THT

Efektifkah Teh Peppermint untuk Atasi Radang Tenggorokan?

Zahra Aminati, 13 Okt 2021

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Teh peppermint disebut-disebut sebagai salah satu bahan alami yang baik untuk mengatasi radang tenggorokan. Apakah medis setuju dengan hal ini? Cek faktanya!

Efektifkah Teh Peppermint untuk Atasi Radang Tenggorokan?

Radang tenggorokan cukup mengganggu kenyamanan dalam beraktivitas. Kondisi tersebut pun terbukti bisa membuat Anda kesulitan untuk menikmati makanan maupun minuman kesukaan.

Oleh karena itu, meski terkesan sepele, radang tenggorokan sebaiknya segera diatasi. Salah satu cara mengatasi yang konon efektif adalah dengan mengonsumsi teh peppermint.

Teh Peppermint untuk Radang Tenggorokan, Benarkah Efektif?

Radang tenggorokan umumnya terjadi akibat infeksi virus. Dalam kasus ini, sakit tenggorokan sebenarnya dapat sembuh dengan sendirinya seiring pemulihan kondisi tubuh penderita.

Walau begitu, tidak ada salahnya apabila Anda berupaya untuk mengatasinya. Salah satu cara alami untuk mengatasi radang tenggorokan akibat infeksi virus adalah dengan mengonsumsi teh.

Artikel Lainnya: Mengobati Radang Tenggorokan dengan Essential Oil

Melansir Healthline, beberapa jenis teh mengandung senyawa antioksidan dan antiradang.

Senyawa tersebut membantu meningkatkan sistem kekebalan, mengoptimalkan proses penyembuhan beberapa jaringan, dan mengurangi rasa sakit serta pembengkakan.

Lantas, apakah teh peppermint termasuk sebagai jenis yang memiliki manfaat tersebut?

Ya. Menurut dr. Theresia Rina Yunita, peppermint memang bisa mengatasi sakit tenggorokan.

“Teh peppermint mengandung antioksidan yang memiliki efek antiradang. Jika dikonsumsi dalam kondisi hangat, teh peppermint dapat membantu meringankan sakit tenggorokan,” jelas dr. Theresia Rina.

“Selain itu, peppermint juga mengandung mentol yang memberikan sensasi dingin pada tenggorokan sehingga terasa lebih nyaman,” sambungnya.

Senada dengan itu, penelitian yang dimuat dalam Publisher of Open Access Journals juga menyebut bahwa polifenol dan mentol yang ada di dalam peppermint efektif untuk mengatasi radang atau sakit tenggorokan yang disebabkan oleh infeksi virus.

Mengutip Time Now News, teh peppermint dapat pula membuat tidur malam lebih nyenyak dan berkualitas. Hal ini dibutuhkan oleh tubuh untuk melakukan proses regenerasi yang optimal.

Cara Konsumsi Teh Peppermint untuk Radang Tenggorokan

Ingin merasakan manfaat teh peppermint untuk mengatasi radang tenggorokan? Jika ya, Anda dapat langsung menyeduh daun peppermint kering dengan air panas selama 3–5 menit.

“Teh peppermint dapat dikonsumsi hingga 2 kali dalam sehari,” ucap dr. Theresia Rina.

Meski begitu, Anda tetap tidak boleh mengonsumsi teh peppermint sembarangan.

Artikel Lainnya: Makanan yang Aman Dikonsumsi saat Sakit Radang Tenggorokan

Pasalnya, jenis teh ini tidak dianjurkan untuk diberikan kepada bayi atau anak-anak. Jika Anda adalah penderita GERD, diabetes, atau penyakit tekanan darah, konsumsi teh peppermint sebaiknya dihindari atau dikonsultasikan terlebih dahulu kepada dokter.

Hal ini karena teh dapat mengurangi khasiat obat asam lambung, obat diabetes, dan obat tekanan darah.

Jika Anda sedang mengalami radang tenggorokan, tak perlu ragu untuk mengonsumsi teh peppermint secukupnya agar keluhan bisa cepat hilang. Perhatikan hal-hal yang telah disampaikan, agar Anda tak malah mengalami efek samping merugikan.

Apabila Anda ragu untuk mengonsumsi peppermint tea karena satu dan lain hal, silakan lakukan konsultasi lebih lanjut kepada dokter melalui LiveChat 24 jam atau aplikasi Klikdokter.

(NB/AYU)

TehherbalRadang Tenggorokan