Kehamilan

Berapa Batas Konsumsi Gula untuk Ibu Hamil? Ini Kata Dokter

Endah Murniaseh, 20 Okt 2021

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Konsumsi gula berlebih pada ibu hamil bisa meningkatkan risiko diabetes gestasional. Lantas, berapa batas konsumsi gula untuk ibu hamil? Ini faktanya menurut dokter.

Berapa Batas Konsumsi Gula untuk Ibu Hamil? Ini Kata Dokter

Ibu hamil identik dengan keinginan berlebih untuk mengonsumsi sesuatu alias ngidam. Hal ini bisa dikategorikan wajar jika yang diinginkan ibu hamil adalah makanan sehat, seperti sayur dan buah.

Sebaliknya, jika ibu hamil terlalu sering mengonsumsi makanan atau minuman manis, ia mungkin bisa mengalami diabetes gestasional. Selain itu, dr. Astrid Wulan Kusumoastuti juga mengatakan bahwa konsumsi gula berlebih saat hamil bisa meningkatkan risiko makrosomia alias bobot bayi terlalu besar.

Mengingat risiko-risiko tersebut, ibu hamil mesti membatasi asupan manis atau mengandung gula sekalipun sedang ngidam.

 

Berapa Asupan Gula yang Aman untuk Ibu Hamil?

Menurut Peraturan Menteri Kesehatan (Permenkes) tahun 2013, batas aman konsumsi gula harian secara umum adalah 50 gram atau setara dengan 4 sendok makan gula. Aturan tersebut juga berlaku untuk ibu hamil.

Di sisi lain, Badan Kesehatan Dunia (WHO) mengatakan bahwa konsumsi gula sebaiknya dibatasi hanya 25 gram atau 2 sendok makan dalam sehari.

Jika ingin tahu jumlah asupan gula yang paling tepat dan aman selama kehamilan, Anda mesti berkonsultasi kepada dokter.

Pasalnya, kondisi tubuh ibu hamil bisa berbeda-beda. Batasan aman asupan selama kehamilan juga mungkin berbeda satu sama lainnya.

Artikel Lainnya: Mengenal Insufisiensi Plasenta Pada Ibu Hamil dengan Diabetes

Adakah Cara Aman Menikmati Gula saat Hamil?

Asupan gula saat hamil hanya harus dibatasi, bukan dihindari sama sekali. Artinya, ibu hamil boleh mengonsumsi asupan manis atau mengandung gula. Yang pasti, jumlahnya perlu diperhatikan supaya tidak berlebihan dan berdampak buruk pada kesehatan.

Lalu, adakah hal yang bisa dilakukan agar ibu hamil terhindar dari asupan gula berlebih? Ada. Berikut ini tipsnya untuk Anda:

  • Mengganti konsumsi asupan manis dan gula dengan makanan bercita rasa gurih, seperti wortel dengan hummus
  • Menambahkan potongan buah segar ke dalam serealia gandum utuh
  • Membuat popcorn rumahan dengan kadar gula yang disesuaikan agar tidak berlebihan

Ibu hamil juga dapat mengonsumsi kacang-kacangan yang telah dikeringkan atau greek yoghurt dengan tambahan buah beri. Jika ingin mengonsumsi jus buah atau smoothie, hindari menambahkan gula atau kental manis ke dalamnya.

Ibu hamil tetap boleh mengonsumsi gula saat hamil asalkan jumlahnya dibatasi. Jika abai dengan batasan tersebut, bukan tak mungkin kesehatan ibu hamil dan janin dalam kandungannya bisa terancam.

Ingin tahu fakta lain soal kehamilan? Punya pertanyaan soal batas konsumsi gula untuk ibu hamil? Anda bisa chatting kepada dokter secara langsung melalui LiveChat 24 jam atau aplikasi Klikdokter.

(NB/JKT)

Kehamilangula

Konsultasi Dokter Terkait