Sukses

Manfaat Sehat Kayu Manis untuk Ibu Hamil

Kayu manis memiliki beberapa kandungan yang konon bermanfaat bagi ibu hamil. Cari tahu apa saja potensi manfaat kayu manis untuk ibu hamil lewat ulasan berikut ini.

Kayu manis alias Cinnamomum adalah rempah yang berasal dari Karibia, Amerika Selatan, dan Asia Tenggara. Jenis rempah ini banyak digunakan untuk aneka olahan, baik makanan maupun minuman. 

Di balik itu, kayu manis ternyata menyimpan banyak manfaat kesehatan, tak terkecuali untuk ibu hamil. Hal ini dihubungkan dengan sifat antioksidan, antirang, antidiabetes, dan antimikroba dalam kandungan rempah tersebut.

Lantas, apa saja manfaat kayu manis untuk ibu hamil? Apakah bahan herbal tersebut sepenuhnya aman jika dikonsumsi selama kehamilan? 

Artikel Lainnya: Manfaat Kayu Manis untuk Kesuburan, Mitos atau Fakta?

1 dari 3 halaman

Manfaat Kayu Manis untuk Ibu Hamil

Manfaat kayu manis untuk ibu hamil konon bisa dirasakan apabila dikonsumsi dalam jumlah tepat. Beberapa khasiat kayu manis untuk ibu hamil yang dimaksud adalah sebagai berikut:

  1. Mengelola Diabetes Gestasional

Sebuah studi yang dimuat dalam American Journal of Obstetrics and Gynecology menyatakan bahwa kayu manis berpotensi untuk mengurangi kebutuhan insulin ibu hamil yang memiliki diabetes gestasional

Meski masih belum bisa dipastikan, temuan tersebut memberikan angin segar bagi ibu hamil yang mengalami diabetes gestasional untuk terhindar dari komplikasi akibat kadar gula darah terlalu tinggi.

  1. Menurunkan Tekanan Darah

Beberapa komponen yang ada di dalam kayu manis diduga dapat menurunkan tekanan darah selama kehamilan asalkan dikonsumsi dalam jumlah terbatas.

Dengan tekanan darah yang stabil, ibu hamil bisa terhindar dari risiko preeklampsia yang berkaitan dengan hipertensi.

  1. Meringankan Morning Sickness

Ibu hamil identik dengan keluhan morning sickness, yaitu mual dan muntah di awal kehamilan yang terjadi akibat perubahan hormon.

Nah, aroma kayu manis diduga dapat membantu menenangkan kondisi tubuh. Risiko keluhan morning sickness pun bisa ditekan.

  1. Nyeri Otot

Menurut dr. Dyah Novita Anggraini, ibu hamil sangat rentan mengalami nyeri otot. Untungnya, keluhan ini bisa diringankan dengan memanfaatkan kayu manis.

“Penggunaan kayu manis bisa mengurangi nyeri otot tanpa harus mengonsumsi obat. Hal ini berkat kandungan flavonoid yang ada di dalam rempah tersebut,” ucap dr. Dyah Novita.

Artikel Lainnya: Manfaat Kayu Manis untuk Kecantikan Kulit

2 dari 3 halaman

Perhatikan Ini Sebelum Konsumsi Kayu Manis saat Hamil

Meski terdapat khasiat kayu manis untuk ibu hamil, rempah ini ternyata tidak bisa dikonsumsi sembarangan. 

Sebagian ahli menyarankan untuk membatasi penggunaan bubuk kayu manis hanya 2–4 gram dalam sehari. Ada juga ahli yang menyatakan bahwa bubuk kayu manis hanya boleh dikonsumsi sebanyak 1–6 gram dalam sehari.

Perbedaan dosis tersebut menunjukkan bahwa hingga saat ini belum ada takaran pasti konsumsi kayu manis untuk ibu hamil. Terlebih, manfaat kayu manis untuk ibu hamil juga masih bersifat hipotesis alias belum sepenuhnya terbukti.

Ibu hamil yang hendak mengonsumsi asupan mengandung kayu manis sebaiknya berkonsultasi terlebih dahulu kepada dokter. Hal ini bertujuan untuk memastikan aman/tidaknya konsumsi herbal tersebut selama kehamilan.

Jika Anda mengonsumsi kayu manis sembarangan atau dalam porsi berlebih selama kehamilan, efek samping yang bisa terjadi adalah sebagai berikut:

  • Meningkatkan risiko kontraksi rahim dan persalinan prematur
  • Perdarahan berlebih bagi ibu hamil yang menderita diabetes atau penyakit jantung
  • Keringat berlebih, gangguan perut, peningkatan detak jantung, penurunan kadar gula darah
  • Sensasi terbakar 
  • Penularan toksisitas pada bayi.

Ingin menikmati khasiat kayu manis untuk ibu hamil tanpa khawatir dengan kemungkinan efek sampingnya? Jangan lupa berkonsultasi terlebih dahulu kepada dokter sebelum mengkonsumsinya. Konsultasi dokter bisa dilakukan secara daring melalui LiveChat 24 jam atau aplikasi Klikdokter

(NB/JKT)

0 Komentar

Belum ada komentar