Kanker

Kiat Hidup Sehat untuk pengidap Kanker Darah

Endah Murniaseh, 22 Okt 2021

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Demi mendukung keberhasilan pengobatan, menerapkan pola hidup sehat adalah keharusan bagi para pengidap kanker darah. Berikut ini adalah beberapa kiatnya.

Kiat Hidup Sehat untuk pengidap Kanker Darah

Bagi pengidap kanker darah, pengobatan dan perawatan secara medis bukanlah jalan satu-satunya menuju kesembuhan. 

Menerapkan pola hidup sehat menjadi keharusan demi mendukung keberhasilan pengobatan tersebut. Apalagi, proses yang harus dijalani pengidap pun sangatlah berat. 

pengidap kanker darah diminta untuk menguatkan kondisi tubuh, menjaga imunitas tetap baik, serta memastikan kondisi emosional stabil. Semua ini tentu saja bisa diperoleh dengan menerapkan pola hidup sehat.

Berikut ini adalah kiat pola hidup sehat bagi para pengidap kanker darah. Bisa diterapkan oleh pengidap yang baru akan memulai maupun sedang menjalani proses pengobatan.

1. Berhenti Mengkonsumsi Alkohol dan Merokok

Mengkonsumsi alkohol dan merokok adalah musuh besar kanker, termasuk kanker darah. Orang sehat saja berisiko terserang kanker akibat melakukan dua kebiasaan tersebut, apalagi bagi pengidap. 

Jadi, apabila sebelumnya Anda sebagai pengidap kanker darah adalah perokok atau biasa mengkonsumsi alkohol, saatnya untuk berhenti. 

2. Mengurangi Risiko Infeksi

Pengobatan kanker bisa mengurangi kemampuan tubuh mengatasi infeksi. Risiko infeksi pun akan meningkat atau memperparah infeksi umum dan ringan seperti pilek

Pola hidup yang bisa diterapkan untuk mengatasi kondisi tersebut adalah selalu menjaga kebersihan tubuh dan lingkungan sekitar. 

Pastikan rajin cuci tangan, menghindari keramaian, serta tidak langsung menyentuh mata, mulut, dan hidung jika tangan belum bersih. Bisa pula konsultasi ke dokter untuk pemberian imunisasi flu dan pneumonia.

3. Berolahraga Secara Teratur

Olahraga tentu baik untuk kesehatan, termasuk bagi pasien kanker darah. Meskipun begitu, jenis olahraga apa yang cocok, wajib dikonsultasikan terlebih dahulu dengan dokter atau pelatih profesional.

Setelah selesai ditentukan, lakukan olahraga itu secara rutin sesuai kekuatan tubuh Anda. 

dr. Dyah Novita Anggraini memberikan rekomendasi olahraga yang bisa dilakukan pengidap kanker darah. 

“Pasien leukemia bisa melakukan olahraga jogging, renang, dan yoga. Olahraga yang memang tidak memicu adrenalin atau membuat pengidap terlalu kelelahan,” ungkapnya.

Dengan berolahraga, energi serta imun pengidap kanker darah akan meningkat. Selain itu, olahraga rutin juga bisa membuat pengidap kanker darah lebih bersemangat dan berpikir positif.

Artikel Lainnya: Gejala Multiple Myeloma yang Perlu Anda Tahu

4. Kelola Kelelahan

Kelelahan merupakan gejala kanker darah yang banyak dialami pengidapnya. Itulah sebabnya para pengidap kanker darah disarankan membatasi aktivitas atau didampingi orang lain untuk melakukan pekerjaan sehari-sehari. 

Jika perlu, buatlah jadwal setiap harinya, mulai dari waktu beraktivitas hingga waktu beristirahat.

5. Mencari Support System

Menjalani pengobatan kanker darah memang memicu perasaan cemas dan ketidakstabilan emosi lainnya. 

Kondisi ini bisa diatasi pengidap dengan cara mencari support system, misalnya dari keluarga, sahabat, atau orang-orang terdekat lainnya. 

Dukungan juga bisa diperoleh pengidap dari kelompok agama, sesama pengidap kanker, pekerja sosial, psikolog, atau psikiater. 

Pengidap kanker darah yang menerima dukungan dari orang lain cenderung mampu mempertahankan keseimbangan emosinya.

6. Memilih Tindakan yang Tepat

Pengidap kanker, termasuk kanker darah, biasanya bisa memilih tindakan pengobatan dan perawatan apa saja yang ingin mereka jalani. 

Misalnya, pada pengidap kanker darah stadium akhir, ia bisa memilih menjalani perawatan untuk meringankan komplikasi atau menghentikan pengobatan medis.

Ada beberapa hal yang biasanya menjadi bahan pertimbangan utama dalam memilih tindakan. 

Misalnya, lokasi perawatan (di rumah sakit atau di rumah), kondisi keuangan, arahan lanjutan seperti persyaratan hukum, serta perlindungan asuransi. 

Namun, apa pun pilihannya, tetap konsultasikan secara menyeluruh terlebih dahulu dengan dokter, keluarga, atau wali. 

Anda dapat melakukan konsultasi lebih jauh dengan dokter perihal pola hidup sehat bagi pengidap kanker darah melalui fitur LiveChat 24 jam di aplikasi Klikdokter.

(PUT/AYU)

LeukemiaKankerKanker Darah

Konsultasi Dokter Terkait