Sukses

Manfaat Protein untuk Kesehatan Penderita Kanker

Protein penting untuk menjaga daya tahan tubuh pasien kanker yang rentan menurun. Simak manfaat protein untuk penderita kanker selengkapnya di sini.

Protein merupakan salah satu komponen gizi yang paling penting. Nutrisi ini dapat diperoleh dari hewan (hewani) ataupun tumbuhan (nabati). 

Bagi penderita kanker, manfaat protein sangat penting untuk menunjang imunitas dan memperbaiki sel di dalam tubuh. Hal ini berpengaruh dalam perlawanan terhadap sel kanker.  

Mari ketahui lebih lanjut peran protein untuk pasien penyakit kanker berikut ini.

1 dari 4 halaman

Manfaat Protein untuk Penderita Kanker

Protein memiliki manfaat untuk membentuk otot, serta memulihkan dan memelihara kesehatannya. Karena kemampuan ini, penting bagi pasien kanker yang mengalami kehilangan berat badan untuk memenuhi kecukupan protein.

Artikel lainnya: Benarkah Oatmeal Bisa Mengobati Kanker?

Dokter Muhammad Iqbal Ramadhan menjelaskan, pasien kanker akan mengalami penurunan imunitas tubuh, misalnya akibat efek kemoterapi. Pada kondisi ini, protein akan melawan infeksi ataupun mempertahankan mekanisme pertahanan tubuh. 

Selain itu, dr. Iqbal juga menyampaikan bahwa protein akan membantu mengangkut enzim, hormon, ataupun obat-obatan di dalam tubuh.

Pengobatan kanker seperti kemoterapi ataupun radiasi akan membuat kondisi tubuh pasien lebih lemah. Keseimbangan nutrisi diperlukan demi memaksimalkan pengobatan. 

2 dari 4 halaman

Berapa Kebutuhan Protein untuk Pasien Kanker?

Menurut Hong Kong Integrated Oncology Centre, rekomendasi konsumsi protein harian untuk penderita kanker adalah 1,5-2 gram protein per kilogram berat badan.

Pasien kanker yang mengalami peradangan sistemik (mengakibatkan sintesis protein kurang responsif) dapat memenuhi asupan protein sebanyak 1,2-1,5 gram per kilogram berat badan per hari.

Sederhananya, berdasarkan data Stanford Health Care, AS, pasien kanker membutuhkan protein kurang lebih 45-60 gram dalam sehari.

Namun, untuk mengetahui jumlah pastinya, pasien kanker disarankan langsung berkonsultasi kepada dokter yang merawat. 

Hal ini karena beberapa penderita kanker dapat mengalami hipermetabolisme. Kondisi hipermetabolisme membuat pasien mungkin memerlukan asupan kalori dan protein lebih banyak.

Artikel lainnya: Minum Air Panas Saat Perut Kosong, Bisa Bunuh Sel Kanker?

3 dari 4 halaman

Dapatkan Sumber Protein yang Tepat

Daging sapi, ayam, dan ikan bisa menjadi sumber protein yang baik untuk penderita kanker. Namun, pastikan tidak mengonsumsi daging dengan kandungan lemak.

Penderita kanker juga dapat minum smoothies sebagai sumber protein. Anda dapat membuatnya dengan susu sapi ataupun susu kedelai, yang ditambahkan buah-buahan.

“Apa pun jenis proteinnya, nabati ataupun hewani semuanya baik. Asalkan dikonsumsi dengan jumlah yang tepat. Tetap sehat, hindari makanan cepat saji,” pesan dr. Iqbal.

Selain memenuhi asupan protein, pasien kanker juga harus tetap menjalani pengobatan yang disarankan dokter. Hal ini penting untuk mempercepat masa pemulihan.

Jika memiliki pertanyaan perihal pola makan pengidap kanker, chat dokter online lewat layanan Konsultasi Seputar Kanker di Klikdokter.

(FR/JKT)

0 Komentar

Belum ada komentar