Sehat dan Bugar

Apakah Efektif Membasmi Kutu Rambut dengan Minyak Zaitun?

Zahra Aminati, 15 Okt 2021

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Terdapat kabar yang menyebut bahwa minyak zaitun bisa dimanfaatkan untuk mengatasi kutu rambut. Apakah kabar ini sesuai dengan fakta medis? Cari tahu di sini!

Apakah Efektif Membasmi Kutu Rambut dengan Minyak Zaitun?

Kutu rambut menjadi musuh bagi setiap orang, mulai dari anak-anak hingga orang dewasa. Meski bertubuh kecil, parasit ini bisa menyebabkan sensasi nyeri dan gatal hebat yang mengganggu aktivitas penderitanya.

Agar kutu tak menetap dan menurunkan kualitas hidup, penderita mesti segera melakukan upaya untuk mengatasinya. Salah satu cara mengatasi kutu rambut yang konon efektif adalah dengan menggunakan minyak zaitun.

Menurut kabar yang beredar, minyak zaitun untuk kutu rambut bisa memberikan hasil yang cukup efektif. Lantas, apakah medis setuju dengan hal tersebut? Yuk, cek faktanya!

 

Menyingkap Manfaat Minyak Zaitun untuk Kutu Rambut

Melansir dari Medicine Net, kutu rambut atau pediculus humanus capitis merupakan parasit yang sering hinggap di kepala manusia.

Artikel Lainnya: Tanda Kutu Rambut yang Tak Boleh Diabaikan

Jika sudah terkena kutu rambut, pengobatan harus segera dilakukan. Hal ini karena kutu rambut dapat menyebabkan gatal dan sakit di kulit kepala, yang membuat penderita merasa sangat tidak nyaman.

Salah satu cara untuk mengatasi kutu rambut dengan pengobatan rumahan adalah dengan menggunakan minyak zaitun. Namun, apakah manfaat minyak zaitun untuk kutu rambut terbukti secara medis?

“Kekentalan pada minyak, seperti minyak zaitun dapat membantu membuat kutu rambut kehabisan udara dan mati,” kata dr. Astrid Wulan Kusumoastuti, menjawab pertanyaan.

Senada dengan itu, melansir Stylecraze, minyak zaitun memang dapat melumasi rambut dan memberikan efek menyakitkan pada kutu rambut. Hal ini membuat parasit tersebut kewalahan hingga akhirnya mati.

Cara Membasmi Kutu Rambut dengan Minyak Zaitun

Sebelum memanfaatkan minyak zaitun untuk mengusir kutu rambut yang ada di kepala, Anda perlu terlebih dahulu menyiapkan sisir kutu yang bagus.

Artikel Lainnya: Waspada, Kutu Rambut Bisa Picu Serangan Jantung

Dalam memanfaatkan minyak zaitun untuk kutu rambut, langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:

  • Oleskan minyak zaitun secara merata ke kulit kepala hingga meliputi seluruh bagian rambut.
  • Diamkan selama 6–8 jam.
  • Setelah menunggu, gunakan sisir kutu untuk menyisir seluruh bagian rambut dengan saksama. Biarkan kutu yang mati ikut berguguran.
  • Setelah kulit kepala terasa bersih dari kutu, Anda mesti mencuci rambut menggunakan air mengalir. Jangan lupa juga untuk mencuci bersih sisir kutu yang tadi digunakan, ya!
  • Ulangi langkah-langkah di atas sampai tidak ada lagi kutu yang muncul di sisir. Kurang lebih, waktu yang dibutuhkan untuk manfaat yang optimal adalah sekitar 2–3 minggu.

Jika keluhan tak kunjung membaik atau malah makin parah dan muncul gejala-gejala yang sangat mengganggu, sebaiknya Anda segera berobat ke dokter untuk mendapatkan penanganan lebih lanjut.

Minyak zaitun untuk kutu rambut sebenarnya hanya merupakan terapi pendukung. Dengan kata lain, terapi tersebut belum tentu efektif apabila tidak dikombinasikan dengan pengobatan dari dokter.

Punya pertanyaan tentang terapi minyak zaitun untuk kutu rambut? Ingin tahu fakta medis lainnya?

Anda bisa melakukan konsultasi kepada dokter melalui LiveChat 24 jam atau aplikasi Klikdokter.

(NB/AYU)

Minyak ZaitunKutuRambut Anak Lama Tumbuh

Konsultasi Dokter Terkait