Sukses

Manfaat Jambu Kristal untuk Mengatasi Flu, Efektifkah?

Jambu kristal merupakan salah satu buah dengan beragam manfaat kesehatan bagi tubuh. Buah ini juga dikatakan bisa mengatasi flu. Benarkah efektif?

Flu bisa sangat mengganggu aktivitas sehari-hari penderitanya. Apalagi, penyakit tersebut umumnya disertai gejala sakit kepala, hidung tersumbat, batuk, hingga kondisi tubuh yang lemas sampai harus bedrest seharian.

Agar penderitanya bisa segera kembali beraktivitas normal, biasanya minum obat menjadi salah satu pilihan untuk mengatasi flu. Begitu pula dengan mengonsumsi jenis buah tertentu yang disebut-sebut bisa meredakan flu, misalnya jambu kristal.

Buah yang rasanya lebih manis dari jambu biji tersebut diyakini efektif mengatasi flu. Hal ini tak lepas dari kandungan mineral dan vitamin C yang melimpah di dalamnya. Namun, benarkah demikian?

Artikel Lainnya: Benarkah Buah Sirsak Efektif untuk Mengatasi Flu?

 

1 dari 3 halaman

Benarkah Jambu Kristal Efektif Atasi Flu?

Berbentuk seperti jambu biji, jambu kristal sebenarnya adalah bentuk mutasi dari jambu Muangthai Pak yang ditemukan di Taiwan pada tahun 1991. Masyarakat Indonesia mulai mengenal jambu yang dagingnya berwarna putih ini pada tahun 2001, yaitu ketika diperkenalkan oleh Misi Teknik Taiwan.

Tidak hanya manis dan legit, jambu kristal mengandung beragam nutrisi di dalamnya. Mengacu pada jurnal yang tercatat di Modern Scientific Press, buah ini memiliki kandungan, seperti serat, lemak, karbohidrat, dan mineral. Selain itu, jambu kristal juga kaya akan vitamin C, karotenoid, senyawa fenolik, serta flavonoid yang baik untuk diet.

Lalu, bagaimana perannya untuk atasi flu? Menurut dr. Astrid Wulan Kusumoastuti, “Jambu merupakan salah satu buah yang kaya akan vitamin C yang baik untuk daya tahan tubuh. Jambu juga merupakan antioksidan untuk membantu perangi radikal bebas, sehingga bisa membantu tubuh perangi virus flu.”

Kandungan antioksidan dalam senyawa flavonoid yang terdapat pada jambu kristal juga memiliki sifat antibakteri. Hal ini bisa membuat flu segera menjauh dari tubuh penderitanya.

Menurut penelitian yang dipublikasikan National Center for Complementary and Integrative Health (NCCIH), vitamin C memang tidak mencegah flu, tapi bisa mempercepat pemulihan dan mengurangi tingkat keparahannya. Jadi, jambu kristal sangat disarankan masuk ke dalam menu makanan seseorang ketika sedang flu.

Artikel Lainnya: Makan Pisang Bisa Membantu untuk Mengatasi Flu, Benarkah?

2 dari 3 halaman

Cara Mengkonsumsi Jambu Kristal

Jenis jambu yang juga baik untuk kesehatan mata ini bisa dikonsumsi langsung. Jangan lupa pastikan buahnya sudah matang, dicuci bersih, dan jangan dimakan bersama dengan bijinya. Jambu kristal juga cocok dikonsumsi bersama dengan buah rujak lainnya.

Rasanya yang manis dengan tekstur yang renyah tapi lembut memang bisa membuat ketagihan. Tapi ingat, batasi konsumsi jambu kristal 1-2 buah per hari. Apabila Anda mengalami masalah pencernaan setelah makan jambu kristal, sebaiknya segera berkonsultasi ke dokter.

Itulah penjelasan mengenai manfaat jambu kristal yang kaya akan vitamin C untuk mengatasi flu. Efektivitas jambu kristal untuk mengobati flu memang masih kurang dibandingkan obat medis. Tapi, makan buah ini ketika sedang flu bisa membantu meringankan gejala dan mempercepat proses penyembuhan dari flu.

Jika masih ada hal yang ingin ditanyakan seputar manfaat jambu kristal, Anda dapat langsung chat dokter di LiveChat 24 jam atau aplikasi KlikDokter.

[PUT/JKT]

0 Komentar

Belum ada komentar