Sukses

Inilah Penyebab Alis Tipis dan Sulit Tumbuh

Sebagian besar wanita ingin alis mereka tumbuh subur dan terlihat cantik. Tak sedikit wanita yang alisnya tumbuh tipis. Apa penyebabnya? Ini penjelasannya.

Alis yang tipis apalagi botak memang tidak diinginkan sebagian besar wanita. Pasalnya, alis adalah salah satu bagian tubuh yang mampu memberikan kesan estetik pada wajah seseorang. 

Orang yang beralis tipis pun biasanya akan memberikan usaha lebih ketika meriasnya. Bagi sebagian orang, kondisi alis tipis ini memang sudah dialami sejak kecil. 

Namun, ada pula mereka yang semakin usianya bertambah, pertumbuhan alis justru semakin menurun, bahkan berhenti tumbuh.

Berikut adalah beberapa penyebab alis seseorang sulit tumbuh, menipis, atau mengalami kebotakan.  

1. Alopecia Areata

Salah satu jenis autoimun ini akan menghambat folikel rambut (tempat rambut tumbuh) dalam menumbuhkan rambut alis. 

Penyakitnya disebut fibrosing alopecia frontal yang mampu menimbulkan jaringan parut pada kulit kepala dekat dahi dan menyebabkan kerontokan hingga kebotakan alis. 

Meskipun penyakit ini bisa terjadi akibat respons autoimun, hingga saat ini masih belum ada studi yang menunjukkan penyebab pastinya. 

Artikel Lainnya: Kenali Penyebab Ketombe Alis dan Cara Mengatasinya!

1 dari 3 halaman

2. Kurang Gizi

Pertumbuhan alis juga dipengaruhi oleh asupan gizi seseorang, mulai dari karbohidrat, protein, lemak, asam amino, mineral, hingga vitamin. 

Mereka yang kurang akan vitamin A dan zinc, pertumbuhan sel serta produksi sebum (minyak) di wajahnya akan terhambat. 

Kondisi ini pun bisa membuat pertumbuhan alis ikut terhambat. Sementara mereka yang kekurangan vitamin B7 (biotin), vitamin C (pengembangan kolagen), zat besi, Vitamin E, B12 dan D, serta asam lemak omega 3 dapat mengalami kerontokan alis.

3. Peradangan Kulit dan Kondisi Lainnya

Seorang dokter dari New York, dr. Sejal K. Shah, mengatakan beberapa kondisi kulit tertentu. 

Misalnya, psoriasis dan eksim, secara tidak langsung juga dapat menyebabkan kerontokan alis. 

dr. M. Iqbal Ramadhan pun menambahkan, “Penyakit-penyakit kulit tersebut bisa menyebabkan kulit mengelupas dan membuat folikel alis jadi mudah lepas.” 

Kondisi ini karena terjadi peradangan di sekitar alis yang kemudian menyebabkan gatal hingga rambut alis yang rontok. Alis yang rontok akibat infeksi pada folikel rambut kemungkinan besar sulit untuk tumbuh kembali. 

4. Penyakit Tiroid

Tanpa disadari, penyakit tiroid merupakan penyebab umum kerontokan pada rambut alis. 

Kelenjar tiroid dapat menghasilkan hormon yang berperan untuk mengatur metabolisme tubuh. 

Ketika kelenjar menghasilkan terlalu banyak atau terlalu sedikit hormon, sistem di dalam tubuh pun menjadi tidak seimbang. Kondisi ini kemudian akan berpengaruh pula pada pertumbuhan rambut. 

Artikel Lainnya: Cara Membuat Bulu Mata Tebal dan Lentik

2 dari 3 halaman

5. Stres

Stres juga merupakan penyebab lain dari alis yang menipis atau lambat tumbuh. Hal ini bisa mengakibatkan perubahan fisiologis. 

Salah satunya adalah berkurangnya oksigen ke folikel rambut dan fluktuasi kadar hormon yang berkontribusi terhadap kerontokan rambut alis.

6. Penuaan

Seperti yang sudah disinggung di atas, bertambahnya usia bisa menjadi salah satu faktor rambut alis menipis atau sulit tumbuh. dr. Iqbal pun menyatakan, 

“Kekuatan folikel rambut khususnya di alis akan sedikit berkurang seiring bertambahnya usia.” Kondisi yang memang bisa membuat batang rambut menjadi rapuh dan menghambat hingga menghentikan pertumbuhan alis. Namun, alis menipis akibat menua adalah kondisi yang normal.

7. Kondisi Genetik

Kerontokan alis bisa pula disebabkan oleh kondisi genetik langka, yaitu displasia ektodermal dan sindrom netherton. 

Melansir Medical News Today, displasia ektodermal adalah kondisi genetik yang memengaruhi kulit, rambut, kuku, dan gigi. Kondisi ini dapat menyebabkan rambut jarang atau hilang di alis, bulu mata, dan beberapa bagian tubuh lainnya.

Sementara sindrom netherton merupakan kondisi yang memengaruhi kulit, rambut, dan sistem kekebalan tubuh. Kondisi ini muncul sejak penderitanya lahir dan menyebabkan “rambut bambu” (mudah patah).

Beberapa penyebab alis tipis atau sulit tumbuh tadi tentu perlu kita ketahui untuk tahu cara mengatasinya. 

Apakah bisa diatasi sendiri lewat konsumsi obat dan vitamin atau harus dengan penanganan dokter ahli. 

Jika masih bingung soal penyebab alis tipis di atas, hubungi dokter melalui LiveChat 24 jam di aplikasi Klikdokter.

(PUT/AYU)

0 Komentar

Belum ada komentar