HomeGaya hidupDiet dan NutrisiMenyingkap Manfaat Daun Bayam untuk Rambut
Diet dan Nutrisi

Menyingkap Manfaat Daun Bayam untuk Rambut

Zahra Aminati, 16 Okt 2021

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Icon ShareBagikan
Icon Like

Berkat kandungan zat besi di dalamnya, bayam diduga bisa bermanfaat untuk kesehatan rambut. Benarkah begitu? Berikut ini kata medis soal manfaat bayam untuk rambut.

Menyingkap Manfaat Daun Bayam untuk Rambut

Rambut dapat menunjang penampilan seseorang. Oleh karena itu, rambut mesti dijaga dengan saksama agar penampilan senantiasa optimal.

Salah satu bahan alami yang konon bisa dimanfaatkan untuk menjaga kesehatan rambut adalah bayam. Pasalnya, bayam mengandung zat besi dan nutrisi lain yang disebut-sebut dapat mencegah rambut rontok, berminyak, dan berketombe.

Lantas, bagaimana medis menanggapi dugaan manfaat bayam untuk rambut? Yuk, cari tahu!

Mengungkap Manfaat Bayam untuk Kesehatan Rambut

Menurut dr. Devia Irine Putri, bayam memang mengandung zat besi, vitamin A dan C, serta kalsium, yang semuanya berperan dalam pertumbuhan rambut.

Melansir Healthline, vitamin A dalam bayam dapat membantu kelenjar kulit memproduksi sebum. Zat berminyak ini dapat membantu melembapkan kulit kepala, sehingga terhindar dari kekeringan dan pecah-pecah. 

Sementara itu, kandungan zat besi di dalam bayam disebut bisa menjaga kesehatan rambut secara keseluruhan. Sebab, zat tersebut dibutuhkan tubuh untuk mengedarkan oksigen ke seluruh bagiannya, termasuk rambut. 

Dalam penelitian yang tercatat di PubMed tahun 2013 juga dikatakan bahwa kekurangan zat besi berhubungan erat dengan kerontokan rambut. 

Lalu, bagaimana dengan vitamin C dan kalsium di dalam bayam? Adakah manfaatnya untuk rambut? Tentu saja.

Dikutip dari Stylecraze, vitamin C dalam bayam sangat baik untuk mendorong pertumbuhan rambut yang sehat. Vitamin C dapat berperan meningkatkan kadar kolagen dan keratin dalam rambut.

Sedangkan untuk kalsium, zat ini penting untuk pertumbuhan rambut yang kuat dan sehat. Pasalnya, kalsium dapat membantu sekresi hormon dan enzim di dalam tubuh. 

Artikel Lainnya: Manfaat Baby Oil untuk Merawat Rambut

Cara Memanfaatkan Bayam untuk Kesehatan Rambut

Berikut ini beberapa cara memanfaatkan bayam untuk kesehatan rambut Anda:

  • Jus Bayam

Anda bisa mengolah bayam dengan cara dijus. Agar lebih nikmat, Anda bisa menambahkan buah lain, seperti pepaya atau pisang. Buah-buah tersebut juga dapat mendukung pertumbuhan rambut yang sehat.

  • Bayam Rebus 

Bayam rebus bisa menjadi lauk yang sehat untuk menu makan Anda sehari-hari. Apabila dikonsumsi dalam jumlah tepat dan dikombinasikan dengan menu sehat lainnya, manfaat bayam untuk rambut mungkin bisa dirasakan lebih optimal.

  • Minyak Bayam

Memijat kepala dengan minyak bayam dapat meningkatkan kesehatan kulit guna menunjang pertumbuhan rambut yang sehat.

Selain itu, pijat kepala juga bisa melancarkan sirkulasi darah sehingga kesehatan dan pertumbuhan rambut terjaga dengan lebih optimal.

Berstatus sebagai superfood, bayam dapat dikonsumsi dengan berbagai hidangan lain untuk menutrisi rambut dari dalam. Jangan lupa masukkan bayam dalam hidangan harian Anda, ya.

Jika Anda memiliki pertanyaan seputar bayam untuk rambut atau hal-hal tentang kondisi kesehatan lainnya, tak perlu sungkan untuk chatting langsung dengan dokter melalui LiveChat 24 jam dan aplikasi Klikdokter.

(NB/JKT)

Rambutbayam

Konsultasi Dokter Terkait