebut umumnya ditemukan dalam olahan makanan berkarbohidrat, seperti gandum, jelai, roti, serealia, dan pasta.

Satu hal lagi yang perlu diperhatikan, yaitu roti gandum utuh bukanlah satu-satunya makanan yang direkomendasikan untuk pengidap asam lambung.

Jika tidak dapat mengonsumsi roti yang cocok untuk asam lambung tersebut, Anda tak perlu berkecil hati.

International Foundation for Functional Gastrointestinal Disorders (IFFGD) menganjurkan pengidap asam lambung untuk mengonsumsi sejumlah makanan yang dapat mengurangi perburukan gejala.

Makanan tersebut, misalnya buah yang tidak terlalu asam. Beberapa buah yang dimaksud, seperti pisang, melon, apel, dan pir.

Penderita asam lambung juga bisa mengonsumsi makanan mengandung karbohidrat kompleks yang cenderung lebih aman, seperti oatmeal, beras merah, dan barley.

Punya pertanyaan mengenai roti yang cocok untuk asam lambung? Ingin tahu soal fakta kesehatan lain?

Anda bisa melakukan konsultasi langsung kepada dokter melalui Tanya Dokter atau aplikasi Klikdokter.

(NB/AYU)

pencernaanNutrisiAsam Lambung

Konsultasi Dokter Terkait