Sukses

Manfaat Serai untuk Ibu Hamil yang Sayang Dilewatkan

Serai mengandung beberapa komponen nutrisi yang bisa memberikan manfaat untuk kesehatan ibu hamil. Cari tahu apa saja manfaat serai untuk ibu hamil lewat ulasan berikut.

Serai atau sereh merupakan jenis tumbuhan yang sering dimanfaatkan sebagai bumbu untuk memasak. Selain dapat menambah cita rasa, serai juga bisa memberikan manfaat kesehatan bagi yang mengonsumsinya.

Hal tersebut berkat kandungan asam folat, seng, magnesium, tembaga, besi, kalsium, mangan, vitamin A, fosfor, dan vitamin C yang ada di dalamnya.

Manfaat serai untuk kesehatan tak hanya berlaku bagi orang pada umumnya. Hal tersebut juga bisa dirasakan oleh ibu hamil, lho.

Namun, agar bisa merasakan manfaat serai untuk ibu hamil, ada beberapa hal yang mesti diperhatikan agar tak malah mengalami efek samping merugikan.

Artikel Lainnya: Sayang Dilewatkan, Ini Manfaat Sawi Hijau untuk Ibu hamil

1 dari 3 halaman

Mengungkap Khasiat Serai untuk Ibu Hamil

Berikut ini beberapa manfaat serai bagi ibu hamil:

1. Baik untuk Pencernaan

Serai merupakan agen antiseptik, sehingga bisa membunuh mikroorganisme berbahaya yang ada di saluran pencernaan. Hal ini dapat mengurangi risiko gangguan saluran pencernaan yang sering terjadi pada ibu hamil, seperti sembelit, serta kram dan perut kembung.

2. Mengontrol Kolesterol

Serai memiliki sifat antiaterosklerosis dan antikolesterol. Oleh karena itu, tumbuhan yang satu ini dapat membantu penyerapan kelebihan kolesterol dari usus.

Selain itu, serai juga bisa membantu proses oksidasi kolesterol jahat (LDL) di dalam darah. Hal ini bisa menjaga kesehatan pembuluh darah ibu hamil, sehingga terhindar dari risiko penyakit kardiovaskular.

3. Mengatur Tekanan Darah

Serai merupakan sumber potassium yang baik, sehingga dapat menurunkan serta mengatur kestabilan tekanan darah di dalam tubuh.

Perlu diketahui, menjaga tekanan darah agar tetap stabil pada ibu hamil adalah salah satu kunci untuk mencegah preeklampsia.

4. Membersihkan dan Detoksifikasi

Mengonsumsi teh serai bisa membantu proses detoksifikasi tubuh. Sifat diuretik yang dimiliki serai juga disebut-sebut dapat mengoptimalkan proses pembuangan asam urat serta racun dari dalam tubuh.

5. Menyembuhkan Flu

Serai memiliki sifat antijamur dan antibakteri, sehingga dapat digunakan sebagai pengobatan alami untuk menyembuhkan pilek dan batuk.

Kandungan vitamin C yang tinggi di dalamnya juga mampu meningkatkan sistem kekebalan tubuh, sehingga tidak mudah terserang penyakit.

6. Melawan Kanker

Senyawa citral yang ada di dalam serai diduga dapat melawan radikal bebas dan membatasi pertumbuhan awal sel kanker di dalam tubuh.

7. Menghambat Pertumbuhan Bakteri

Kandungan limonene dan citral yang ada di dalam serai diyakini dapat menghambat pertumbuhan bakteri dan ragi di dalam tubuh. Apabila digunakan dengan tepat, serai juga disebut dapat mengobati infeksi pada kulit, seperti kutu air dan kurap.

Artikel Lainnya: Segudang Manfaat Labu Kuning untuk Ibu Hamil

2 dari 3 halaman

Perhatikan Ini Sebelum Konsumsi Serai saat Hamil

Manfaat serai untuk ibu hamil mungkin akan dirasakan secara berbeda pada tiap individu. Pasalnya, porsi serai ideal untuk dikonsumsi ibu hamil masih belum diketahui pasti hingga saat ini.

Oleh karena itu, jika Anda benar-benar tertarik dengan khasiat tumbuhan tersebut untuk kehamilan, sebaiknya konsultasikan terlebih dahulu kepada dokter.

Apabila dokter mengizinkan, pastikan untuk memperhatikan porsi serai yang dikonsumsi dengan saksama. Menurut dr. Sara Elise Wijono, MRes, penggunaan 1 hingga 2 batang serai sebagai campuran memasak masih cukup aman bagi ibu hamil.

Apabila lebih dari jumlah tersebut, konsumsi serai untuk ibu hamil diduga bisa meningkatkan risiko alergi, keguguran, dan hipoglikemia alias kadar gula darah sangat rendah.

Tertarik dengan manfaat serai pada ibu hamil, namun khawatir dengan potensi efek sampingnya? Jika demikian, Anda sebaiknya berkonsultasi terlebih dahulu kepada dokter melalui LiveChat 24 jam atau aplikasi Klikdokter sebelum mengonsumsi tumbuhan tersebut.

(NB/JKT)

0 Komentar

Belum ada komentar