Sukses

Daftar Makanan untuk Menambah Tinggi Badan Anak

Selain gen, tinggi badan anak juga dipengaruhi oleh makanan sehari-hari. Lantas, apa saja yang termasuk sebagai makanan peninggi badan anak? Cek di sini selengkapnya.

Tinggi badan anak berhubungan erat dengan kondisi genetik orangtua. Artinya, anak yang terlahir dari orangtua dengan tinggi badan optimal berpotensi lebih besar untuk mengalami kondisi serupa. 

Namun, selain gen, dr. Reza Fahlevi, Sp.A mengatakan bahwa asupan makanan sehari-hari juga memainkan peran penting dalam pertumbuhan tinggi badan anak. 

“Nutrisi yang berperan ke tinggi badan, utamanya adalah protein, kalsium, vitamin D, zink, magnesium, dan fosfor. Semua jenis nutrisi tersebut harus dikonsumsi secara seimbang agar manfaatnya optimal,” ucap dr. Reza. 

Melanjutkan penjelasan dr. Reza, berikut ini beberapa makanan untuk menambah tinggi badan anak:

1. Telur dan Daging Ayam

Telur dan daging ayam terkenal dengan kandungan protein di dalamnya. Protein adalah nutrisi untuk pertumbuhan tinggi badan yang optimal, juga memberikan tubuh cukup energi untuk menjalani aktivitas sehari-hari.

Artikel Lainnya: Peran Susu untuk Menambah Tinggi Badan, Efektifkah?

1 dari 3 halaman

2. Sayuran Hijau

Sayuran hijau adalah pilihan yang paling sehat dalam membantu pertumbuhan tinggi badan anak. Beberapa jenis sayuran hijau yang dimaksud, misalnya brokoli, bayam, kembang kol, dan buncis.

Sayuran hijau tersebut mengandung vitamin A yang penting untuk sintesis protein. Sementara itu, vitamin K yang ada di dalamnya dapat meningkatkan kepadatan tulang.

3. Kedelai

Anak memiliki alergi pada ayam dan telur? Anda dapat menggantikan asupan tersebut dengan kedelai. 

Kedelai merupakan sumber protein yang dapat diolah bersama dengan sayur lain untuk mencukupi kebutuhan nutrisi harian anak. Hal ini pun membantu mewujudkan tinggi badan anak yang optimal.

4. Biji-bijian Utuh

Melansir Times of India, biji-bijian utuh dan kacang-kacangan adalah sumber protein, zat besi, dan vitamin B. 

Semua nutrisi tersebut berperan penting dalam mengoptimalkan tumbuh kembang dan metabolisme tubuh.

Jika ingin tinggi badan anak bertambah pesat, pastikan untuk menyajikan menu yang terdiri dari biji-bijian utuh, seperti roti gandum, pasta, dan serealia.

Artikel Lainnya: Olahraga untuk Menambah Tinggi Badan Anak

2 dari 3 halaman

5. Pisang

Pisang adalah sumber energi yang baik untuk anak. Buah berkulit kuning ini kaya akan kalsium, yang bermanfaat untuk menguatkan tulang. Selain itu, pisang juga tinggi akan kandungan mineral yang baik untuk menambah massa otot. 

Pisang dapat dikonsumsi dengan banyak cara. Bisa diolah menjadi campuran milkshake, salad buah, creamy dessert, atau langsung dimakan setelah mengupas kulitnya.

6. Susu Sapi

Susu sapi adalah bagian penting dalam mendukung pertumbuhan tinggi badan anak, karena mengandung kalsium, vitamin D, dan protein. 

Untuk bisa merasakan manfaat susu, pastikan anak tidak alergi terhadap produk sapi tersebut. Selain itu, hindari pula memberikan susu sapi pada anak yang mengalami intoleransi laktosa.

7. Yoghurt

Yoghurt dikenal dengan kandungan probiotik yang dapat menjaga usus tetap sehat. Asupan ini juga kaya akan vitamin D maupun kalsium, karenanya baik untuk pertumbuhan tulang yang sehat dan kuat.

Itu dia beberapa makanan untuk menambah tinggi badan anak. Agar manfaatnya lebih optimal dalam mendukung pertumbuhan tinggi badan anak, pastikan untuk memberikan stimulasi yang tepat sesuai usia si kecil.

Jika Anda memiliki pertanyaan seputar tinggi badan anak, silakan konsultasi lebih lanjut kepada dokter melalui LiveChat 24 jam atau aplikasi Klikdokter.

(NB/AYU) 

0 Komentar

Belum ada komentar