HomeIbu Dan anakKesehatan AnakDaftar Makanan untuk Menambah Tinggi Badan Anak
Kesehatan Anak

Daftar Makanan untuk Menambah Tinggi Badan Anak

Tri Yuniwati Lestari, 07 Sep 2022

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Icon ShareBagikan
Icon Like

Selain gen, tinggi badan anak juga dipengaruhi oleh makanan sehari-hari. Lalu, apa saja makanan penambah tinggi badan anak? Cek di sini selengkapnya.

Daftar Makanan untuk Menambah Tinggi Badan Anak

Tinggi badan anak berhubungan erat dengan kondisi genetik orang tua. Artinya, anak yang terlahir dari orang tua dengan tinggi badan optimal berpotensi lebih besar untuk mengalami kondisi serupa. 

Namun, selain gen, asupan makanan sehari-hari juga memainkan peran yang penting dalam pertumbuhan tinggi badan anak. 

Beberapa nutrisi yang terutama berperan ke tinggi badan meliputi protein, kalsium, vitamin D, zink, magnesium, dan fosfor. Semua jenis nutrisi tersebut harus dikonsumsi secara seimbang agar manfaatnya optimal. 

Berikut adalah beberapa bahan makanan penambah tinggi badan anak yang dapat orang tua sajikan:

1. Telur

5 Alasan Anda Perlu Konsumsi Telur (Sea-Wave/Shutterstock)

Telur dikenal dengan kandungan protein di dalamnya. Tak hanya itu, telur kaya akan berbagai mikronutrien lain seperti vitamin D, vitamin B, dan zat besi.

Semua kandungan tersebut menjadikan telur sebagai makanan yang baik untuk menambah tinggi badan anak. Orang tua bisa menyajikan aneka variasi olahan telur, mulai dari didadar hingga omelet.

Artikel Lainnya: Inilah Tinggi Badan Anak Indonesia Sesuai Usianya

2. Daging Ayam 

Dalam 100 gram daging ayam terkandung 27 gram protein. Berbagai nutrisi lain di dalamnya, seperti zat besi dan magnesium, juga penting untuk pertumbuhan tinggi badan anak. 

Karena itu, sajikanlah daging ayam untuk menu sehari-hari anak. Bisa dengan dipanggang, dijadikan sup ayam, bakso ayam, dan sebagainya. 

3. Sayuran Hijau 

Sayuran hijau tentu saja masuk golongan makanan penambah tinggi badan anak. Beberapa jenis sayuran hijau yang dimaksud, misalnya brokoli, bayam, kembang kol, dan buncis.

Sayuran hijau tersebut mengandung vitamin A yang penting untuk sintesis protein. Sementara itu, vitamin K yang ada di dalamnya dapat meningkatkan kepadatan tulang.

4. Kedelai 

3 Manfaat Kacang Kedelai untuk Kesehatan Jantung

Anak memiliki alergi pada ayam dan telur? Orang tua dapat menggantikan asupan tersebut dengan kedelai. 

Kedelai merupakan makanan penunjang tinggi badan anak yang tak kalah enak dan bermanfaat. 

Mengingat kedelai memiliki sumber protein yang dapat diolah bersama dengan sayur lain untuk mencukupi kebutuhan nutrisi harian si Kecil. Hal ini pun membantu mewujudkan tinggi badan anak yang optimal.

5. Biji-bijian

Kelompok makanan biji-bijian utuh mengandung zat besi, protein, dan vitamin B. Semua nutrisi tersebut berperan penting untuk mengoptimalkan tumbuh kembang dan metabolisme tubuh.

Jika ingin tinggi badan anak bertambah pesat, pastikan untuk menyajikan menu yang terdiri dari biji-bijian utuh, seperti roti gandum, pasta, dan serealia.

Artikel Lainnya: Olahraga untuk Menambah Tinggi Badan Anak

6. Edamame 

Salah satu makanan peninggi badan anak adalah edamame. Di balik ukurannya yang kecil, manfaatnya ternyata sangat besar, lho! 

Dalam satu cangkir edamame, terkandung hampir 100 gram kalsium yang tentunya sangat baik untuk mengoptimalkan tinggi badan. Tak hanya itu, edamame juga menyimpan asam amino esensial lengkap. 

7. Brokoli 

Tahukah bahwa sayuran hijau seperti brokoli juga tinggi kandungan kalsiumnya? Karena itu, brokoli bisa menjadi makanan yang baik untuk menunjang tinggi badan anak. 

Apabila si Kecil tidak suka brokoli, orang tua bisa mengakalinya dengan cara mengukusnya, menumisnya dengan minyak zaitun, atau menyajikannya dengan makanan kesukaan anak (misal kentang). 

8. Kale 

Tak hanya brokoli, kale pun tinggi kandungan kalsiumnya sehingga termasuk makanan penambah tinggi badan anak. 

Bila anak kurang gemar makanan ini, orang tua dapat menyajikan kale dalam hidangan lain seperti telur atau omelet. 

9. Pisang

Rutin Konsumsi Pisang Cegah Serangan Jantung

Pisang adalah sumber energi yang baik untuk anak-anak. Buah berkulit kuning ini kaya akan kalsium, yang bermanfaat untuk menguatkan tulang. Selain itu, pisang tinggi akan mineral yang baik untuk menambah massa otot. 

Pisang dapat dikonsumsi dengan banyak cara. Bisa diolah menjadi campuran milkshake, salad buah, creamy dessert, atau langsung dimakan setelah mengupas kulitnya.

Artikel Lainnya: Benarkah Anak Pasti Bertambah Tinggi Setelah Disunat?

10. Susu Sapi 

Tentu para orang tua sudah tahu bahwa susu merupakan bagian penting dalam pertumbuhan tinggi badan anak. Ini karena susu mengandung kalsium, vitamin D, dan protein. 

Untuk bisa merasakan manfaat susu, pastikan anak tidak alergi terhadap produk sapi tersebut. Selain itu, hindari pula memberikan susu sapi pada anak yang mengalami intoleransi laktosa.  

11. Yoghurt 

Makanan lain yang bisa disajikan agar anak cepat tinggi, tak lain dan tak bukan adalah yoghurt. 

Yoghurt dikenal dengan kandungan probiotik yang dapat menjaga usus tetap sehat. 

Asupan ini juga kaya akan vitamin D maupun kalsium, sehingga baik untuk pertumbuhan tulang yang sehat dan kuat.

Itu dia beberapa makanan penambah tinggi badan anak yang bisa orang tua berikan kepada si Kecil. 

Agar manfaatnya lebih optimal, pastikan pula untuk memberikan stimulasi yang tepat sesuai usia anak ya. 

Jika orang tua memiliki pertanyaan seputar tinggi badan anak, silakan konsultasi lebih lanjut kepada dokter melalui layanan online Tanya Dokter. #JagaSehatmu dan keluarga dengan membaca informasi kesehatan lainnya di aplikasi KlikDokter.

[RS]

Tinggi Badanbadan pendek

Konsultasi Dokter Terkait