Kehamilan

Penyebab Flu Saat Hamil dan 7 Cara Jitu Mengatasinya

Siti Putri Nurmayani, 01 Nov 2023

Ditinjau Oleh dr. M. Iqbal Ramadhan

Ibu hamil lebih rentan terkena flu dibandingkan orang pada umumnya. Ketahui, ini penyebab dan cara mengatasi flu pada bumil.

Penyebab Flu Saat Hamil dan 7 Cara Jitu Mengatasinya

Saat hamil, flu menjadi salah satu penyakit yang sering muncul. Meski ini keluhan yang normal, namun flu pada ibu hamil akan menimbulkan ketidaknyamanan, sehingga perlu segera ditangani dengan cepat. 

Lalu, mengapa ibu hamil lebih sering mengalami flu daripada orang pada umumnya? Bagaimana cara mengatasi keluhan yang satu ini? Yuk, cari tahu jawaban lengkapnya lewat ulasan di bawah ini.

Penyebab Flu saat Hamil

Berdasarkan American Pregnancy Association, kehamilan dapat menyebabkan sejumlah perubahan pada tubuh, seperti perubahan pada sistem kekebalan tubuh, jantung, dan paru-paru. Perubahan-perubahan ini yang dapat memicu terjadinya flu pada ibu hamil.

Pertumbuhan dan perkembangan janin dapat menekan area jantung dan paru-paru, ini dapat mengakibatkan kapasitas paru-paru menurun dan detak jantung yang meningkat selama kehamilan. 

Kondisi ini menyebabkan sistem kekebalan tubuh akan terganggu secara alami. Jika tidak diimbangi dengan gaya hidup sehat, virus dapat dengan mudah masuk ke dalam tubuh sehingga membuat Mama lebih rentan terkena flu saat hamil.

Meski flu menjadi penyakit yang umum, namun flu saat hamil dapat menyebabkan pneumonia dan komplikasi lainnya. Tak hanya itu, flu yang tidak diobati dengan tepat juga dapat menempatkan bayi pada risiko keguguran, kelahiran prematur, dan berat badan lahir rendah.

Cara Mengatasi Flu saat Hamil

Apabila Mama mulai merasakan salah satu dari gejala flu, baik itu sakit kepala, pilek, sakit tenggorokan, kelelahan, menggigil, atau demam, maka perlu waspada. Berikut sejumlah cara mengatasi flu saat hamil sesuai saran dari dr. Muhammad Iqbal Ramadhan.

1. Meningkatkan Imunitas Tubuh

Meningkatkan imunitas tubuh merupakan cara terbaik untuk mengantisipasi dan mengatasi flu pada ibu hamil.

“Meningkatkan imunitas bisa dilakukan dengan mencukupi waktu tidur, melakukan aktivitas fisik ringan, dan mengonsumsi makanan bergizi seimbang,” saran dr. Iqbal.

2. Gunakan Masker

Saran Dokter Iqbal, ibu hamil juga disarankan untuk menggunakan alat perlindungan diri, seperti masker. Pasalnya, masker dapat memperkecil risiko bumi terpapar virus flu dan menyebarkannya ke orang lain.

Artikel Lainnya: Penyebab Rhinitis saat Hamil dan Cara Mengatasinya

3. Istirahat dan Cukupi Kebutuhan Cairan

Gejala flu pada ibu hamil bisa berlangsung lama, bahkan hingga satu minggu atau lebih. Untuk membantu pemulihan lebih cepat, Mama bisa meluangkan waktu untuk istirahat.

Dengan istirahat, sistem kekebalan tubuh bisa cepat pulih. Jika diperlukan, Mama juga bisa tidur siang untuk menambah waktu beristirahat.

4. Cukupi Kebutuhan Cairan

ibu hamil sering haus

Selain istirahat, bumil juga perlu mencukupi kebutuhan cairan untuk mengatasi flu. Pastikan Mama untuk minum lebih dari 2 liter air atau sekitar 10 gelas setiap harinya.

Mengutip dari Pregnancy Birth Baby, minum banyak cairan akan membantu bumil merasa lebih baik dan nyaman. Selain itu, mencukupi kebutuhan cairan juga menjadi salah satu cara untuk terhindar dari dehidrasi.

5. Hirup Uap

Kondisi hidung tersumbat akibat flu dapat mengganggu ibu hamil. Untuk mengatasinya, Mama bisa melakukan terapi hirup uap.

Cukup gunakan semangkak air panas, kemudian tambahkan minyak aromaterapi dengan aroma yang menenangkan. Kemudian, Mama bisa langsung menghirup uap yang keluar dari air panas tersebut. Uap yang hangat dapat membantu membersihkan hidung dari lendir.

Artikel Lainnya: Hindari Obat Flu saat Hamil

6. Berobat ke Dokter

Jika flu tak kunjung membaik, dianjurkan untuk segera mengunjungi dokter untuk mendapatkan perawatan yang tepat. Nantinya, dokter mungkin akan meresepkan obat antivirus, pereda nyeri, atau obat pereda demam.

Untuk mencegah flu selama kehamilan, Mama juga bisa mendapatkan vaksin flu. Jenis vaksin yang satu ini terbukti dapat menurunkan risiko ibu hamil dirawat di rumah sakit karena flu.

Selain itu, vaksin flu juga dapat melindungi bayi setelah lahir. Pasalnya, antibodi dalam vaksin akan diteruskan ke dalam bayi di dalam kandungan. Jika ingin mendapatkan vaksin flu, Mama bisa konsultasi terlebih dahulu dengan dokter.

Yuk, #JagaSehatmu dengan segera konsultasi dengan dokter jika mengalami salah satu dari gejala flu. Gunakan layanan Tanya Dokter dan Temu Dokter supaya lebih praktis. Mama juga bisa booking layanan pemeriksaan kesehatan lewat aplikasi KlikDokter. 

(NM)

FluKehamilan

Konsultasi Dokter Terkait