HomeIbu Dan anakKehamilanDaftar Rempah-Rempah yang Bermanfaat Bagi Ibu Hamil
Kehamilan

Daftar Rempah-Rempah yang Bermanfaat Bagi Ibu Hamil

Endah Murniaseh, 24 Okt 2021

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Icon ShareBagikan
Icon Like

Rempah-rempah seperti kunyit, lada hitam merupakan beberapa rempah yang aman dikonsumsi ibu hamil. Simak daftar rempah lain yang baik untuk ibu hamil.

Daftar Rempah-Rempah yang Bermanfaat Bagi Ibu Hamil

Rempah-rempah dikenal sebagai penyedap rasa yang sering ditambahkan pada makanan ataupun minuman. Selain menambah cita rasa, rempah-rempah juga memiliki banyak manfaat untuk kesehatan, termasuk bagi ibu hamil. 

Untuk ibu hamil, konsumsi rempah-rempah sangat membantu dalam mengatasi mual atau morning sickness. Mual yang terjadi pada ibu hamil, menurut dr. Alvin Nursalim, biasanya disebabkan oleh peningkatan Human Chorionic Gonadotropin (HCG). 

“Wanita hamil mengalami mual dan muntah berhubungan dengan peningkatan hormon HCG selama kehamilan,” jelasnya. Kondisi ini bisa diringankan, salah satunya dengan mengonsumsi rempah-rempah tertentu.

Selain meredakan morning sickness, rempah-rempah tentu juga memiliki manfaat lain untuk ibu hamil. Berikut adalah daftar rempah-rempah yang baik dikonsumsi ibu hamil.

1. Kunyit

Kandungan kurkumin pada kunyit mampu mengurangi stress oksidatif selama masa kehamilan. Zat tersebut juga baik untuk kesehatan hati, karena mampu melakukan detoksifikasi alami. Selain itu, kunyit pun cukup ampuh meredakan rasa nyeri pada ibu hamil, serta menjaga kulit tetap sehat selama masa kehamilan. Batas aman mengkonsumsi kunyit bagi ibu hamil adalah 8 gram per hari.

2. Jahe

Jahe adalah rempah andalan untuk meredakan mual atau morning sickness selama masa kehamilan. Anda dapat mengkonsumsi 1 gram jahe setiap hari selama empat hari berturut-turut untuk meringankan rasa mual.

3. Lada Hitam

Rempah yang satu ini tergolong kaya akan kromium, zat yang sangat dibutuhkan ibu hamil agar terhindar dari penyakit diabetes gestasional. Melansir MomJunction, kadar kromium yang rendah dapat meningkatkan kadar gula darah dan kolesterol

Hal itu bisa menyebabkan diabetes. Saran konsumsi lada hitam setiap harinya adalah 30 mikrogram per hari.

4. Kapulaga

Kapulaga dapat digunakan sebagai aroma therapy ataupun dijadikan teh yang bermanfaat untuk mengatasi mual pada ibu hamil.

5. Daun Kucai

Daun kucai segar memiliki asam folat yang tinggi. Semasa kehamilan, asam folat bermanfaat untuk perkembangan otak janin, pembelahan sel, serta sintesis DNA. 

Dengan menambahkan daun kucai ke makanan, maka Ibu sudah menurunkan risiko bayi terkena cacat tabung saraf.

Artikel Lainnya: Manfaat Memakan Bawang Merah saat Hamil

6. Adas

Rempah asli Indonesia ini dapat membantu meningkatkan produksi ASI. Adas boleh dikonsumsi sebagai teh herbal ataupun sebagai bumbu pada masakan.

7. Daun Pepermin

Daun yang berukuran kecil ini bermanfaat untuk meredakan mual, morning sickness, dan perut kembung. Daun pepermin dapat dikonsumsi bersama teh. 

Tapi jangan terlalu banyak mengonsumsi pepermin. Melansir Mompresso, konsumsinya yang berlebihan bisa meningkatkan risiko keguguran

8. Daun Raspberry Merah

Kaya akan zat besi, daun raspberry merah bermanfaat untuk mengencangkan rahim, meningkatkan produksi ASI, mengurangi mual, dan meredakan nyeri persalinan. Beberapa penelitian juga menunjukkan bahwa mengonsumsi daun ini selama kehamilan dapat mengurangi komplikasi dan intervensi selama kelahiran. Daun raspberry merah dapat Anda konsumsi dalam bentuk teh.

9. Merica Putih

Sembelit merupakan masalah umum yang dihadapi oleh ibu hamil. Untuk menghilangkan sembelit selama masa kehamilan, Anda dapat menambahkan sedikit merica putih pada makanan Anda.

10. Jinten

Jinten bermanfaat untuk mengurangi peradangan serta produksi gas selama masa kehamilan.

Rempah-rempah di atas secara umum memang baik dikonsumsi oleh ibu hamil. Tapi, Anda tetap harus berkonsultasi kepada dokter untuk tahu rempah apa yang paling baik sesuai dengan kondisi kesehatan Ibu dan janin. 

Jika memiliki pertanyaan yang ingin dikonsultasikan dengan dokter, Anda dapat memanfaatkan fitur LiveChat 24 jam di aplikasi KlikDokter.

(PUT/JKT)

KehamilanObat HerbalObat Kehamilan

Konsultasi Dokter Terkait