Sukses

Daun Sirih untuk Bantu Mengatasi Sinusitis, Efektifkah?

Daun sirih memiliki ragam manfaat untuk kesehatan tubuh. Salah satunya, untuk mengatasi sinusitis. Berikut ulasan manfaat daun sirih untuk sinusitis.

Sinusitis merupakan peradangan yang terjadi di jaringan yang melapisi sinus. Sinus sendiri adalah ruang kosong di sekitar tulang belakang pipi serta tulang antara mata dan dahi. Ruang kecil tersebut menghasilkan lendir sehingga bagian dalam hidung tetap lembap.

Gangguan kesehatan ini dapat diobati dengan obat-obatan yang diberikan dokter ataupun ala rumahan. Salah satu yang sering disebut-sebut adalah daun sirih. Efektifkah daun sirih untuk mengatasi sinusitis?

1 dari 3 halaman

Benarkah Daun Sirih Efektif untuk Atasi Sinusitis?

Daun sirih mengandung nutrisi, seperti vitamin C, tiamin, niacin, riboflavin, tanin, karoten, dan sebagai sumber kalsium. Dengan kandungan tersebut, herbal ini sudah sering digunakan untuk beragam pengobatan tradisional, termasuk untuk mengatasi sinusitis.

Artikel lainnya: Efektivitas Terapi Gurah untuk Atasi Sinusitis

 

Melansir National Health Service, pembengkakan akibat sinusitis nyatanya dapat diatasi dengan daun sirih. Manfaat daun sirih untuk sinusitis tersebut turut diamini dr. Reza Fahlevi.

“Di dalam daun sirih terdapat kandungan zat-zat antibakteri. Hal ini dapat mencegah infeksi pada hidung, misalkan pada sinusitis. Sebab, sinusitis biasanya disebabkan karena infeksi,” ujar dr. Reza.

Selain itu, kata dia, daun sirih juga punya kandungan antioksidan yang baik untuk mengurangi peradangan.

“Namun, belum ada penelitian yang jelas tentang antioksidan dalam daun sirih untuk peradangan. Penelitiannya baru tahap-tahap awal. Uji coba pada manusia secara langsung juga masih terbatas,” jelas dr. Reza. 

Daun sirih juga dapat mengatasi keluhan mimisan pada penderita sinusitis. Dikutip dari Cleveland Clinic, sekitar 60 persen orang setidaknya mengalami mimisan satu kali dalam hidupnya. Nah, salah satu penyebab mimisan itu adalah sinusitis. 

Melansir penelitian yang tercatat di Bali Journal, daun sirih mampu menghentikan pendarahan karena tanaman ini mengandung tanin.

Tanin dikenal dengan sifat astringen, yang bisa menyebabkan pengerutan jaringan dan mengurangi sekresi (pengeluaran sel atau jaringan). Efeknya, tanin dapat menghentikan darah yang keluar dari hidung jika dipakai sebagai pengobatan luar.

Artikel lainnya: Bolehkah Anak Pengidap Sinusitis Berenang? Ini Kata Dokter!

Selain itu, sinusitis terkadang memicu gejala seperti batuk karena adanya penumpukan lendir yang mengalir dari sinus ke tenggorokan. Hal ini membuat tenggorokan menjadi terasa gatal dan tidak nyaman.

Untuk membantu mengatasi keluhan itu, daun sirih bisa digunakan. Herbal ini punya kandungan antibiotik. Minum air rebusan daun sirih dapat membantu meredakan sakit tenggorokan. 

2 dari 3 halaman

Cara Konsumsi Daun Sirih untuk Penderita Sinusitis

Daun sirih memang dikatakan ampuh untuk mengatasi sakit tenggorokan. Bagi Anda yang ingin mencobanya, caranya cukup mudah dan sederhana.

Anda bisa mengambil beberapa lembar daun sirih dan daun kemangi. Setelah dicuci bersih, rebus ke dalam air hingga mendidih dan airnya menyusut sebagian.

Setelah agak dingin, saring lalu minum air rebusan daun sirih untuk sinusitis. Bisa juga ditambahkan dengan madu atau garam sesuai dengan selera.

Selain itu, Anda juga bisa menggunakan daun sirih secara langsung dengan menempelkannya ke lubang hidung untuk mencegah terjadinya mimisan. 

Artikel lainnya: Hidung Perih Seperti Kemasukan Air, Tanda Penyakit Apa?

Namun, menurut dr. Reza, “Namun, cara ini ada risikonya. Jika daun sirihnya kurang bersih bisa membuat hidung terkontaminasi.”

Dokter Reza menambahkan, “Cara yang paling disarankan untuk menangani mimisan karena sinusitis adalah dengan bantuan dokter. Biasanya dokter akan menggunakan balut tekan dengan kasa untuk mengatasi pendarahan.”

“Yang terpenting adalah kepalanya harus ditundukkan, bukan didongakkan, karena kalau didongakkan takutnya gumpalan darah akan masuk ke saluran napas,” ujar dr. Reza. 

Demikian penjelasan mengenai potensi manfaat daun sirih untuk penderita sinusitis. Penelitian ilmiah lanjutan masih diperlukan untuk membuktikan khasiat tersebut.

Jika masih ada hal yang ingin ditanyakan kepada dokter seputar kesehatan hidung lainnya, Anda dapat menggunakan aplikasi Klikdokter

[HNS/JKT]

0 Komentar

Belum ada komentar