Sukses

Hair Smoothing Dapat Merusak Rambut, Ini Alasannya

Hair smoothing memang bisa bikin rambut lurus dan halus. Tapi, efek sampingnya juga dapat merusak rambut. Ketahui bahaya di sini!

Bagi sebagian wanita, memiliki rambut keriting cukup menyulitkan. Pasalnya, rambut keriting membutuhkan perawatan ekstra karena lebih sulit diatur.

Karena itulah, hair smoothing menjadi salah satu cara meluruskan rambut yang cukup diminati.

Hair smoothing adalah perawatan rambut menggunakan bahan kimia untuk membuat helaian rambut lurus dan terasa halus. Proses ini mengatasi rambut kusut dan kering. 

Meski mempercantik tampilan rambut, dr. Devia Irine Putri mengingatkan hair smoothing juga bisa merusak rambut. “Karena, memang menggunakan zat kimia saat proses hair smoothing,” ujarnya. 

Prosedur hair smoothing bisa berlangsung sekitar 3-4 jam. Saat itulah rambut bisa mengalami beberapa bentuk trauma. Berikut ini sederet bahaya hair smoothing bagi rambut:

Artikel Lainnya: Rambut Kering dan Kasar, Ketahui Penyebab dan Cara Mengatasinya

1 dari 3 halaman

1. Rambut Kehilangan Tekstur Alami

Hair smoothing atau rebonding memang dapat menjadi pilihan tepat untuk membuat rambut terlihat rapi dan mudah diatur. Namun, jika dilakukan terlalu sering, treatment ini cukup berbahaya bagi rambut. 

Ikatan disulfida (disulfide bond) dan asam amino di helai rambut akan rusak, lalu terikat kembali demi membentuk struktur rambut baru. Akibat proses ini, tekstur alami rambut bisa hilang. 

2. Rambut Rontok

Masalah yang paling sering dialami akibat hair smoothing adalah kerontokan rambut. Hal ini karena rambut terpapar bahan kimia dan panas dari alat yang digunakan saat proses pelurusan. 

Bahan kimia dan suhu panas tersebut dapat menyebabkan folikel rambut menjadi lemah dan rambut terlepas dari akarnya. Dalam kasus yang parah, kerontokan rambut bisa tidak terkendali. 

Setelah hair smoothing, helai rambut akan kehilangan kekuatan alaminya dan mulai patah. 

3. Ujung Rambut Bercabang

Efek samping hair smoothing membuat rambut kering dan ujungnya bercabang. Ini terjadi lagi-lagi karena paparan alat bersuhu panas. 

Ujung rambut yang bercabang bukan hanya merusak helai rambut, tetapi juga melemahkan folikel rambut. 

4. Rambut Kering 

Hair smoothing memang menjadi solusi bagi pemilik rambut ikal dan keriting agar rambut mudah diatur. Namun, proses ini juga membuat rambut kehilangan kelembapan alaminya, sehingga berujung pada kondisi kering. 

Artikel Lainnya: Kebiasaan yang Bikin Rambut Rontok

2 dari 3 halaman

5. Masalah Ketombe dan Kulit Kepala Gatal

Dampak buruk hair smoothing lainnya adalah munculnya ketombe. Ketombe bisa muncul karena penumpukan sisa bahan kimia hair smoothing di kulit kepala. 

Ketombe pada gilirannya dapat menyebabkan berbagai masalah lain, seperti peradangan kulit kepala, rambut berminyak, dan kulit kepala gatal. 

Karena berbahaya, dr. Devia menyarankan, “Sebaiknya tidak terlalu sering melakukan hair smoothing. Umumnya hair smoothing bisa bertahan 4-6 bulan kalau dirawat dengan baik. Jadi, paling tidak 2 kali dalam setahun.”

Itulah efek samping hair smoothing yang perlu Anda waspadai. Bila melakukan treatment ini, beri perhatian ekstra pada perawatan rambut setelahnya.

Gunakan LiveChat dokter kulit untuk konsultasi lebih mudah seputar kesehatan rambut. Dapatkan info kesehatan dan kecantikan lainnya di aplikasi Klikdokter.

(FR/AYU)

0 Komentar

Belum ada komentar