Kehamilan

Bahayakah Sering Mengkonsumsi Kangkung Saat Hamil?

Endah Murniaseh, 18 Okt 2021

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Memiliki kandungan nutrisi yang baik, kangkung dinilai dapat menyebabkan varises pada ibu hamil. Apakah hal ini benar? Simak ulasannya.

Bahayakah Sering Mengkonsumsi Kangkung Saat Hamil?

Kangkung atau dalam bahasa Inggris dikenal dengan water spinach tumbuh subur di daerah tropis Asia Tenggara. Sayur dengan nama ilmiah Ipomoea aquatica itu termasuk tanaman semi-akuatik. Mereka memiliki daun panjang meruncing dengan batang berongga.

Tentu Anda sudah tidak asing lagi dengan sayuran hijau ini. Mereka dapat ditemukan dengan mudah di banyak masakan lokal di Vietnam, Malaysia, Filipina, termasuk Indonesia.

Kangkung punya banyak sekali nutrisi yang dibutuhkan tubuh. Namun, adakah manfaat kangkung untuk ibu hamil?

Kangkung untuk Ibu Hamil, Amankah?

Melansir data USDA National Nutrient, kangkung punya banyak sekali nutrisi penting. Di antaranya adalah protein, serat, vitamin A dan C, zat besi, asam folat, kalsium, serta zinc.

Artikel lainnya: Bolehkan Ibu Hamil Makan Ikan Asin?

 

Nutrisi tersebut membuat kangkung aman dikonsumsi oleh ibu hamil. Hal itu yang diungkap dr. Arina Heidyana.

“Kangkung memang aman dikonsumsi pada ibu hamil. Namun, sebaiknya dikonsumsi dalam jumlah yang wajar,” ujar dr. Arina.

Hal ini karena kangkung memiliki kandungan asam oksalat yang dapat mengganggu penyerapan kalsium.

Pada masa kehamilan, kalsium sangat penting bagi ibu hamil serta bayi di kandungan. Bahkan, kekurangan kalsium saat hamil dikaitkan dengan risiko osteoporosis pada wanita.

Oleh karena itu, penting untuk memastikan jumlah kangkung yang dimakan aman dan tidak sampai mengganggu penyerapan kalsium.

Makan kangkung dalam jumlah yang tepat pada trimester pertama juga dinilai bermanfaat bagi janin. Hal ini karena kangkung juga mengandung asam folat.

Nutrisi tersebut akan membantu mencegah kelainan bentuk saraf atau cacat lahir yang berhubungan dengan tulang belakang atau otak.

“Untuk porsi amannya atau tingkat keseringannya, belum terdapat batasan khusus dari penelitian tentang itu (kangkung). Jadi dikonsumsi sewajarnya saja,” ungkap dr. Arina.

Namun, melansir Being the Parent, ibu hamil dapat mengonsumsi sekitar 45 gram kangkung yang telah dimasak. Jumlah tersebut dianggap bisa memberikan nilai gizi yang baik untuk ibu dan bayi yang di kandungan.

Artikel lainnya: 4 Bahaya Buah Nangka bagi Ibu Hamil

Manfaat Kangkung untuk Ibu Hamil

Berikut adalah manfaat yang dapat diperoleh dengan makan sayur kangkung untuk ibu hamil.

1. Mengurangi Kemungkinan Kelahiran Prematur

Kandungan asam folat pada kangkung dapat membantu mengurangi kemungkinan bayi lahir prematur serta menghindari keguguran.

2. Membantu Perkembangan Paru-Paru

Beta karoten yang terdapat pada kangkung bisa membantu untuk perkembangan paru-paru bayi dan juga penambahan berat badan.

3. Meringankan Sembelit dan Ambeien

Kandungan serat yang terdapat pada kangkung sangat baik untuk melancarkan buang air besar, mengatasi sembelit, dan mengurangi risiko wasir. Terlebih lagi, ibu hamil sering mengalami masalah buang air besar.

4. Pereda Nyeri

Saat masa kehamilan, ibu kerap merasakan nyeri dan pegal akibat perubahan hormonal dan bentuk tubuh. Nah, makan kangkung dapat membantu mengatasi pegal serta nyeri yang saat hamil.

Kangkung mengandung glikolipid yang berfungsi sebagai antiinflamasi dan membantu meredakan rasa sakit.

Artikel lainnya: Efek Samping Minum Teh Berlebihan Saat Hamil

5. Meningkatkan Imunitas

Manfaat sayur kangkung untuk ibu hamil berikutnya adalah meningkatkan daya tahan tubuh.

Kandungan vitamin C dan zat besi pada kangkung akan membuat sistem kekebalan tubuh meningkat dan mampu melawan infeksi.

6. Mengatur Kadar Kolesterol

Mengonsumsi kangkung dapat menstabilkan serta mengurangi kadar kolesterol pada tubuh. Hal ini akan membuat ibu hamil tetap sehat.

Bila dikonsumsi dalam takaran yang pas, makan kangkung untuk ibu hamil dapat mendatangkan banyak manfaat. Namun, kombinasikan dengan asupan sehat lainnya dan makan suplemen kehamilan sesuai anjuran dokter.

Jika Anda memiliki pertanyaan perihal makanan untuk ibu hamil serta permasalahan kesehatan lainnya, chat dokter kami di sini.

[HNS/JKT]

SayuranKehamilan

Konsultasi Dokter Terkait