Sehat dan Bugar

Manfaat Bawang Putih untuk Menghilangkan Kutu Rambut

Zahra Aminati, 14 Okt 2021

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Bawang putih konon punya kandungan yang berkhasiat menghilangkan kutu rambut. Benarkah demikian? Ini kata dokter soal manfaat bawang putih untuk kutu rambut!

Manfaat Bawang Putih untuk Menghilangkan Kutu Rambut

Gatal-gatal di kulit kepala pasti sangat mengganggu aktivitas sehari-hari. Hal ini tidak bisa didiamkan dan dianggap sepele. Pasalnya, gatal di kulit kepala dapat menjadi tanda dari adanya kutu.

Kutu rambut dapat mengisap darah di kulit kepala manusia. Hewan ini sangat kecil dan dapat berkembang biak dengan cepat, khususnya jika seseorang tidak merawat kulit kepalanya dengan saksama.

Lalu, adakah yang bisa dilakukan untuk mengatasi kutu rambut? Menurut kabar angin yang beredar, Anda bisa menggunakan racikan bawang putih sebagai ‘sampo’ untuk menghilangkan kutu rambut.

 

Bawang Putih untuk Kutu Rambut, Benarkah Efektif?

Melansir Healthline, bawang putih memang memiliki nutrisi yang baik untuk kesehatan rambut. Beberapa nutrisi yang dimaksud, misalnya vitamin B6 dan C, mangan, serta selenium.

Selain itu, bawang putih juga memiliki sifat antimikroba dan antijamur. Hal tersebut membuatnya memiliki kemampuan untuk membunuh bakteri dan kuman, yang bisa merugikan kesehatan.

Artikel Lainnya: Tanda Kutu Rambut yang Tak Boleh Diabaikan

Lantas, apakah itu berarti bahwa manfaat bawang putih untuk kutu rambut bukan sekadar isapan jempol belaka?

Faktanya, bawang putih memang mengandung unsur-unsur yang bermanfaat bagi kesehatan. Namun, menurut dr. Atika, manfaat bawang putih untuk menghilangkan kutu rambut masih belum terbukti sepenuhnya.

“Studi tentang manfaat bawang putih untuk kutu rambut masih sebatas in vitro (penelitian laboratorium). Hal ini membuat hasilnya belum jelas; apakah sama efektifnya jika digunakan secara langsung pada rambut kepala manusia secara umum?,” ujar dr. Atika.

Dari penjelasan tersebut, dapat ditarik kesimpulan bahwa khasiat bawang putih untuk mengatasi kutu rambut masih belum terbukti secara medis.

Lebih Baik Gunakan Perawatan Medis untuk Mengatasi Kutu Rambut

Dikutip dari Medical News Today, penelitian mengenai efektivitas pengobatan rumahan untuk mengatasi kutu rambut masih terus berlangsung.

Memang ada beberapa penelitian mengenai penggunaan bahan-bahan alami, seperti minyak kelapa dan bawang putih untuk mengatasi kutu rambut. Namun, data yang tercatat belum mendapatkan hasil yang sahih.

Para peneliti khawatir bahwa pengobatan rumahan untuk kutu rambut hanya bisa memberikan hasil yang tidak permanen.

Pasalnya, beberapa studi menemukan bahwa kutu rambut bisa kembali menyerang dalam waktu 2–8 minggu setelah ‘pengobatan’ menggunakan bahan-bahan alami.

Artikel Lainnya: Amankah Basmi Kutu Rambut dengan Minyak Kayu Putih?

Berangkat dari alasan tersebut, Centers for Disease Control and Prevention (CDC) mengungkapkan bahwa cara terbaik untuk mengatasi kutu rambut adalah dengan pengobatan medis.

Sebagai terapi pendukung, yang tidak bisa menggantikan terapi utama, penggunaan sampo kutu yang dijual bebas mungkin bisa membantu mengatasi keluhan.

Namun, tetap, penggunaannya harus dikonsultasikan terlebih dahulu kepada dokter agar hasilnya tepat sasaran.

Cara menghilangkan kutu rambut dengan bawang putih masih belum terbukti secara medis. Oleh karena itu, jika memang Anda mengalami keluhan tersebut, akan lebih baik apabila diobati langsung oleh dokter yang ahli.

Jika Anda memiliki pertanyaan atau ingin tahu lebih lanjut tentang segala sesuatu yang berkaitan dengan medis, tak perlu ragu untuk chatting langsung dengan dokter melalui LiveChat 24 jam atau aplikasi Klikdokter.

(NB/AYU)

herbalRambutbawang putihKutu

Konsultasi Dokter Terkait