Sukses

Waspada Eksim pada Kulit Sensitif, Apa Gejalanya?

Orang dengan kulit sensitif rentan mengalami eksim atau dermatitis atopik Ketahui gejala eksim dan perawatan yang tepat lewat ulasan berikut ini.

Kulit sensitif umumnya rentan mengalami peradangan. Orang dengan kulit sensitif rentan mengalami peradangan atau alergi terhadap produk kosmetik, seperti sabun, makeup, atau pelembap.

Ada beberapa kondisi yang diduga menjadi penyebab kulit sensitif. Di antaranya, kulit sensitif dapat disebabkan oleh faktor kulit dehidrasi dan riwayat alergi.

Kulit sensitif juga dapat dipicu akibat terlalu lama terpapar sinar matahari, angin, atau udara dingin.

Selain itu, kulit sensitif rentan mengalami masalah seperti eksim atau dermatitis atopik. Penyakit kulit eksim tampaknya tidak berbahaya, namun sebenarnya cukup mengganggu karena dapat memberikan sensasi gatal yang luar biasa di kulit.

1 dari 3 halaman

Kenali Gejala Eksim pada Kulit Sensitif

Eksim atau dermatitis atopik merupakan kondisi yang membuat kulit menjadi merah dan gatal. Eksim dapat dialami oleh semua orang dan kelompok usia.

Gejala eksim sangat bervariasi, mulai dari rasa gatal, kemerahan, hingga rasa nyeri di kulit.

Beberapa orang mungkin merasakan gejala tersebut di satu area tubuh. Namun ada juga orang yang mengalami eksim di beberapa anggota tubuh lainnya.

Artikel Lainnya: Pilihan Sabun yang Aman untuk Penderita Eksim

Meski dapat dialami di seluruh bagian kulit, tetapi eksim paling sering terjadi di bagian tangan, siku bagian dalam, belakang lutut, wajah, dan kulit kepala.

Penyebab pasti dari eksim belum diketahui. Akan tetapi, ada faktor penyebab yang membuat seseorang berisiko mengidap eksim, salah satunya memiliki kulit sensitif.

Pasalnya, kondisi kulit sensitif tidak mampu memberikan perlindungan yang cukup bagi kulit itu sendiri.

Hal tersebut membuat kulit menjadi lebih mudah dipengaruhi oleh lingkungan, zat iritan, dan alergen (pemicu alergi).

2 dari 3 halaman

Cara Mencegah Eksim pada Kulit Sensitif

Hingga saat ini, belum ada obat untuk menyembuhkan eksim. Namun beberapa jenis terapi atau perawatan dapat dilakukan untuk membantu meredakan rasa gatal serta mencegah eksim kambuh.

Berikut beberapa hal yang bisa Anda lakukan untuk menjaga kulit sensitif dan mencegah eksim kambuh:

1. Menghindari Pemicu Eksim

Perawatan eksim dapat dimulai dengan mencari tahu dan menghindari pemicu gejala eksim. Eksim umumnya dapat dipicu oleh paparan debu, makanan, sabun, atau deterjen.

2. Mandi dengan Air Hangat

Orang dengan kulit sensitif yang mengidap eksim harus membatasi waktu mandinya. Disarankan untuk mandi dalam waktu kurang dari 15 menit. Sebisa mungkin gunakan air hangat ketika mandi.

3. Gunakan Sabun Berbahan Lembut

Menggunakan sabun biasa dapat menghilangkan minyak alami di kulit dan membuatnya semakin kering. Hal itu dapat memicu kulit sensitif rentan mengalami peradangan dan eksim kambuh.

Artikel Lainnya: Cara Menghilangkan Eksim di Wajah yang Aman dan Efektif

Untuk membantu merawat kulit sensitif dengan kondisi eksim, Anda bisa menggunakan Cetaphil Pro AD Derma Skin Restoring Wash.

Cetaphil Pro AD Derma Skin Restoring Wash merupakan pembersih harian yang telah teruji secara klinis. Pembersih ini dapat membersihkan dan mengurangi ruam kulit kering serta sensitif setelah 1 bulan.

Produk ini mengandung Miracare dan Filaggrin  Technology™ yang membantu mengembalikan kelembapan alami kulit selama 24 jam.

Sabun Cetaphil Pro AD Derma Skin Restoring Wash tidak mengandung pewangi tambahan dan memiliki pH yang seimbang bagi kulit. Produk ini juga dapat digunakan kepada bayi yang telah berusia tiga bulan.

Tak hanya itu Cetaphil Pro AD Derma Skin Restoring Wash merupakan produk pembersih kulit hypoallergenic yang mudah dibilas dan meninggalkan sensasi lembut dan halus di kulit.

4. Gunakan Pelembap Kulit

Orang dengan kulit sensitif yang mengidap eksim wajib menggunakan pelembap sebanyak dua kali dalam sehari.

Kulit yang lembap dapat memberikan perlindungan maksimal sehingga mencegah kambuhnya penyakit eksim. Produk pelembap yang bisa Anda gunakan adalah Cetaphil Pro AD Derma Skin Restoring Moisturizer.

Pelembap ini telah teruji klinis mampu membantu meringankan gejala kulit yang sangat kering. Cetaphil Pro AD Derma Skin Restoring Moisturizer juga dapat melindungi lapisan kulit yang sangat kering.

Cetaphil Pro AD Derma Skin Restoring Moisturizer mengandung ceramide dan Filaggrin Technology™ yang telah dipatenkan untuk membantu menjaga kelembapan kulit yang sangat kering selama 24 jam.

Artikel Lainnya: 7 Cara Mengobati Eksim pada Anak

Pelembap ini mudah diaplikasikan dan menyerap dengan cepat di kulit. Ketika dioleskan ke kulit, Cetaphil Pro AD Derma Skin Restoring Moisturizer tidak meninggalkan sensasi berminyak, namun tetap bisa menjaga kehalusan dan  kelembutan kulit.

Pelembap ini merupakan produk hypoallergenic yang telah teruji secara dermatologis dan dapat digunakan untuk segala usia.

Setelah mandi, kira-kira dalam waktu 5 menit, segera oleskan Cetaphil Pro AD  Derma Skin Restoring Moisturizer ke seluruh permukaan kulit.

Apabila kulit terpapar air atau bahan lain, maka Anda bisa mengoleskan Cetaphil Pro AD  Derma Skin Restoring Moisturizer kembali ke kulit.

Itu dia gejala dan perawatan kulit sensitif dengan kondisi eksim. Untuk tahu informasi kesehatan lainnya, Anda dapat membaca artikel di aplikasi Klikdokter.

(OVI/AYU)

0 Komentar

Belum ada komentar