Pernapasan

Inhaler Asma Harus Dicuci Setelah Pemakaian? Ini Caranya

dr. Vika Damay, 08 Okt 2021

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Inhaler merupakan salah satu barang penting bagi penderita asma. Oleh sebab itu, penting untuk mengetahui cara membersihkannya dengan tepat.

Inhaler Asma Harus Dicuci Setelah Pemakaian? Ini Caranya

Bagi pengidap asma, inhaler adalah barang yang wajib untuk dibawa sehari-hari. Namun terkadang, kebersihan inhaler jarang diperhatikan. Padahal, sangat penting untuk membersihkannya secara berkala.

Cara mencuci inhaler berbeda-beda tergantung dari tipenya. Apabila cara perawatannya salah, inhaler tidak dapat berfungsi dengan baik atau malah membahayakan pemakainya.

 

 

Kenapa Harus Membersihkan Inhaler?

Selain mencermati penggunaan obat asma, inhaler pun perlu diperhatikan kebersihannya.

Jika sampai kotor, lubang inhaler akan tersumbat oleh kotoran-kotoran sehingga dosis obat yang dikeluarkan tidak akurat. Hal ini akan menyebabkan gejala asma semakin parah.

Selain itu, apabila kebersihannya tidak diperhatikan, bisa terjadi penumpukan bakteri dan virus pada inhaler.

Ketika Anda menghirup obat dari inhaler yang terkontaminasi, mikroorganisme infeksius dapat ikut terhirup dan menyebabkan infeksi pada saluran pernapasan.

Artikel Lainnya: 7 Hal Penting yang Perlu Diketahui Penderita Asma

 

Cara Membersihkan Inhaler

Dengan bentuk yang berbeda-beda, pastinya masing-masing inhaler punya cara mencuci yang berbeda-beda. Berikut ini adalah cara mencuci inhaler sesuai dengan tipenya:

1. Metered Dose Inhaler (MDI)

Mencuci MDI bisa dilakukan sehari sekali, atau setiap setelah dipakai jika MDI jarang digunakan. Hal penting yang harus diingat adalah jangan mencuci tabung logam inhaler atau meletakkannya di air.

Pada tipe ini, Anda hanya perlu membersihkan mouthpiece (bagian yang berbahan plastik). Cara mencuci inhaler tipe MDI adalah sebagai berikut:

  • Lepaskan tabung logam dari mouthpiece
  • Pegang mouthpiece dibawah air mengalir yang hangat selama 30 detik, biarkan air mengalir membilas sisa-sisa obat pada mouthpiece.
  • Pegang mouthpiece dalam posisi terbalik, bilas dengan air mengalir melalui lubang mouthpiece yang lain selama 30 detik.
  • Goyangkan mouthpiece untuk menyingkirkan sisa-sisa air. Cek apakah mouthpiece sudah bersih dari sisa-sisa obat. Bila masih ada, dapat dilakukan pembilasan ulang
  • Setelah digoyangkan sampai sisa air habis, letakkan mouthpiece di tempat yang aman dan biarkan kering dengan sendirinya. Jangan membasuh mouthpiece dengan kain ataupun tisu, biarkan kering secara alami.
  • Bila sudah kering, letakkan kembali tabung logam pada mouthpiece dan tutup.
  • Kocok inhaler sebentar, lalu coba semprotkan inhaler sekali ke udara (jangan diarahkan ke wajah). Bila dapat berfungsi dengan baik, tutup mouthpiece dan simpan inhaler di tempat yang aman.

Artikel Lainnya: 5 Pemicu Asma yang Ternyata Ada di Rumah Anda

2. Dry Powdered Inhaler (DPI)

Membersihkan DPI dapat dilakukan minimal seminggu sekali. Cara membersihkan inhaler jenis DPI adalah sebagai berikut:

  • Bersihkan mouthpiece dengan menggunakan kain atau tisu kering minimal 1 minggu sekali.
  • Jangan menggunakan air atau kain basah untuk membersihkannya. Ini karena bubuk obatnya sangat sensitif terhadap kelembapan.

3. Nebulizer dan Soft Mist Inhaler

Pada inhaler tipe soft mist dan nebulizer, mencuci sebaiknya dilakukan tiap seminggu sekali. Karena punya banyak bagian, maka cara mencuci inhaler soft mist dan nebulizer akan sedikit lebih rumit dibandingkan dengan MDI dan DPI.

Berikut beberapa cara untuk mencuci inhaler tipe ini:

  • Pastikan alat tidak terhubung dengan listrik.
  • Dengan tangan yang bersih, pisahkan tiap-tiap bagian.
  • Cuci mouthpiece dengan sabun dan air.
  • Jangan cuci bagian tabung.
  • Keringkan sebelum digunakan kembali.
  • Penyaring pada nebulizer diganti sesuai dengan instruksi dari pabrik pembuatannya.

Demikian beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk mencuci inhaler. Membersihkan inhaler adalah bagian dari perawatan asma. Pastikan Anda mengerti cara membersihkannya dengan baik.

Perlu diingat bahwa bila Anda menggunakan lebih dari satu alat yang berbeda, maka cara perawatannya pun berbeda.

Apabila masih memiliki pertanyaan seputar topik terkait ataupun masalah kesehatan lainnya, Anda dapat bertanya kepada dokter secara daring melalui fitur Live Chat di aplikasi Klikdokter

[WA]

Asma

Konsultasi Dokter Terkait