Sukses

Kandungan Polyglutamic Acid untuk Melembapkan Kulit

Polyglutamic acid (PGA) merupakan kandungan skincare yang berfungsi melembapkan kulit. PGA juga dikenal lebih baik dari Hyaluronic Acid. Cari tahu infonya di sini.

Agar kulit tetap lembap, Anda dapat menggunakan skincare yang mengandung polyglutamic acid atau asam poliglutamat.

Polyglutamic acid (PGA) dianggap lebih ampuh untuk melembapkan kulit dibandingkan hyaluronic acid. Benarkah demikian? Simak penjelasan berikut ini.

1 dari 4 halaman

Mengenal Polyglutamic Acid di Dalam Kandungan Skincare

Menurut penelitian yang dilansir dari Healthline, polyglutamic acid terbuat dari asam amino yang diproduksi oleh bakteri Bacillus subtilis melalui proses fermentasi.

Ketika dioleskan ke kulit, polyglutamic acid dapat menarik kelembapan dari luar ke dalam kulit. Cara kerja polyglutamic acid mirip dengan bahan hyaluronic acid atau gliserin.

Artikel Lainnya: Bahaya Skincare Mengandung Alkohol untuk Kulit

Dilansir dari CBC, Monica Li, seorang dokter kulit dari University of British Columbia di Kanada mengatakan bahwa polyglutamic acid atau asam poliglutamat merupakan humektan yang bekerja mirip seperti hyaluronic acid.

Menurut Monica Li, gel asam poliglutamat dapat menyerap kelembapan hingga 5.000 kali beratnya sendiri. “Namun, jumlah air yang tertahan tergantung pada keasaman atau pH dan kandungan garam dari gel,” ujarnya.

2 dari 4 halaman

Benarkah Polyglutamic Acid Lebih Baik dari Hyaluronic Acid?

Menanggapi manfaat asam poliglutamat, dr. Dyah Novita Anggraini mengatakan, “Polyglutamic Acid dapat membuat kulit 5 kali lebih lembap dibandingkan hyaluronic acid. Selain itu, PGA juga dapat mengikat air di bawah kulit lebih banyak.”

Meski begitu, hyaluronic acid dan polyglutamic acid bukanlah kedua bahan skincare yang patut dibanding-bandingkan. Keduanya justru bisa menghidrasi kulit secara maksimal bila digunakan bersamaan.

Masih dilansir dari CBC, asam hialuronat dapat bekerja untuk meningkatkan tingkat kelembapan di dalam kulit.

Sementara itu, asam poliglutamat dapat bekerja meningkatkan produksi faktor pelembap alami di kulit dan membuatnya lebih terhidrasi. Menurut dr. Monica Li, kombinasi keduanya terbukti membantu menjaga elastisitas kulit.

3 dari 4 halaman

Manfaat Lain Polyglutamic Acid untuk Kulit

Selain membuat kulit tetap lembap terhidrasi, polyglutamic acid memiliki manfaat lain untuk kulit. Berikut penjelasannya.

1. Mempercepat Penyembuhan Luka

Menurut penelitian yang dipublikasi oleh Journal of Microbiology and  Biotechnology, asam poliglutamat memiliki manfaat untuk mempercepat penyembuhan luka di kulit hewan.

Meski begitu, manfaat polyglutamic acid untuk menyembuhkan luka di tubuh manusia masih harus diteliti lebih lanjut.

Artikel Lainnya: Perihal Keamanan Campuran Niacinamide dan Vitamin C untuk Kulit

2. Mencegah Munculnya Kerutan di Kulit  

Melansir Healthline, mengoleskan skincare mengandung asam poliglutamat dapat membantu kulit tetap terhidrasi. Ketika kulit terhidrasi dan lembap, kerutan atau keriput di kulit pun terlihat memudar.

Anda perlu tahu, kulit yang kering dapat membuat garis halus jadi lebih terlihat dan wajah tampak lebih tua.

3. Memiliki Sifat Antiaging

Menurut studi tahun 2017, asam poliglutamat ditemukan dapat menghambat enzim hyaluronidase.

Enzim tersebut dapat memecah asam hialuronat, yakni zat alami yang membantu kulit Anda mempertahankan kelembapan.

Efek dari asam poliglutamat tersebut dapat membantu mengurangi efek penuaan seperti kulit kering atau kulit kendur. Hal itu disebabkan oleh cara kerja polyglutamic acid yang menjaga kulit tetap terhidrasi.

Itu dia penjelasan mengenai manfaat polyglutamic acid. Untuk tahu informasi kesehatan lainnya, Anda dapat membaca artikel di aplikasi Klikdokter.

(OVI/AYU)

0 Komentar

Belum ada komentar