Sukses

Manfaat Facial Steam untuk Kesehatan Kulit Wajah Anda

Facial steam merupakan cara perawatan wajah menggunakan uap dari air hangat. Apa saja manfaat dari terapi yang satu ini? Cek fakta selengkapnya!

Wajah yang berseri bisa membuat seseorang lebih percaya diri. Untuk mewujudkannya, Anda tak melulu harus merogoh kocek dalam-dalam untuk melakukan perawatan mahal di salon ternama.

Nyatanya, wajah sehat dan berseri juga bisa dimiliki dengan melakukan facial steam di rumah. Terapi ini dilakukan dengan memaparkan wajah dengan uap yang berasal dari air hangat.

Lantas, apa saja manfaat facial steam untuk kesehatan wajah? Berikut ini beberapa di antaranya:

1. Membersihkan Komedo

Seorang ahli kecantikan bernama Stephanie Diliberto menjelaskan bahwa facial steam menjadi cara yang paling baik untuk membuka pori-pori guina membersihkan komedo

Steam wajah bisa membuat pori-pori terbuka sehingga komedo lebih mudah dibersihkan,” ucapnya. 

Artikel Lainnya: Terlalu Sering Facial, Benarkah Akan Merusak Kulit Wajah?

1 dari 3 halaman

2. Meningkatkan Sirkulasi Darah

Kombinasi uap hangat dan peningkatan keringat dapat melebarkan pembuluh darah. Hal ini pun bisa meningkatkan sirkulasi darah. 

Peningkatan sirkulasi darah dapat membuat kulit lebih ternutrisi dan menerima lebih banyak pasokan oksigen. Hal ini bisa membuat kulit tampak lebih cerah dan sehat.

Steam wajah membuat kulit tampak lebih kencang dan muda, karena meningkatkan sirkulasi darah di bagian tersebut. Aliran darah yang optimal juga membantu mengantarkan oksigen ke kulit dan memberikan nutrisi,” jelas Diliberto. 

3. Baik untuk Menghidrasi Kulit yang Kering

Menggunakan pelembap berbentuk krim dan minyak memang dapat menjaga hidrasi wajah. Akan tetapi, kulit yang kering juga membutuhkan hidrasi yang berasal dari cairan. 

Face steaming dapat membantu memberikan sel-sel kulit kandungan air yang cukup,” tutur Diliberto.

“Menggunakan uap untuk menghidrasi dan diikuti penggunaan pelembap atau serum juga dapat membuat kulit tampak kenyal. Hal itu pun bisa membantu kulit menahan air di wajah, sehingga terhindar dari kekeringan,” sambungnya. 

Artikel Lainnya: Wajah Kencang dan Awet Muda dengan Facial Krioterapi

2 dari 3 halaman

4. Membuat Wajah Lebih Menyerap Skincare

Melansir Healthline, paparan uap dapat meningkatkan kemampuan kulit untuk menyerap produk perawatan. 

Facial steam membantu membuka pori-pori, sehingga bisa menyerap produk perawatan dengan lebih baik,” ujar dr. Dyah Novita Anggraini.

5. Melepaskan Sel dan Bakteri Penyebab Jerawat

Skincare untuk mengatasi jerawat berfungsi untuk menyerap sebum dan membunuh bakteri. Nah, paparan uap hangat pada wajah bisa membuat produk tersebut bekerja dengan lebih baik untuk melawan jerawat. 

“Gunakan uap setelah melakukan pembersihan wajah guna melepaskan sebum yang menumpuk di pori-pori. Lanjutkan dengan penggunaan produk jerawat untuk hasil maksimal,” tutur Diliberto. 

6. Membuat Kulit Kenyal

Aliran darah yang lebih optimal berkat steam wajah dapat membantu kulit memproduksi kolagen dan elastin. Hal ini membuat kulit memiliki kesan lebih kenyal dan kencang. 

7. Menenangkan Kulit

Sensasi uap hangat di wajah dapat menciptakan sensasi relaks. Dengan menambahkan beberapa bahan herbal atau minyak esensial untuk aromaterapi, proses facial steam bisa terasa lebih menenangkan. 

Air yang digunakan untuk steaming bisa berasal dari air keran, karena mudah didapat dan gratis. 

Artikel Lainnya: Bahaya yang Mengintai di Balik Facial Vampir

Selain itu, Anda juga bisa menggunakan air sulingan, meski hasil yang didapatkan belum tentu lebih baik daripada menggunakan air keran.

Alternatif lain, yaitu menggunakan teh kecantikan yang mengandung antioksidan. Teh jenis ini juga bisa membantu tubuh melepaskan racun. 

Menurut penelitian yang tercatat di Hindawi, teh hijau dan sejenisnya mengandung polifenol yang baik untuk melindungi kulit. Jenis teh tersebut juga baik untuk antiaging apabila dioleskan langsung ke wajah. 

 

Tertarik dengan manfaat facial steam untuk kecantikan wajah? Pastikan untuk melakukannya secara hati-hati, agar tidak malah menyebabkan iritasi lantaran uap yang terlalu panas.

Jika Anda ragu atau butuh tuntunan lebih lanjut dari dokter untuk melakukan facial steam, tak perlu ragu untuk berkonsultasi terlebih dahulu melalui LiveChat 24 jam atau aplikasi Klikdokter.

(NB/AYU)

0 Komentar

Belum ada komentar