HomeInfo SehatKankerMakanan yang Dapat Menyebabkan Kanker Usus
Kanker

Makanan yang Dapat Menyebabkan Kanker Usus

Endah Murniaseh, 19 Okt 2021

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Icon ShareBagikan
Icon Like

Kanker usus besar dapat menyerang siapa saja. Salah satu faktor penyebab kanker usus besar adalah mengonsumsi makanan tak sehat. Apa saja makanan tersebut?

Makanan yang Dapat Menyebabkan Kanker Usus

Umumnya kanker usus disebabkan oleh mutasi atau perubahan sel DNA. Ketika sel DNA di usus rusak, sel tersebut dapat terus membelah, berkembang biak, lalu membentuk tumor.

Selain itu, faktor yang bisa menyebabkan kanker usus adalah kebiasaan mengonsumsi makanan dan minuman tidak sehat. 

Untuk tahu apa saja makanan penyebab kanker usus, Anda bisa menyimak ulasan berikut ini. 

Makanan Penyebab Kanker Usus

Dokter Theresia Rina Yunita menjelaskan bahwa pria memiliki risiko kanker usus yang lebih besar daripada wanita.

Artikel Lainnya: Ini Makanan yang Harus Dihindari Penderita Kanker Usus

“Pria lebih berisiko mengalami kanker usus. Hal itu diduga karena pria kurang memerhatikan kesehatan dan berat badannya dibandingkan wanita,” kata dr. Theresia.

“Pola makan yang kurang sehat serta obesitas merupakan faktor risiko kanker usus. Secara statistik, konsumsi alkohol pada pria juga lebih besar dibandingkan dengan wanita. Alkohol dapat meningkatkan risiko terkena kanker usus,” tambahnya.

Berikut ini merupakan beberapa makanan dan minuman yang dapat meningkatkan risiko terkena kanker usus.

1. Makanan yang Terbuat dari Biji-Bijian Olahan 

Dilansir dari Geisinger.org, makanan yang terbuat dari biji-bijian olahan dapat meningkatkan risiko kanker usus. Salah satu contoh makanan tersebut adalah roti tawar yang terbuat dari tepung putih.  

Biji-bijian murni umumnya mengandung serat dan nutrisi yang cukup banyak. Ketika diproses, jumlah serat dan nutrisi di dalam tepung biji-bijian tersebut sudah menurun, bahkan hilang. 

Tak hanya itu, mengonsumsi makanan dari biji-bijian yang diolah dapat menyebabkan resistensi insulin. Resistensi insulin dapat meningkatkan risiko kanker usus. 

Artikel Lainnya: Makanan Sehat Ini Efektif Mencegah Kanker Usus

2. Minuman Berkarbonasi

Soda atau minuman berkarbonasi memiliki kandungan gula yang sangat tinggi. Terlalu sering mengonsumsi minuman dengan kandungan gula tinggi dapat menyebabkan tubuh mengalami resistensi insulin. 

Tak hanya itu konsumsi gula dapat menyebabkan peradangan di dalam tubuh dan meningkatkan risiko kanker.

3. Daging Olahan

Masih dilansir dari Geisinger.org, daging yang telah melalui proses pengolahan, seperti bacon atau salami, dapat menjadi penyebab kanker usus. 

Para peneliti menemukan bahwa makan 50 gram daging olahan setiap hari (setara dengan satu hot dog atau empat potong bacon) dapat meningkatkan risiko kanker usus besar sebesar 18 persen.

“Untuk mengurangi risiko kanker usus besar, pertimbangkan untuk mengganti daging merah dengan daging unggas dan ikan,” kata dr. Bogdan Protyniak, ahli bedah usus dari Geisinger Wyoming Valley Medical Center di Amerika Serikat.

Jika memiliki pertanyaan perihal kanker usus ataupun masalah kesehatan lain, Anda dapat berkonsultasi langsung kepada dokter melalui fitur Live Chat.

(OVI/JKT)

Kanker UsusmakananKanker

Konsultasi Dokter Terkait