Kulit

Hati-Hati, Ini Penyebab Bercak Hitam di Bibir

Zahra Aminati, 22 Okt 2021

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Bercak hitam di bibir memang mengganggu penampilan. Tapi, sebenarnya apa penyebabnya? Apakah berbahaya? Temukan jawabannya di sini.

Hati-Hati, Ini Penyebab Bercak Hitam di Bibir

Membicarakan masalah pada bibir, biasanya kita lebih sering berhadapan dengan bibir kering, pecah-pecah, hingga sariawan. 

Namun, sebenarnya ada masalah lain yang termasuk umum dialami, yaitu bercak hitam di atas permukaan bibir. Apakah bercak hitam tersebut membahayakan kesehatan seseorang?

Untuk menemukan jawabannya, cari tahu dulu apa saja penyebab munculnya bercak hitam di bibir. Di antaranya:

1. Angiokeratoma of Fordyce

Melansir Healthline, penyebab umum bercak hitam di bibir adalah salah satu jenis Angiokeratoma, yaitu Angiokeratoma of Fordyce.

Angiokeratoma sendiri adalah kondisi ketika pembuluh darah kecil atau kapiler melebar di dekat permukaan kulit. 

Bentuk, warna, dan ukurannya bervariasi, tapi biasanya berwarna merah tua hingga hitam dengan bentuk menyerupai jerawat. Bercak hitam di bibir akibat kondisi ini tergolong tidak berbahaya dan biasanya terjadi pada lansia. 

2. Reaksi Alergi

Bercak hitam pada bibir bisa pula merupakan reaksi alergi terhadap produk kecantikan tertentu.

Dikenal dengan istilah pigmented contact cheilitis, reaksi alergi ini terjadi ketika alergen kontak dengan bibir dan mengakibatkan bercak berwarna cokelat kehitaman. 

Produk yang paling sering menyebabkannya adalah lipstik dan pelembap bibir. Di samping itu, pewarna rambut yang diaplikasikan di jenggot juga merupakan salah satu penyebabnya. 

Healthline pun menambahkan bahwa teh hijau pada skincare, yang kemungkinan mengandung nikel, mampu menimbulkan reaksi alergi pigmented contact cheilitis

3. Hiperpigmentasi

Menurut dr. Devia Irine Putri, “Bercak hitam di bibir bisa terjadi karena melasma.” Melasma adalah pigmentasi berwarna cokelat muda hingga cokelat tua, atau keabu-abuan pada kulit, terutama wajah, serta tidak berbahaya. 

Umumnya muncul di bagian bibir atas, pipi, dahi, dan dagu. Meskipun penyebab pastinya belum diketahui, melasma biasanya dikaitkan dengan hiperpigmentasi yang dipicu oleh perubahan hormon. 

Healthline menyebutkan bahwa melasma lebih sering terjadi pada wanita dan umum pada ibu hamil.

4. Sunspot

Dokter. Devia menambahkan, “Bercak hitam di bibir bisa karena paparan sinar. Kondisi ini disebut keratosis solar.” 

Ciri-ciri keratosis solar adalah ukurannya kecil atau tidak lebih dari 2 cm. Warnanya cokelat atau merah muda dengan tekstur yang kering, kasar, dan berkerak. 

Keratosis solar juga ada yang rata dengan kulit, ada pula yang sedikit timbul. Umumnya, kondisi ini tidak berbahaya bagi kesehatan.  

Artikel Lainnya: Sudut Bibir Menghitam, Bagaimana Cara Menghilangkannya?

5. Dehidrasi

Dehidrasi dapat menjadi pemicu munculnya bercak hitam pada bibir. Ketika seseorang kurang asupan air minum, maka bibir pun akan kering, pecah-pecah, hingga terkelupas. Kondisi ini kemudian bisa membuat bibir luka dan meninggalkan bercak hitam.

6. Terlalu Banyak Zat Besi

Penyebab lain munculnya bercak hitam di bibir adalah kelebihan zat besi, atau disebut hemokromatosis herediter. 

Dokter Devia menjelaskan, “Kondisi ini biasanya adalah kondisi bawaan. Bisa pula karena faktor lain, misalnya terlalu banyak suplemen zat besi atau menerima transfusi.” 

Ia pun menambahkan, tubuh yang menyimpan zat besi terlalu banyak akan mengalami perubahan warna kulit menjadi keabu-abuan, termasuk munculnya bercak-bercak hitam di bibir.

7. Kekurangan Vitamin B-12

Ketika tubuh kekurangan vitamin B-12, akibat diet atau kondisi lainnya, maka kulit akan mengalami perubahan warna menjadi lebih gelap. 

Kondisi ini mampu memicu munculnya bercak hitam di bibir. Vitamin B12 dapat Anda diperoleh lewat konsumsi ikan, daging, ayam, telur, produk susu, dan suplemen tambahan.

8. Sindrom Laugier-Hunziker

Melansir Hindawi, sindrom ini adalah kelainan kulit langka yang ditandai dengan hiperpigmentasi oral. 

Jadi, bibir dan selaput lendir mulut pun akan menghitam atau memiliki bercak hitam. Sindrom ini juga diasosiasikan dengan pigmentasi kuku yang ditandai pula dengan perubahan warna atau munculnya bercak hitam pada kuku. 

Penyebab Sindrom Laugier-Hunziker masih diteliti, namun melansir WebMD, tidak ada hubungannya dengan penyakit sistemik dan tidak membutuhkan tindakan medis.

Artikel Lainnya: Manfaat Menggunakan Lip Serum untuk Bibir

9. Sindrom Peutz-Jeghers

Melansir WebMD, sindrom ini tergolong langka dan berhubungan dengan kanker perut. Mutasi gen yang disebabkan oleh sindrom ini berperan atas pertumbuhan sel yang tidak normal. 

Salah satu tandanya adalah bintik hitam di bibir dan bagian dalam mulut. Orang dengan sindrom ini juga biasanya memiliki bercak hitam di bagian mata, hidung, tangan, kaki, dan anus. 

Jika Anda memiliki tanda-tanda tersebut, sebaiknya konsultasikan ke dokter. Itulah beberapa penyebab bercak hitam di bibir. 

Sebagian besar memang tidak terlalu berbahaya  bagi kesehatan. Namun, jika munculnya bercak hitam di bibir berpengaruh buruk pada kondisi tubuh, sebaiknya segera hubungi dokter. 

Anda juga bisa bertanya lebih jauh kepada dokter mengenai bercak hitam di bibir lewat fitur LiveChat 24 jam di aplikasi Klikdokter.

(PUT/AYU)

bibirkesehatan kulit

Konsultasi Dokter Terkait